Scroll untuk membaca artikel
Rabu, 25 Januari 2023 | 09:51 WIB

Dengan Seabreg Tuntutan, 1.511 Perangkat Desa Kabupaten Kebumen Berangkat ke Senayan, Ini Daftar Tuntutannya

Afgan Dirga
Dengan Seabreg Tuntutan, 1.511 Perangkat Desa Kabupaten Kebumen Berangkat ke Senayan, Ini Daftar Tuntutannya
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas keberangkatan para perangkat desa yang akan ke Silatnas di Senayan, Jakarta, Selasa 24 Januari 2023. (Dokumentasi Pemkab Kebumen)

PURWOKERTO.SUARA.COM, KEBUMEN - Sebanyak 1.511 perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kebumen berangkat ke Senayan, Jakarta untuk menyampaikan tuntutan melalui agenda SILATNAS (Silaturahmi Nasional) PPDI Jilid III, Selasa 24 Januari 2023. Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, melepas keberangkatan para perangkat desa ini di halaman Pendapa Kabumian.

Sebanyak 1.511 anggota PPDI Kebumen berangkat ke Jakarta menggunakan 32 bus dan tujuh minibus untuk ikut Silatnas jilid III di Senayan pada 25 Januari 2023. Di Senayan, mereka akan menyampaikan beberapa tuntutan, satu di antaranya terkait masa jabatan. 

"Kami PPDI menolak secara tegas masa jabatan Perangkat Desa sama dengan masa jabatan Kepala Desa, dan tetap mempertahankan masa jabatan perangkat Desa sampai dengan usia 60 tahun, dan tetap mempertahankan peran atau rekomendasi Camat dalam pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa," ujar Bilaludin, Ketua PPDI Kab Kebumen.

Kemudian PPDI juga mengusulkan Perubahan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 tentang SOTK Pemerintah Desa dimana Perangkat Desa yang diangkat sebelum UU 6 Tahun 2014 dan Permendagri 67 Tahun 2017 akibat dampak Permendagri 84 Tahun 2015, dan menduduki jabatan (staf), tetap berkedudukan sebagai Perangkat Desa dan berhak mendapatkan penghasilan tetap yang sama sebagaimana yang diterima oleh Perangkat Desa yang menduduki Jabatan Kaur, kasi dan Kadus.

Baca Juga:Venna Melinda Serahkan Bukti Tambahan KDRT Ferry Irawan Besok, Hotman Paris: Anda Akan Terkejut

"Kemudian kita juga mendesak kepada Pemerintah agar segera menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD)," katanya.

Bupati Arif Sugiyanto menyatakan mendukung para perangkat desa di Kabupaten Kebumen. Ia berpesan agar mereka tetap tertib dalam menyampaikan aspirasi dengan damai tanpa ada anarkisme dan menjaga kekompakan.

“Ya semua itu kan menyangkut hak-haknya PPDI dan semoga dikabulkan semua urusannya. Yang pasti harus tetap tertib, aksi berjalan damai, jaga kekompakan," ucapnya.

Pihaknya juga menyiapkan 1.600 bungkus makanan untuk anggota PPDI sehingga mereka tidak kesulitan mencari makanan selama di perjalanan. Selain itu, pemerintah juga memberikan pengawalan dari kepolisian.

"Kita berharap semua bisa kembali dengan selamat tanpa ada yang kurang sedikit pun," ujarnya.

Baca Juga:Keren, Album 'ANTIFRAGILE' LE SSERAFIM Capai 200 Juta Streaming di Spotify!

Berita Terkait

Tag

terpopuler

News

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda