Bunda, Yuk Tumbuhkan Cara Berpikir Pada Anak Sejak Usia Dini

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Muzaki
Senin, 03 Oktober 2022 | 08:11 WIB
Bunda, Yuk Tumbuhkan Cara Berpikir Pada Anak Sejak Usia Dini
orang tua dan anak

PURWOKERTO.SUARA.COM- Pola tumbuh kembang anak memang memerlukan perhatian khusus. Selain mengajarkan untuk bersikap mandiri, anak juga perlu diajak untuk berpikir kritis sejak dini.

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh anak jika sejak dini telah dilatih untuk memiliki pola pikir yang kritis. Salah satunya adalah anak menjadi lebih memiliki pikiran yang terbuka, serta meningkatkan kreativitas anak.

Selain itu, saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan.

Walaupun, hal ini tidak semudah seperti yang dibayangkan, karena bunda perlu mengajarkan sang anak dengan perlahan dan yang terpenting konsistensi.

Baca Juga:Laut Selatan Kembali Memakan Korban, Bocah 12 Tahun Hanyut di Pantai Sodong Cilacap

Oleh karena itu, bila bunda bingung bagaimana caranya mengajarkan anak berpikir kritis sejak dini, berikut adalah rangkuman yang dapat bunda pahami, yaitu:

1.Berikan contoh bagaimana berpikir kritis
Pada masa pertumbuhan, anak memiliki sifat untuk meniru apa yang dirinya lihat. Para bunda bisa memberikan contoh berpikir kritis secara sederhana dengan memberikan contoh pola berpikir kritis sederhana.

2.Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri
Bunda, salah satu cara yang dapat bunda lakukan untuk mengajarkan anak berpikir kritis adalah dengan membiarkan sang anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Saat anak tengah mengalami kesulitan, biarkan dirinya untuk memikirkan jalan keluar yang harus dilakukan.

Orang tua hanya perlu melakukan pengawasan dan biarkan sang anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

3.Ajak anak untuk bertanya dalam sebuah diskusi
Selanjutnya, bunda bisa mengajak anak untuk melakukan diskusi sederhana. Hal ini untuk memancing anak menanyakan sesuatu, agar si anak dapat mengidentifikasi informasi yang dia terima.
Walaupun, yang biasa terjadi adalah orang tua akan merasa cape saat dihadapkan dengan pertanyaan anak yang terlalu banyak, biarkan saja dan jangan larang anak untuk bertanya.

Baca Juga:Presiden Arema FC Gilang Juragan 99 Minta Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan, Dukung Investigasi Kepolisian

4.Ajarkan anak untuk berpikir luas
Maksud dari berpikir luas adalah melihat suatu permasalahan dari berbagai sisi, sehingga anak berpikir lebih terbuka dan luas. Salah satu kemampuan dari pola berpikir kritis adalah mampu menilai suatu permasalaan secara objektif dan mengevaluasi ide tersebut. (citra safitra)

Lifestyle

Terkini

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kepolisian mulai menerapkan cara tilang baru dengan mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya jika sudah melewati batas poin SIM pengendara yang melanggar akan dicabut.

News | 17:59 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Wedding Impossible drama romantis yang diadaptasi dari webtoon populer.

Gosip | 03:00 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB
Tampilkan lebih banyak