Scroll untuk membaca artikel
Minggu, 11 Desember 2022 | 07:06 WIB

Tips 6 Cara Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat

Muzaki
Tips 6 Cara Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat
Perawatan kuku (ilustrasi) (Pixabay)

PURWOKERTO.SUARA.COM- Kuku adalah bagian dari tubuh yang dapat mempercantik penampilan. Oleh karena itu, kuku sangat membutuhkan perawatan.


Selain itu, dengan mengetahui cara merawat kuku maka bisa mencerminkan bagaimana kita, menjaga dan merawat diri.


Tapi, masih banyak orang yang berpikir bahwa merawat kuku membutuhkan biaya yang sangat mahal, karena harus pergi ke salon. Namun nyatanya, manikur atau pedikur tak harus pergi ke salon loh. Kalian bisa melakuknanya sendiri di rumah. Dan yang terpenting adalah tetap menjaga pola makan. 


Dikutip dari Times of India, inilah beberapa tips merawat kuku agar tetap cantik dan sehat:

Baca Juga:Seminggu Pasca Erupsi, Jalur Malang Lumajang Bisa Kembali Digunakan


1.Pakai sarung tangan saat kegiatan mencuci


Kuku yang terkena air secara berlebihan atau bahan kimia berbahaya bisa menjadi rapuh. Jadi, biasakan memakai sarung tangan saat mencuci piring atau membersihkan rumah. Selain itu, jangan terlalu lama merendam tangan Anda dalam air.


2.Potong kuku secara berkala


Kuku pendek membutuhkan sedikit perawatan karena sangat mudah dibersihkan. Tak seperti kuku panjang, kecil kemungkinan ada penumpukan bakteri. Kuku pendek juga jadi tidak mudah rapuh dan terlihat rapi. Jadi, tak ada salahnya potong kuku secara berkala.

3.Hindari menggunakan kuku palsu

Baca Juga:Satu Gol Youssef En Nesyri Bawa Maroko Lolos ke Semifinal Piala Dunia Setelah Kalahkan Portugal

Kuku palsu memang cantik, tapi itu ada konsekuensinya. Prosedur pemasangan kuku palsu tidak hanya rentan merusak kuku, melainkan juga memungkinkan adanya tumpukan kotoran yang bisa menjadi tempat berkembang biak-nya bakteri.


4.Jaga pola makan sehat


Pola makan tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh, tapi juga termasuk kuku. Asupan vitamin, mineral, dan protein baik untuk pertumbuhan kuku yang kuat.


5.Jaga diri agar tetap terhidrasi


Dengan menjaga tubuh dari dehidrasi dapat membantu mempertahankan kelembapan kuku, caranya dengan minum air putih yang cukup setiap hari. Fungsinya tentu mencegah kuku menjadi kering dan rawan mengelupas.


6.Merawat kutikula secara teratur


Manikur memang efektif mempercantik kuku, tapi tidak boleh terlalu sering. Pasalnya, manikur dilakukan dengan mendorong kutikula ke belakang. Hal ini dapat merusak kutikula dan membuat bantalan kuku yang rentan infeksi. Anda bisa menggunakan krim kutikula yang melembapkan dan mencegah kerusakan kuku. (Citra Safitrah) 

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda