Scroll untuk membaca artikel
Selasa, 06 Desember 2022 | 01:39 WIB

Hasil Piala Dunia, Jepang Kalah dari Kroasia Lewat Drama Adu Pinalti

Anik AS
Hasil Piala Dunia, Jepang Kalah dari Kroasia Lewat Drama Adu Pinalti
Para pemain Timnas Jepang Kalah atas Kroasia. ((Foto. Instagram @fifaworldcup))

PURWOKERTO.SUARA.COM – Langkah wakli Asia kembali kandas di laga Piala Dunia 2022 babak 16 besar. Setelah sebelumnya Australia, dini hari ini giliran Tim Samurai Biru, Jepang yang harus mengakui keunggulan Kroasia di Al Janoub Stadium, Senin (05/12/2022), lewat drama adu penalti.

Kroasia akhirnya melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar setelah bermain imbang 1-1 hingga 120 menit, Kroasia berhasil menyingkirkan Jepang 3-1 dalam drama adu penalti. Kiper Dominik Livakovic jadi bintang dengan 3 penyelamatan penalti.

Dikutip Suara, jalannya pertandingan sudah mulai sengit sejak babak pertama dimulai, menekan di awal pertandingan, Jepang mendapat peluang di menit ketiga. Sayang, Taniguchi yang berada di depan gawang gagal menyambut umpan silang rekannya.

Enam menit berselang, kesalahan yang dibuat Tomiyasu nyaris berbuah gol bagi Kroasia. Menusuk dari sisi kiri gawang, Perisic melepaskan tendangan keras namun bola masih mampu dibendung Shuichi Gonda.

Baca Juga:Penampakan Rumah Tahan Gempa di Cianjur, 1600 Unit Bakal Dibangun

Lalu peluang datang bagi Jepang di menit 13. Lolos dari kawalan di sisi kanan lapangan, Doan melepaskan tendangan melengkung mendatar tepat di depan gawang. Akan tetapi Maeda dan Kamada gagal menyambut bola. Peluang emas pun kandas.

Jepang yang semakin nyaman dengan penguasaan bola, terus menekan. Berulang kali pertahanan Kroasia digedor, namun tak juga kebobolan. Kroasia tidak tinggal diam. Memanfaatkan serangan balik cepat, Luka Modric cs mencoba membongkar pertahanan Samurai Biru.

Memasuki menit 43, gawang Kroasia akhirnya jebol. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Maeda mengubah papan skor menjadi 1 - 0 hingga paruh pertama selesai. Di babak kedua, Jepang dan Kroasia meningkatkan tempo permainan.

Jepang mendapat peluang dimenit 46 lewat tendangan keras Daichi Kamada dari luar kotak, namun bola melayang di atas mistar. Lalu Kroasia membalas di menit 49, Mateo Kovacic melepaskan tendangan keras dari jarak jauh. Sayang bola melebar tipis di sisi kiri gawang Gonda.

Memasuki menit 53, Jepang nyaris menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas Wataru Endo, akan tetapi bola masih mampu ditepis kiper Vatreni, Dominik Livakovic. Kroasia akhirnya berhasil menyeimbangkan papan skor di menit 55. Menyambut umpan Dejan Lovren, Ivan Perisic menanduk bola ke sudut kiri gawang yang gagal ditepis Gonda. Skor berubah 1-1.

Baca Juga:Ingin Jadi Relawan Piala Dunia U20 Indonesia ? Bagini Cara Daftarnya

Usai gol Perisic, Kroasia yang semakin nyaman mulai mendominasi laga. Serangan demi serangan dibangun Vatreni, sementara Samurai Biru beberapa kali membalas lewat serangan balik. Jual beli serangan terus terjadi di sisa waktu pertandingan, namun skor 1-1 tetap bertahan dan pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Saat babak tambahan dan adu penalti di babak tambahan, jual beli serangan tetap mewarnai jalannya laga. Kroasia mendapat beberapa peluang, di antaranya Ivan Perisic dan Borna Barisic. Sayang kedua peluang tersebut digagalkan pemain bertahan Jepang.

Jepang juga mendapat peluang di menit 105. Mendapat ruang, Wataru Endo melepaskan tendangan. Bola berhasil diblok dan disambar Takumi Minamino. Sayang, bola kembali diblok. Di menit 114, peluang didapat Kroasia.

Menerima umpan dari lemparan ke dalam, Marko Livaja yang memenangi duel udara di tengah kotak, namun bola berhasil diamankan Gonda. Skor 1-1 bertahan hingga babak 2x15 menit berakhir dan pemenang akan dilanjutkan lewat adu penalti.

Penendang pertama dan kedua Jepang, Takumi Minamino dan Kaoru Mitoma gagal, sementara Nicola Vlasic dan Marcelo Brozovic mencetak gol. Kroasia unggul 2-0. Jepang akhirnya mendapat gol lewat penendang ketiga Takuma Asano.

Sementara tendangan Marko Livaja dimentahkan tiang gawang. Maya Yoshida gagal, dan Pasalic mengunci skor adu penalti menjadi 3-1 sekaligus memastikan Kroasia ke perempat final Piala Dunia 2022.***

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Sport

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda