Scroll untuk membaca artikel
Selasa, 24 Januari 2023 | 08:59 WIB

Jadwal Peringatan Isra Miraj 2023, Apakah Libur Nasional?

Muzaki
Jadwal Peringatan Isra Miraj 2023, Apakah Libur Nasional?
Ilustrasi Bulan Rajab (Pixabay)

PURWOKERTO.SUARA.COM Isra Miraj merupakan salah satu mukjizat yang dianugerahkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi pada bulan Rajab.

Isra Miraj diperingati pada tanggal 27 Rajab 1444 H, pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 18 Februari 2023.

Peristiwa Isra Miraj ini terjadi pada tahun ke-10 kenabian atau sekitar tahun 620-621 M. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Sidratul Muntaha.

Dalam perjalanan Isra Miraj, Rasulullah SAW mendapat perintah mengerjakan sholat lima waktu. Hal ini tercatat dalam Kitab Kitab Fadhail ash-Shahabah dalam hadits berikut:

Baca Juga:Pemprov Jatim Mulai Sediakan Vaksin Booster Kedua Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya : Cek di Sini

"Lima waktu itu setara dengan lima puluh waktu. Tidak akan lagi berubah keputusan-Ku". Rasulullah SAW bersabda, "Aku kembali bertemu dengan Musa. Ia menyarankan, 'Kembalilah menemui Rabbmu'. Kujawab, 'Aku malu pada Rabbku'", (HR Bukhari).

Umat Islam memperingati hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW setiap anggal 27 Rajab. Untuk memperingatinya biasanya menggelar beragam acara keagamaan di antaranya pengajian, baca sholawat, pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, dan lain sebagainya.

Jadwal peringatan Isra Miraj 2023

Berdasarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) 3 Menteri No 3 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, pringatan Isra Mi'raj 2023 telah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. SKB Tersebut telah resmi ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Jadwal libur nasional untuk peringatan Isra Miraj tahun 2023 pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 (27 Rajab 1444 H). (iruma cezza)

Baca Juga:Momen Jokowi Jalan Bersama Gibran: Saya Diajak Pak Wali Melihat Solo Safari

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda