Scroll untuk membaca artikel
Selasa, 24 Januari 2023 | 08:32 WIB

Empat Keutamaan Mengamalkan Sholawat Nabi

Muzaki
Empat Keutamaan Mengamalkan Sholawat Nabi
ilustrasi bershalawat

PURWOKERTO.SUARA.COM- Salah satu amalan yang dianjurkan untuk melakukan sholawat nabi. Hal ini karena berbagai keutamaan yang didapatkan saat mengamalkan sholawat nabi.

Seperti yang kita tahu, sholawat nabi bisa dijadikan sebagai ungkapan rasa hormat kepada Allah SWT dan juga Nabi Muhammad SAW. Namun, tahukah kalian keutaman membaca Sholawat Nabi? Berikut penjelasannya:

Keutamaan membaca sholawat nabi

Sholawat nabi memiliki banyak keutaman dan juga manfaat bagi umat muslim yang taat serta rajin mengamalkannya. Berikut empat keutamaan mengamalkan sholawat nabi:

Baca Juga:Pemprov Jatim Mulai Sediakan Vaksin Booster Kedua Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya : Cek di Sini

1.Dikabulkannya doa

Keutamaan mengamalkan sholawat yang pertama jika kita rajin adalah doa kita akan dikabulkan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:  
"Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).  

2.Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Siapapun yang rutin bersholawat akan dijanjikan pahala yang beripat kelak di akhirat. Rasulullah SAW bersabda:  
"Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).  

3.Diangkat derajatnya

Baca Juga:Momen Jokowi Jalan Bersama Gibran: Saya Diajak Pak Wali Melihat Solo Safari

Meski derajat kita tidak tinggi di dunia, namun saat kita rutin mengamalkan sholawat maka Allah akan mengangkat derajat kita kelak di akhirat. 
“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad). 

4.Dikumpulkan ke dalam surga bersama dengan Nabi

Bagi umat muslim yang rajin bersholawat akan selalu dekat dengan Nabi. Maka dari itu kelak di surga mereka akan berkumpul bersama Nabi. 
"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).       
Itulah empat keutamaan mengamalkan sholawat nabi. Dengan rutin mengamalkan  sholawat nabi, Insyallah doa dan harapan Anda akan diijabah Allah SWT.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda