Anggota Pramuka di Pejawaran Banjarnegara Ditempa Jadi Pemimpin Handal

Gladian Pimpinan Regu seluruh peserta harus tuntas menempuh uji syarat sebagai Pramuka Garuda

Alwan
Selasa, 19 September 2023 | 06:56 WIB
Anggota Pramuka di Pejawaran Banjarnegara Ditempa Jadi Pemimpin Handal
Peserta Dianpinru di Kecamatan Pejawaran berpose bersama tim pelatih dari Kwarran dan Kwarcab Banjarnegara (doc. kak exbo)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Gerakan Pramuka diharapkan dapat menghantarkan geerasi muda menjadi pemimpin yang handal, cakap dan berkualitas dimasa mendatang.

Hal tersebut dikemukakan oleh kepala SMPN 1 Pejawaran selaku Kamabigus Haryono saat membuka kegiatan Gladian Pimpinan Regu  (Dianpinru) Kwartir Cabang Banjarnegara di Kwartir Ranting Pejawaran pada Sabtu 16 September 2023.

"Ini merupakan tonggak dan sejarah yang akan kita bangun untuk menempa diri menjadi pemimpin masa depan yang handal dan berkualitas," ujarnya.

Lebih jauh dia juga berharap pasca kegiatan Gladian Pimpinan Regu seluruh peserta mengikuti dapat tuntas menempuh uji syarat sebagai Pramuka Garuda.

Baca Juga:PGRI Banjarnegara Bergerak Bantu Atasi Kekeringan dan Krisis Air Bersih di Beberapa Wilayah

"Tuntaskan dan raih predikat Pramuka Garuda agar menjadi sebuah kebanggaan serta motivasi kedepan untuk menatap masa depan yang gemilang," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Pejawaran Fuad Zein mengatakan Gladian Pimpinan Regu dilaksanakan selama dua hari pada 16-17 September 2023 di SMPN 1 Pejawaran.

"Total diikuti oleh 29 penggalang putra dan 32 penggalang putri perwakilan dari beberapa pangkalan SMP dan MTs di Kecamatan Pejawaran," ujarnya.

Pihaknya berharap Dianpinru sebagai tonggak awal keaktifan kembali giat Penggalang di Pangkalan SMP/MTs yang lama fakum karena Pandemi Covid-19. 

"Ini merupakan langkah awal merajut kembali kegiatan, dan kami berharap semua kembali semangat mendidik generasi muda masa depan bangsa," ujarnya.

Baca Juga:PMI Banjarnegara Dapat Kado Spesial di Hari Ulang Tahun ke 78

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan beberapa materi dari instruktur Kwartir Ranting Pejawaran dan Kwarcab Banjarnegara.

"Kami berharap, seluruh materi dapat diserap oleh perserta dan ditularkan kepada teman-teman dipangkalan Gugus Depan," lanjutnya.

Sementara itu Koordinator tim pelatih Kwarcab Banjarnegara Miskam mengatakan Gladian Pimpinan Regu sebagai ajang menempa diri dan pengembangan skill sebagai bekal seorang pemimpin dimasa mendatang.

"Cakap dalam segala bidang menjadi titik berat capaian yang diharapkan seorang pemimpin," ujarnya.

Pihaknya berharap kedepan akan muncul tunas-tunas muda dan pemimpin yang handal dari bumi Pejawaran yang akan membawa angin segar di era millenial.

Ditambahkan pada kegiatan tersebut, selain beberapa materi diberikan kepada peserta juga tercapai kesepakatan antar pembina demi kemajuan pendidikan Pramuka khususnya di kecamatan Pejawaran.

Beberapa kesepakatan tersebut diantaranya rencanakan kegiatan tahun 2024 secara detail sampai ke anggaran, iuran Pramuka secara berkala dan koordinasi secara intens antara Kwarran dengan Pangkalan SMP/MTs.**Alw

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak