Gubernur Jateng Sebut Pembangunan Infrastruktur Banyumas Raya Harus Terkoneksi

Ganjar mengatakan pembangunan infrastruktur banyumas raya harus terkoneksi agar dapat memantik ekonimi

Muzaki
Kamis, 24 November 2022 | 17:22 WIB
Gubernur Jateng Sebut Pembangunan Infrastruktur Banyumas Raya Harus Terkoneksi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di Banyumas ((Anataranews.com))

PURWOKERTO.SUARA.COM – Ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat pasca pandemi yang terjadi dua tahun lalu. Bahkan saat ini nilai ekonomi yang diproyeksikan mencapai USD315 miliar pada tahun 2030. Pun pemerintah terus memberi perhatian serius terhadap akselerasi transformasi ekonomi.

Tidak terkecuali dengan membengun  Insfrastruktur Indonesia yang terkoneksi.  Hal itu seperti yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu. 23 November 2022.

Ganjar mengatakan pembangunan infrastruktur di Banyumas Raya harus terkoneksi agar dapat semakin memantik pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.  "Ya, sebenarnya kan kita membangun kawasan di Banyumas Raya itu sudah cukup lama, maka kenapa kemudian infrastrukturnya mesti terkoneksi, tapi belum tuntas," katanya.

Ganjar mengatakan hal itu kepada wartawan usai menjadi pembicara kunci pada acara seminar dalam rangkaian kegiatan Muktamar Ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah, yang diselenggarakan di Purwokerto, 22-25 November 2022.

Baca Juga:Ikuti Langkah Timnas Arab Saudi, Jepang Kalahkan Jerman 2 - 1

Wilayah Banyumas Raya meliputi lima kabupaten yakni Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Ganjar pun mencontohkan perjuangan untuk mengembangkan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga yang dilakukan sejak dulu, namun baru berhasil saat sekarang.

"Itulah yang kita harapkan nanti menjadi trigger pertumbuhan ekonomi di sekitar Banyumas Raya. Saya kira beberapa bupati yang pernah bertemu sudah sepakat untuk mengembangkan (bandara) itu," ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar mengakui gempuran pandemi COVID-19 menjadi problem yang membuat masyarakat harus bangkit lagi.

Oleh karena itu, kata dia, infrastruktur yang sudah disiapkan tersebut harapannya nanti akan memperlancar roda ekonomi yang ada di sekitar Banyumas Raya.

"Sekarang tinggal kita mengisi kegiatan, meng-create event. Kalau event-nya banyak orang akan datang, tapi kalau menunggu mereka datang sendiri, membuat kegiatan sendiri-sendiri, ya enggak akan jalan," katanya.

Baca Juga:Korban Meninggal Gempa Cianjur Terus Bertambah, Data BNPB Terbaru Tercatat 271 Orang

Oleh karena itulah, kata Ganjar, tugas pemerintah untuk memberikan insentif-insentif dan program-program agar menjadi stimulan gerakan ekonomi, sosial, dan budaya dari infrastruktur yang telah ada itu.

Dalam hal ini, infrastruktur yang bagus tidak hanya mendukung perekonomian dan pariwisata juga sektor-sektor lainnya.

"Semua, kalau infrastrukturnya bagus, ya bagus. Itu kalau jalannya buruk ya misuh-misuh (marah-marah)," kata Ganjar.*(ANIK AS)

News

Terkini

Setelah beberapa tahun ditunda dalam penayangan di layar bioskop akhirnya sekuel Film Avatar. Avatar: The Way of Water yang bakal tayang di Indonesia pada 16 Desember 2022

Lifestyle | 21:44 WIB

jalur alternatif Jakarta-Bandung yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di malam tahun baru 2023 mendatang.

Lifestyle | 20:39 WIB

Penipuan modus baru kini marak terjadi di kalangan masyarakat. Berkedok sebagai kurir paket yang mengirim pemberitahuan melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.

Lifestyle | 19:54 WIB

Harga tiket Piala Dunia 2022 untuk pertandingan perempat final antara Inggris kontra Prancis dijual hingga Rp 95,1 juta atau sekira 5000 poundsterling. Harga tersebut mengalami kenaikan 28 kali lipat dari harga normal.

Lifestyle | 19:48 WIB

Berikut resep jagung bakar yang bisa menjadi referensi saat merayakan malam pergantian tahun.

Lifestyle | 18:30 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB

Selamat Adipati Dolken dan Canti Tachril dikaruniai anak pertama.

Gosip | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak