Apa Itu Caudal Regression Syndrome? Gangguan yang Dialami Ghanim Al Muftah Qori di Piala Dunia 2022

Sosok Ghanim Al Muftah pun menjadi sorotan seletah melantunkan potongan ayat dari Surat Al-Hujurat ayat 13. Suara merdunya menggema di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11/2022) dalam pembukaan ajang sepak bola empat tahunan itu.

Muzaki
Selasa, 22 November 2022 | 14:59 WIB
Apa Itu Caudal Regression Syndrome? Gangguan yang Dialami Ghanim Al Muftah Qori di Piala Dunia 2022
Ghanim Al Muftah dan Morgan Freeman di pembukaan piala dunia 2022 ((youtube))

PURWOKERTO.SUARA.COM Pembacaan ayat suci Al Quran dalam upacara pembukaan Piala Dunia 2022 menjadi hal baru. Sosok Ghanim Al Muftah pun menjadi sorotan seletah melantunkan potongan ayat dari Surat Al-Hujurat ayat 13.
Suara merdunya menggema di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11/2022) dalam pembukaan ajang sepak bola empat tahunan itu.

Ghanim Al Muftah bersama Morgan Freeman membawakan pesan perdamaian. Sosok Ghanim Al Muftah tak seperti remaja pada umumnya. Ia memiliki fisik yang berbeda dari kebanyakan orang karena mengidap kondisi langka, Caudal Regression Syndrome (CRS).

Remaja kelahiran 5 Mei 2002 ini lahir tanpa bagian bawah tubuh. Ghanim Al Muftah biasanya menggunakan kursi roda untuk aktivitas sehari-hari.

Dalam pembuakaan Piala Dunia semalam, Ghanim Al Muftah tampak menanggalkan kursi roda, dan berdiri menggunakan dadanya. Hal ini membuatnya langsung mendapatkan perhatian masyarakat dunia.

Baca Juga:Keutamaan Surat Al Hujarat Ayat 13, Ayat Al Quran yang Menggema di Pembukaan Piala Dunia 2022

Caudal Regression Syndrome (CRS) atau displasia kaudal, merupakan kondisi tak normal pada tubuh bagian bawah. Pembentukan abnormal bagian bawah tubuh ditandai dengan berbagai tingkat kegagalan perkembangan yang melibatkan vertebra kaki, lumbal, sakral, dan tulang ekor, dan segmen sumsum tulang belakang.

Penderita CRS mungkin memiliki usus yang terpelintir, penyumbatan anus, dan penyimpangan sistem pencernaan lainnya. Lantas apa penyebab kondisi ini?

Dikutip dari suara.com penyebab CRS belum dipahami dengan baik. Dapat dikarenakan campuran antara faktor lingkungan dan genetik. Beberapa penyebab paling umum diyakini termasuk:

1. Genetika

Diperkirakan bahwa CRS adalah kelainan genetik.

Baca Juga:CATAT! Jadwal Lengkap Pertandingan Babak Penyisihan Piala Dunia Qatar 2022

2. Kesehatan Ibu

Gula darah tinggi dan ketidakseimbangan metabolisme pada ibu hamil dipercaya memengaruhi perkembangan janin, terutama jika diabetes ibu tidak ditangani dengan baik. Namun, CRS juga bisa terjadi bila ibu tidak menderita diabetes. Hubungan antara keduanya masih dipelajari.

3. Gangguan Perkembangan

Jika ada masalah atau trauma pada rahim sekitar satu bulan setelah kehamilan, kejadian ini dapat mengganggu perkembangan kerangka, saluran pencernaan, dan sistem saluran kemih bayi.

4. Kelainan Pembuluh Darah

CRS dipercaya bisa terjadi akibat berkurangnya aliran darah. Penyumbatan oksigen dan nutrisi penting yang dibawa ke janin oleh darah dapat menyebabkan masalah perkembangan.

5. Kelainan embrionik

Mesoderm adalah bagian tengah dari tiga lapisan jaringan yang ada pada tahap awal embrio (bayi yang sedang berkembang pada minggu-minggu awal kehamilan). Mesoderm memainkan peran besar dalam pembentukan banyak struktur yang dipengaruhi oleh CRS. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan percaya bahwa kelainan langka ini terjadi karena adanya gangguan pada mesoderm. (iruma cezza)

Lifestyle

Terkini

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kepolisian mulai menerapkan cara tilang baru dengan mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya jika sudah melewati batas poin SIM pengendara yang melanggar akan dicabut.

News | 17:59 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB

Selamat Adipati Dolken dan Canti Tachril dikaruniai anak pertama.

Gosip | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak