Scroll untuk membaca artikel
Jum'at, 03 Februari 2023 | 17:25 WIB

Belajar Dapat Saku di BLK Kebumen, Ada Keterampilan Teknik Otomotif, Multimedia hingga Calon Satpam

Muzaki
Belajar Dapat Saku di BLK Kebumen, Ada Keterampilan Teknik Otomotif, Multimedia hingga Calon Satpam
Pelatihan BLK Kebumen

PURWOKERTO.SUARA.COM, KEBUMEN- Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kebumen yang berada di Selang, sudah cukup repesentatif. Bahkan sudah memenuhi standar nasional Indonesia. BLK menjadi sarana bagi masyarakat  untuk bisa memiliki ketrampilan dalam bekerja.


Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen Budhi Suwanto saat meninjau kondisi BLK pada Jumat 3 Februari 2023. Ia melihat model pelatihan di BLK sudah cukup luas dan lengkap, baik sarana dan prasarananya, begitu juga sumber daya manusianya.


"BLK ini memang salah satu UPT Disnaker yang dibentuk untuk melatih ketrampilan orang agar bisa menjadi pekerja maupun berwirausaha. Saya lihat tadi sudah cukup lengkap sarprasnya, sesuai standar nasional, SDM-nya juga mumpuni," ujar Budhi.


Budhi menuturkan, di BLK ini ada beberapa model pelatihan, baik itu menjahit, pengelolaan makanan, teknisi komputer, multimedia, teknisi motor, mobil, pertukangan, kelistrikan, mesin bubut, las, dan juga menjadi tempat pelatihan calon Satpam.

Baca Juga:Link Nonton Persija Jakarta vs RANS Nusantara FC


"Tinggal ke depan bagaimana ini dimaksimalkan agar siswa atau masyarakat bisa semakin banyak yang mengikuti pelatihan, sehingga punya ketrampilan atau skil untuk pegangan dia dalam bekerja," terang Budhi.


Sesuai Komitmen Bupati, kata Budhi, pemerintah terus mendukung diadakannya pelatihan kerja di BLK. Terlebih ini dalam rangka pengurangi angka pengangguran di Kebumen. Pihaknya juga punya program Bursa Kerja, yakni menghubungkan antara pencari kerja dengan pengusaha, atau perusahaan.


"Memang poinnya sesuai arahan Bupati, sebelum bekerja, mereka dilatih dulu, dibekali ketrampilan di BLK. Jadi begitu keluar orang ini sudah jadi, sudah punya keterampilan untuk ditempatkan dalam dunia kerja," tandasnya.


Kepala UPT BLK Kebumen Ngusman menambahkan,  tiap tahun paling tidak ada ribuan orang dilatih ketrampilan di BLK. Tingkat keberhasilannya dalam dunia kerja sebanyak 35 persen dalam sekali angkatan. Angka tersebut terus berkembang seiring waktu.

Untuk bisa ikut pelatihan di BLK, memang kuota terbatas disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Peserta yang lolos seleksi dan ikut pelatihan mendapat faslitas berupa, seragam, makan gratis, uang transport, dan sertifikat. "

Baca Juga:Berlangsung Sekarang, Link Nonton Liga 1 Persija Vs Rans Nusantara FC

Seleksinya pakai tes, info lengkap penerimaanya bisa dilihat di website kami," tandasnya.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

News

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda