Wapres Ma'ruf Amin ke Banyumas, Buka Muktamar ke-41 Al Irsyad

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin membuka Muktamar ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (23/11/2022).

Afgan Dirga
Rabu, 23 November 2022 | 20:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin ke Banyumas, Buka Muktamar ke-41 Al Irsyad
Wapres Ma'ruf Amin memukul gong tanda dimulainya Muktamar Al Irsyad Al Islamiyyah di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (23/11/2022). (Dokumentasi Al Irsyad)

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANYUMAS - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), KH Ma'ruf Amin membuka Muktamar ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah di Hotel Java Heritage Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (23/11/2022). Muktamar akan berlangsung selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat (23-25/11/2022).

Ma'ruf Amin hadir ke Mukatamar Al Irsyad menggunakan pesawat kepresidenan. Ia mendarat di Bandara JB Soedirman Purbalingga pada Rabu sore. Ia disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wakil Bupati Purbalingga, Sudono.

Dalam perjalanan menuju venue Muktamar Al Irsyad, sejumlah siswa SD berderet di sepanjang dr Angka Purwokerto dengan membawa bendera menyambut kedatangan Wapres Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin saat sambutan meminta Al Irsyad agar mengedepankan kebhinnekaan dan mempertahankan kearifan lokal dalam setiap kegiatan baik pendidikan maupun saat berdakwah.

Baca Juga:Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton Diperkarakan Soal Miras Minuman Rasululllah, Ini Hukum Minum Khamar di Agama Islam

"Saya menitip pesan kepada keluarga besar Al Irsyad dalam mengajar pendidikan dan dakwah senantiasi diwarnai semangat merawat kebhinnrkaan dan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal yang sejalan dengan keimanan dan ajaran Islam," katanya di hapadan peserta muktamar, Rabu (23/11/2022) sore.

Menurutnya, sejak didirikan hingga hari ini, kontribusi Al Irsyad terhadap kemajuan bangsa Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Baik melalui pendidikan, dakwah, dan aksi-aksi sosial yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

 Ma'ruf juga mengatakan tema muktamar kali ini yaitu "Membangun Al Irsyad Al Islamiyyah yang Maju, Bersahabat dan Bermartabat, Untuk Indonesia Emas 2045" sejalan dengan visi pemerintah.

"SDM yang unggul menjadi kunci melalui pendidikan, dan Al Irsyad sudah lama melakukan upaya pembangunan SDM. Oleh sebabnya, pemerintah menyampaikan apresiasi pengahargaan dan terimakasih atas kontribusi yang selama ini dilakukan Al Irsyad," ujarnya.

Terakhir, dirinya berpesan agar Al Irsyad menyiapkan generasi penerus bangsa yang menguasi agama. Hal ini menjadi penting karena bisa menjadi modal untuk mencapai kemajuan dan keutuhan bangsa.

Baca Juga:Jadi Bad Boy, Bright Vachirawit Main Film The Interest Bareng Yaya Urassaya

"Selain pendidikan, Al Irsyad juga menyiapkan SDM yang menguasi agama. Berkali-kali presiden dan saya sendiri menyampaikan ukhuwah islamiyah, wathaniyah, dan insaniyah, yang paling utama bagi Al Irsyad adalah ukhuwah irsyadiyah. Tidak mungkin membangun ukhiwah isryadiyah apabila tidak bisa membangun ukhuwah islamiyah, wathaniyah, dan insaniyah," kata Maruf.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, Muhammad Sugarbo menjelaskan muktamar kali ini diikuti 1.218 peserta yang terdiri atas pimpinan pusat, biro wanita, pemuda, dan mahasiswa.

"Dengan digelarnya muktamar di Purwokerto kami harap dapat memberi Inspirasi dan semangat bagi peserta muktamar untuk membangun cabangnya di masing-masing daerah," tutupnya. (Anang Firmansyah)

News

Terkini

Setelah beberapa tahun ditunda dalam penayangan di layar bioskop akhirnya sekuel Film Avatar. Avatar: The Way of Water yang bakal tayang di Indonesia pada 16 Desember 2022

Lifestyle | 21:44 WIB

jalur alternatif Jakarta-Bandung yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di malam tahun baru 2023 mendatang.

Lifestyle | 20:39 WIB

Penipuan modus baru kini marak terjadi di kalangan masyarakat. Berkedok sebagai kurir paket yang mengirim pemberitahuan melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.

Lifestyle | 19:54 WIB

Harga tiket Piala Dunia 2022 untuk pertandingan perempat final antara Inggris kontra Prancis dijual hingga Rp 95,1 juta atau sekira 5000 poundsterling. Harga tersebut mengalami kenaikan 28 kali lipat dari harga normal.

Lifestyle | 19:48 WIB

Berikut resep jagung bakar yang bisa menjadi referensi saat merayakan malam pergantian tahun.

Lifestyle | 18:30 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB

Selamat Adipati Dolken dan Canti Tachril dikaruniai anak pertama.

Gosip | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak