Scroll untuk membaca artikel
Rabu, 25 Januari 2023 | 08:59 WIB

Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Melalui E-Filing

Muzaki
Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Melalui E-Filing
ilustrasi cara lapor pajak ((istockphoto))

PURWOKERTO.SUARA.COM Wajib Pajak (WP) pribadi ataupun badan memiliki kewajiban untuk lapor pajak penghasilan kepada pemerintah melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Lapor pajak tahunan pribadi dapat dilakukan secara mandiri.

Lapor pajak tahunan dapat dilakukan melalui e-Filing DJP atau melalui aplikasi lapor pajak online yang disediakan penyedia jasa aplikasi perpajakan mitra resmi DJP.

Lapor pajak tahunan pribadi melalui E-Filing ternyata sangat mudah.

Sebelum lapor SPT tahunan menanfaatkan layanan e-Filing DJP Online, WP harus memiliki akun di DJP online dan e-FIN. E_FIN merupakan nomor identifikasi dari DJP untuk melakukan pelaporan pajak secara online.

Baca Juga:Dianggap Jadi Biang Keonaran, Puluhan Liter Tuak di Banyumas Disita Polisi

Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Melalui E-Filing

1. Kunjungi laman https://www.pajak.go.id  lalu klik “Login” untuk masuk ke akun pribadi.

2. Masukkan nomor NPWP atau NIK, password, dan captcha dengan benar. Lalu, klik “Login”.

3. Wajib pajak sudah masuk ke homepage akun pribadi. Untuk melakukan pelaporan, klik tab “Lapor”.

4. Pilih “e-Filing” untuk melakukan pelaporan dengan mengisi formulir SPT lalu klik tab “Buat SPT”.

Baca Juga:Kebumen Heboh, Mayat Lansia Ditemukan Terbaring di Gedung Bekas Puskesmas Gombong I

5. Akan muncul pertanyaan yang perlu diisi untuk membantu WP dalam memilih formulir SPT yang sesuai jadi, harap mengisi dengan benar.

6. Pada pertanyaan terakhir, pilih “Dengan bentuk formulir” untuk dapat mengisi formulir SPT secara online di laman tersebut.

7. Alternatif lainnya, kalian bisa memilih “dengan panduan” agar mendapat panduan saat mengisi formulir SPT di e-Filing DJP.

8. Kemudian, klik tombol “SPT…” yang terdapat di bawah pertanyaan terakhir.

9. Isi tahun pajak, status SPT, dan status pembetulan. Lalu, klik “Selanjutnya”.

10. Wajib pajak diminta mengisi nama pemotong/pemungut pajak penghasilan oleh pihak lain atau PPh yang ditanggung pemerintah. 
Informasi ini bisa didapatkan dari Formulir 1721 A1 atau 1721 A2 yang didapatkan dari perusahaan atau instansi pemerintah tempat bekerja (bagi karyawan).

11. Lanjutkan dengan mengisi penghasilan neto atau mengisi jumlah penghasilan bersih yang diterima. Informasi ini juga terdapat dalam formulir 1721 A1 atau 1721 A2.

12. Selanjutnya, wajib pajak perlu mengisi informasi penghasilan dalam negeri lainnya, seperti menerima bunga, sewa, royalti, dan sebagainya. 
Jika tidak memiliki, pilih “Tidak” kemudian klik “Selanjutnya”.

13. Pada laman selanjutnya, wajib pajak perlu mengisi informasi penghasilan luar negeri, penghasilan yang tidak termasuk objek pajak, penghasilan yang pajaknya sudha dipotong secara final, informasi kekayaan dan utang pada tahun pajak tersebut.

14. Selanjutnya, wajib pajak perlu mengisi jumlah tanggungan jika ada.

15. Kemudian, wajib pajak perlu mengisi informasi mengenai pembayaran zakat atau sumbangan keagamaan kegiatan wajib.

16. Pada laman berikutnya, wajib pajak perlu mengisi informasi status kewajiban perpajakan suami istri dan golongan PTKP.

17. Kemudian, wajib pajak harus mengisi informasi jika memiliki pengembalian PPh Pasal 24 dari penghasilan luar negeri dan jika melakukan pembayaran PPh Pasal 25.

18. Pada laman berikutnya, akan ada penghitungan pajak penghasilan wajib pajak selama tahun tersebut. Kolom tersebut otomatis terisi dan wajib pajak hanya perlu memeriksa jika sudah sesuai dengan formulir 1721 A1/A2 miliknya.

19. Laman berikutnya akan muncul pertanyaan jika wajib pajak memiliki kurang/lebih bayar yang merupakan hasil perhitungan pajak penghasilan di laman sebelumya.

20. Terakhir, wajib pajak akan dimintai pernyataan pertanggungjawaban atas seluruh pengisian data laporan SPT PPh pribadi.

21. Ikuti instruksi terakhir, dan wajib pajak pribadi berhasil melakukan dan menyelesaikan pelaporan SPT Tahunan PPh pribadi.

22. Jika sudah berhasil, wajib pajak pribadi akan menerima bukti pelaporan elektronik melalui email yang terdaftar pada akun perpajakannya.  

Demikian cara lapor SPT tahunan pribadi onlien secara mandiri. (iruma cezza)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda