Scroll untuk membaca artikel
Kamis, 08 Desember 2022 | 19:54 WIB

Marak Modus Penipuan Lewat Kurir Paket, 5 Tips Menghindarinya

Muzaki
Marak Modus Penipuan Lewat Kurir Paket, 5 Tips Menghindarinya
Modus Penipuan Lewat Kurir Paket

PURWOKERTO.SUARA.COM- Penipuan modus baru kini marak terjadi di kalangan masyarakat. Berkedok sebagai kurir paket yang mengirim pemberitahuan melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp. 

Tidak sedikit warga yang mengaku jadi korban penipuan berkedok kurir paket dengan mengirim pesan berupa link atau file apk. 

Jika kalian mengklik link tersebut, maka penipu dapat mengakses akun dan rekening milik anda. 

Oleh karena itu, Polresta Pati melalui akuan @polresta__pati menghimbau masyarakat untul waspada terhadap modus penipuan baru ini, pada Kamis, 8 Desember 2022.

Baca Juga:Modus Calo Piala Dunia 2022, Tiket Nonton Inggris Vs Prancis Dijual Rp 95,1 Juta

“HATI-HATI MODUS PENIPUAN BARU!! Jika sahabat menerima pesan WA yang mengatasnamakan kurir pengiriman barang dengan melampirkan link maupun file APK, STOP jangan dibuka, abaikan saja dan blokir,” tulis Polresta Pati.

Berikut beberapa tips menghindari penipuan berkedok kurir ekspedisi pengiriman yang perlu diperhatikan.

1.Jangan buka link atau  lampiran yang dikirim melalui nomor tidak dikenal.

Jika kalian mendapat chat WhatsApp maupun pesan dari nomor tidak dikenal yang menyertakan link atau pun lampiran file APK semacam itu, harap jangan dibuka.

Meskipun pesan dari nomor tidak dikenal itu menyebut nama anda, harap jangan ditanggapi. Abaikan atau blokir jika merasa diteror.

Baca Juga:Sejak Merantau ke Jakarta, Pemuda Kebumen Kecanduan Sabu

2.Perhatikan bahasa dan ketikan pesan

Meski gaya bahasa chat WhatsApp terlihat formal, jangan mudah percaya. Apalagi jika nomor itu memberi iming-iming hadiah atau pemenang undian.

Jika pengirim mengaku sebagai orang yang kamu kenal, perhatikan gaya bahasa dan ketikan pesannya. Untuk memastikan, lakukan konfirmasi ke orang yang bersangkutan secara langsung.

3.Cek Nomor melalui aplikasi Get Contact

Untuk meningkatkan kewaspadaan, gunakan aplikasi Get Contact untuk melacak dan cek nomor yang tidak dikenal.
Apabila ada banyak orang yang menamai nomor tersebut dengan label “Penipu” atau sejenisnya, dapat dipastikan bahwa chat yang dikirim hanya modus penipuan.

4.Log out WhatsApp Web

Pemakaian WhatsApp web di jaringan umum atau wifi publik rentan terhadap serangan hacker. Pastikan untuk menghindari penggunaan wifi publik saat membuka WhatsApp web dan selalu logout aplikasi tersebut ketika telah selesai digunakan.

5.Lapor ke pihak berwajib

Agar modus penipuan berkedok kurir paket ini tidak merugikan orang lain, anda dapat melaporkan ke pihak berwajib jika menemukannya. Polda Metro Jaya mengimbau korban penipuan dengan modus kurir paket untuk segera melapor.

Selain melapor ke polisi, anda juga bisa melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke pihak ekspedisi yang bersangkutan. Pastikan anda memiliki nomor resmi jasa ekspedisi tersebut.

Modus penipuan berkedok kurir paket ini cukup sistematis. Dalam melakukan aksinya, penipu menggunakan foto profil selayaknya dari perusahaan ekspedisi. (citra safitra)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda