Mata Tiba-Tiba Berkedut? Ternyata Ada Penjelasannya

Mata berkedut juga ada penjelasan medisnya loh. Mengutip dari Halosehat, mata berkedut adalah suatu sensasi berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis.

Muzaki
Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:26 WIB
Mata Tiba-Tiba Berkedut? Ternyata Ada Penjelasannya
Ilustrasi mata (Freepik)

PURWOKERTO.SUARA.COM- Pernah nggak sih kalian mengalami kedutan di bagian mata? Dan itu terjadi berulang kali? Terkadang kondisi ini tidak mengenakan karena dapat terjadi beberapa menit, sehingga pekerjaan sedikit terganggu.

Selain itu, banyak orang masih percaya dengan mata kedutan memiliki arti sendiri. Ada yang percaya saat mata berkedut akan mendapatkan rejeki yang melimpah. Ada pula yang percaya kalau mata berkedut adalah tanda seseorang sedang dirindukan.

Tapi, bener nggak sih?

Sebenarnya, mata berkedut juga ada penjelasan medisnya loh. Mengutip dari Halosehat, mata berkedut adalah suatu sensasi berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis.

Baca Juga:Suka Bingung? Ini Bedanya Cleanser dan Facial Wash

Sensasi ini dapat terjadi berulang kali dan tidak bisa dikendalikan. Perlu diketahui bahwa kedutan bukanlah sebuah penyakit mata. Namun, pada dunia medis, kondisi ini disebut sebagai ‘myokymia’.

Sebuah sensasi berdenyut yang muncul akibat saraf kelopak mata bagian atas atau bawah menegang atau kejang. 

Selain itu, kondisi mata berkedut biasanya tidak menimbulkan rasa sakit baik itu mata kanan atau pun mata kiri. Tapi, dalam kondisi tertentu kedutan yang terjadi dapat berlangsung cukup lama dan kuat dan menyebabkan kelopak mata menutup dan membuka kembali tanpa disadari.

Untuk penyebab dari mata berkedut, baik mata kanan atau  mata kiri sampai saat ini belum bisa dipastikan . namun ada kegiatan sehari hari yang disebut-sebut sebagai pemicu dari mata berkedut, yaitu:

1.Tubuh lelah dan waktu tidur yang kurang
2.Mengonsumsi Kafein  terlalu tinggi
3.Punya Kebiasaan merokok dan minum alkohol
4.Kebiasaan menatap gadget terlalu lama
5.Sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu
6.Memiliki penyakit yang dapat menimbulkan kedutan

Baca Juga:Turut Berduka Cita, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Nah itulah beberapa hal yang biasanya dapat memicu mata berkedut, tapi kalian tidak usah khawatir karena mata berkedut bukanlah penanda kondisi atau penyakit berbahaya, hanya pada kasus tertentu saja. (citra safitra)

Lifestyle

Terkini

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kepolisian mulai menerapkan cara tilang baru dengan mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi (SIM). Nantinya jika sudah melewati batas poin SIM pengendara yang melanggar akan dicabut.

News | 17:59 WIB

Pasca erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu, (04/11/2022) hingga saat ini gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur masih terus erupsi setiap hari

News | 17:09 WIB

Gelaran World Tour Finals (WTF) 2022 di Bangkok, Thailand pada pertandingan hari kedua semakin menarik. Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie harus memperbaiki kekalahan satu hari sebelumnya dengan mengalahkan Loh Kean Yew

Sport | 16:23 WIB

WhatsApp kembali mengumumkan fitur terbaru yaitu avatar di Indonesia pada Rabu (7/12/2022). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengubah pengguna menjadi avatar di dalam layanan pesan singkat.

Lifestyle | 15:49 WIB

WhatsApp, aplikasi pesan instan yang baru-baru ini menghadirkan fitur Avatar di dalam layanannya. Vitur baru tersebut dapat memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri ketika berinteraksi dengan pengguna lain.

News | 15:44 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB

Selamat Adipati Dolken dan Canti Tachril dikaruniai anak pertama.

Gosip | 21:25 WIB
Tampilkan lebih banyak