Siapa Security Officer? Penanggugjawab Keamanan Pertandingan yang Harus Berlisensi FIFA

Apa sebenarnya tugas dan fungsi dari FIFA Security Officer?

Muzaki
Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:04 WIB
Siapa Security Officer? Penanggugjawab Keamanan Pertandingan yang Harus Berlisensi FIFA
Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan (Instagram @eventjawatimur)

PURWOKERTO.SUARA.COM Setelah Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa, salah satu nama yang mendadak ramai diberbincangkan adalah Nugroho Setiawan.

Nugroho Setiawan merupakan satu-satunya orang Indonesia yang berhasil memiliki lisensi sebagai FIFA Security Officer.

Nugroho atau yang sering disapa Pak Nug pernah berkarir di PSSI sebagai Head of Infrastructure, Safety, and Security di PSSI. Kemudian dia melanjutkan karirnya sebagai Security Officer di Asian Football Confederation (AFC).

Sebagai orang yang memiliki lisensi FIFA Security Officer, Nugroho dipercaya menjadi orang yang sangat paham tentang safety & security dari sebuah pertandingan sepakbola. Hal itu termasuk cara mencegah serta menanggapi adanya kerusuhan.

Baca Juga:Kondisi Belum Stabil, Lesti Kejora Tetap Dipantau Tim Dokter Usai Pulang Ke Rumah

Apa sebenarnya tugas dan fungsi dari FIFA Security Officer?

Dikutip dari suara.com, sebagai Security & Safety Officer,ada beberapa tugas yang harus dilaksanakan dan hanya boleh dilakukan oleh orang yang telah mendapatkan lisensi secara resmi.

"Kami (para Security & Safety Officer) bekerja di bawah prinsip dasar dengan koordinasi, komunikasi, dan kerja sama. Hal ini bukan hanya tentang memberi tahu otoritas setempat atau pihak penyelenggara tentang apa yang harus dilakukan, namun juga bekerja sama dengan mereka untuk memastikan mereka memenuhi peraturan keselamatan dan keamanan pada hari pertandingan." ungkap Dr. Christian Emeruwa, NFF Presidential FIFA.

Lebih lanjut, Dr. Emeruwa mengatakan, setiap anggota Security & Safety Officer FIFA harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan kesadaran akan kepekaan sosial, hukum dan politik, karena situasi di setiap negara berbeda dan punya badan hukum masing masing.

“Beberapa kegiatan inisiatif seperti proyek pendampingan dan lokakarya serta pelatihan dan penyuluhan dari FIFA sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan standar khususnya para Security & Safety Officer FIFA serta keselamatan dan keamanan dalam kompetisi sepak bola secara umum." tambah Dr. Emeruwa.

Baca Juga:Ribuan Suporter Banyumas Tuntut Polisi Tak Gunakan Gas Air Mata Dalam Sepakbola

Menjadi orang yang paling paham soal pencegahan dan penyelenggaraan baik pra atau pasca pertandingan, anggota Security & Safety Officer FIFA dalam menjalankan tugasnya didorong oleh visi dunia dimana mewujudkan visi FIFA agar semua stadion di dunia yang menyelenggarakan pertandingan sepakbola aman dan ramah untuk semua orang.

Tak hanya itu, sosialisasi tentang bagaimana pertandingan dapat berjalan dengan baik dari segi keamanan dan kenyamanan juga harus dilakukan agar pihak pihak yang terlibat seperti kepolisian dan elemen pertahanan dan keamanan lainnya dapat memahami sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan kemarin.

"Kami memiliki peraturan untuk diikuti oleh tim Security & Safety Officer saat mereka menjalankan tugas di hari pertandingan mereka. Mereka juga harus perpedoman pada FIFA Stadium Safety & Security Regulations yang telah ditetapkan oleh FIFA." tutup Dr.Emeruwa. (iruma cezza)

Lifestyle

Terkini

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kepolisian mulai menerapkan cara tilang baru dengan mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya jika sudah melewati batas poin SIM pengendara yang melanggar akan dicabut.

News | 17:59 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB

Selamat Adipati Dolken dan Canti Tachril dikaruniai anak pertama.

Gosip | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak