Scroll untuk membaca artikel
Senin, 23 Januari 2023 | 05:29 WIB

Doa Rasulullah di Bulan Rajab yang Jatuh pada 23 Januari

Afgan Dirga
Doa Rasulullah di Bulan Rajab yang Jatuh pada 23 Januari
Ilustrasi berdoa di bulan Rajab (pixabay)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Bulan Rajab merupakan satu di antara bulan haram atau bulan yang dimuliakan dalam Islam. Ada empat bulan yang dimuliakan dalam Islam, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Rasulullah SAW pun memberi teladan dengan membaca doa saat memasuki bulan Rajab. Dalam doa ini, Rasulullah meminta keberkahan dan memohon dipertemukan dengan bulan Ramadan. Berikut doa saat memasuki Bulan Rajab:

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ yang artinya “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya. Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu.

Baca Juga:Hasil Arsenal vs Manchester United: The Gunners Menang Dramatis 3-2

Bulan Rajab Jatuh pada Tanggal 23 Januari

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengumumkan tanggal 1 Rajab 1444 H jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Awal bulan Rajab 1444 H bertepatan dengan Senin Wage 23 Januari 2023 M (mulai malam Senin) atas dasar rukyah.

Keputusan ini tertulis dalam Pengumuman Nomor : 004/LF–PBNU/I/2023 yang dikeluarkan pada Ahad (22/1/2023). Keputusan didasarkan pada hasil rukyatul hilal. 

Ada satu titik observasi yang berhasil melihat hilal 1 Rajab 1444 H, yaitu Sindangsari Kabupaten Tangerang, Banten. Saksinya adalah Najmu Idzharul Haq, Mulyono, Rochman, dan Syamsuddin. Hilal terlihat kasat mata dan kasat teleskop mulai pukul 18.21 WIB. 

LF PBNU menyampaikan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini. Pihaknya juga meminta seluruh jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia untuk menyampaikan ikhbar ini.   

Baca Juga:Persebaya vs Bhayangkara FC: Rizky Ridho Janji Tampil Maksimal untuk Revans

"Diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal bulan Rajab 1444 H ini kepada warga Nahdlatul Ulama, khususnya jajaran pengurus di wilayah/cabangnya masing–masing," lanjut pengumuman tersebut dikutip dari nu.or.id. 

Sebagai informasi, Hilal awal Rajab 1444 H saat ini sudah berada di atas ufuk, yakni tepatnya +8 derajat 11 menit 28 detik, dengan markaz Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, koordinat 6º 11’ 25” LS 106º 50’ 50” BT. 

Sementara konjungsi atau ijtimak bulan terjadi pada Ahad Pon 22 Januari 2023 pukul 03:54:06 WIB. Sementara itu, letak matahari terbenam berada pada posisi 19 derajat 53 menit 20 detik selatan titik barat, sedangkan letak hilal pada posisi 21 derajat 43 menit 35 detik selatan titik barat. 

Adapun kedudukan hilal berada pada 1 derajat 50 menit 15 detik selatan matahari dalam keadaan miring ke selatan dengan elongasi 9 derajat 31 menit 33 detik. Sementara lama hilal 37 menit 06 detik. Berdasarkan metode falak yang sama pula, maka diketahui parameter hilal terkecil terjadi di Kota Jayapura, Provinsi Papua dengan tinggi hilal mar’i mar’i 6 derajat 25 menit, elongasi hilal hakiki 8 derajat 21 menit, dan lama hilal di atas ufuk 30 menit 59 detik. 

Sementara parameter hilal terbesar terjadi di Kota Lhoknga Provinsi Aceh dengan tinggi hilal mar’i 7 derajat 29 menit, elongasi hilal hakiki 9 derajat 47 menit, dan lama hilal di atas ufuk 37 menit 13 detik. 

Karena di seluruh Indonesia tinggi hilal adalah positif, maka pada saat matahari terbenam hilal sudah di atas ufuk. Tinggi hilal dan sudut elongasi juga sudah memenuhi kriteria imkan rukyah NU, yaitu tinggi 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. 

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Budaya

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda