Doa-doa terkait Keselamatan dalam Perjalanan dan Terhindar dari Segala Bencana

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Muzaki
Senin, 03 Oktober 2022 | 08:06 WIB
Doa-doa terkait Keselamatan dalam Perjalanan dan Terhindar dari Segala Bencana
Ilustrasi Berdoa kepada Allah Swt (Pixabay)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Di dalam agama Islam, berdoa kepada Allah Swt merupakan hal yang sangat dianjurkan. Di antara doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad adalah doa keselamatan yang biasa diamalkan setiap hari atau setiap waktu.

Seperti dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad Saw mengajarkan umat Islam agar senantiasa meminta perlindungan kepada Allah SWT. Hadist tersebut berbunyi:

Artinya:

"Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR. Bukhari)

Baca Juga:Laut Selatan Kembali Memakan Korban, Bocah 12 Tahun Hanyut di Pantai Sodong Cilacap

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam. Di antaranya:

1. Doa Keselamatan Sebelum Berpergian

Bismillahi, tawakkaltu 'alallahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya:

"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Baca Juga:Presiden Arema FC Gilang Juragan 99 Minta Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan, Dukung Investigasi Kepolisian

2. Doa Keselamatan Saat Naik Kendaraan

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna

Artinya :

"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

4. Doa Keselamatan dari Segala Bencana

Allhumma 'fin min kulli bal'id duniy wa 'adzbil khirah, washrif 'ann bi haqqil Qur'nil 'azhm wa nabiiyikal karm syarrad duniy wa 'adzbal khirah. Ghafarallhu lan wa lahum bi rahmatika y arhamar rhimn. Subhna rabbika rabbil 'izzati 'an m yashifn, wa salmun 'alal mursaln, walhamdulillhi rabbil 'lamn.

Artinya:

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

Demikianlah anjuran berdoa terkait keselamatan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Beserta doa-doa yang biasa diamalkan terkait keselamatan dalam berpergian dan segala bencana. (Arif KF)

Lifestyle

Terkini

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kepolisian mulai menerapkan cara tilang baru dengan mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya jika sudah melewati batas poin SIM pengendara yang melanggar akan dicabut.

News | 17:59 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Wedding Impossible drama romantis yang diadaptasi dari webtoon populer.

Gosip | 03:00 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB
Tampilkan lebih banyak