Drakor Mania Merapat, Unperba Akan Buka Jurusan Bahasa Korea

Unperba Purbalingga akan membuka jurusan bahasa Korea.

Afgan Dirga
Senin, 22 Mei 2023 | 21:52 WIB
Drakor Mania Merapat, Unperba Akan Buka Jurusan Bahasa Korea
Momen pertemuan antara Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Unperba, Bambang Soesatyo dengan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi pada pelantikan rektor Universitas Perwira Purbalingga,. (Doto: Dok Instagram Bambang Soesatyo)

PURWOKERTO.SUARA.COM, PURBALINGGA - Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) punya rektor baru, Dr Eming Sudiyana MSi, Senin 22 Mei 2023. 

Pada momen pelantikan rektor ini, muncul usulan jurusan baru, yaitu Bahasa Korea. Usulan ini datang dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

“Karena di Purbalingga banyak investor dari Korea yang merekrut ribuan karyawan, jadi ke depan mungkin Unperba akan ada penambahan jurusan Bahasa Korea,” kata Tiwi, sapaan akrab Bupati.

Menurut Tiwi, penambahan program studi baru bahasa Korea di Unperba diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat ataupun karyawan yang bekerja di bawah penanam modal dari Korea. Hal ini untuk membantu komunikasi dengan jajaran pimpinan dalam pengembangan bisnis.

Baca Juga:Gibran Langsung Dipanggil DPP PDIP Usai Bertemu Prabowo, Gerindra Ogah Ikut Campur

“Kami juga siap bersinergi, Insyaallah di tahun 2024 awal kami Kabupaten Purbalingga akan kembali memberikan beasiswa bagi putra-putri terbaik daerah untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Unperba,” katanya.

Pemkab Purbalingga telah memberikan beasiswa kepada 18 mahasiswa terpilih mewakili masing-masing kecamatan pada 2021. 

Unperba juga dinilai membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Purbalingga. IPM Purbalingga naik dari 68,97 di tahun 2020 menjadi 69,54 di tahun 2022.

“Kehadiran Unperba juga menjadi trigger berdirinya perguruan-perguruan tinggi yang lain ke Purbalingga. Kemarin ada ITBMP, sebentar lagi ada UIN Saizu dan banyak Politeknik bermunculan,” katanya.

Pelantikan rektor Unperba juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Unperba yang juga Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Ia mengapresiasi kerja sama antara Unperba dengan Yayasan Ali Network Indonesia.

Baca Juga:Pilu, Ayah Tewas Coba Selamatkan Anaknya Tenggelam di Kali Pesanggrahan

Kerja sama ini memungkinkan lulusan Unperba mendapatkan kesempatan berkarir di berbagai perusahaan Korea. Baik yang beroperasi di Purbalingga maupun di berbagai wilayah Indonesia lainnya, termasuk yang berada langsung di Korea.

“Para karyawan yang bekerja di perusahaan-perusahan milik penanam modal Korea akan diberikan beasiswa untuk menjadi mahasiswa Unperba dan memperdalam Bahasa Korea. Nanti juga ada program pertukaran mahasiswa Indonesia – Korea, magang karyawan Korea di Indonesia maupun di Korea Selatan,” kata Bambang.

Ia mendorong agar Unperba bisa melonggarkan mahasiswanya untuk bisa melayani kuliah jarak jauh. Hal ini bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang bekerja sehingga tidak perlu meninggalkan pekerjaannya.

“Kampus ke depan harus lebih efisien, lebih murah, lebih cepat dan terjangkau. Itu salah satu hal yang harus dilakukan pak rektor untuk melakukan langkah-langkah inovasi,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dr. Ali Sun Guen asal Korea Selatan, Ketua Ali Network yang menghubungkan perusahaan Korea dan Indonesia. Ia memberikan stadium generale.***

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak