Scroll untuk membaca artikel
Minggu, 29 Januari 2023 | 10:40 WIB

Rekomendasi Kegiatan Menyambut Isra Miraj Di Sekolah dan Pesantren

Muzaki
Rekomendasi Kegiatan Menyambut Isra Miraj Di Sekolah dan Pesantren
Ilustrasi Bulan Rajab

PURWOKERTO.SUARA.COM- Pada tanggal 18 mendatang umat muslim akan memperingati satu dari sekian banyak peristiwa paling bersejarah yakni Isra Miraj.
 
Oleh karena itu, peringatan Isra Miraj biasanya diisi dengan kegiatan keislaman yang dapat mendatangkan pahala. 

Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam dan mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat lima waktu. Peristiwa ini terjadi pada 27 Rajab di tahun kedelapan kenabiannya. Perjalanan suci ini dilakukan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina, hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam.

Peringatan Isra Miraj sayang banget untuk dilewatkan apalagi bagi kalian yang masih berada di bangku sekolah atau pun pesantren. Nah berikut rekomendasi kegiatan menyambut Isra Miraj bagi umat muslim, yaitu:

1.Lomba Tilawatil Al-Quran

Baca Juga:Polisi Pastikan Kabar Percobaan Penculikan Anak di Desa Tajug di Purbalingga Hoaks

Contoh kegiatan Isra Miraj di sekolah maupun pesantren adalah lomba tilawatil Al-Quran. Hal ini bertujuan untuk menguji dan menilai bacaan Al-Quran siswa-siswi sekolah. Selain itu, lomba ini dapat membuat siswa-siswi ini untuk bisa lebih percaya diri untuk membaca Al-Quran di hadapan banyak orang.

2.Lomba Pidato Islam

Siswa-siswi akan diberikan kesempatan untuk berpidato atau bercerita seputar Isra Miraj atau yang lain sebagainya. Perlombaan ini dilakukan untuk melatih siswa-siswi seputar pengetahuan agama Islam secara menyeluruh.

3.Pengajian Khusus

Pada umumnya, banyak sekolah yang akan menyelenggarakan pengajian akbar yang diikuti seluruh murid dan juga guru. Selain dilakukan saat Isra Miraj, tak jarang sekolah juga melakukan pengajian setiap hari Jumat.

Baca Juga:Muncul Wacana Pemblokiran TikTok di Amerika Serikat, di Indonesia Bagaimana ?

4.Lomba Adzan

Lomba adzan dapat diikuti oleh siswa laki-laki untuk melatih suara dalam mengumandangkan adzan. Apalagi adzan menjadi seruan untuk melaksanakan sholat yang didengar setiap hari. Hal ini akan menambah semangat siswa-siswi untuk menegakkan sholat 5 waktu. 

Itulah empat kegiatan untuk sekolah atau pesantren dalam menyambut peringatan Isra Miraj.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda