Konser Suara 1000 Sasando di Labuan Bajo Pecahkan Rekor Muri

emerintah Provinsi NTT bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dekranasda NTT menyelenggarakan "Konser Suara 1000 Sasando" yang bertajuk "Magical Sound of Sasando for The World" di Waterfront City Labuan Bajo, 28 September 2022 malam.

Afgan Dirga
Kamis, 29 September 2022 | 10:19 WIB
Konser Suara 1000 Sasando di Labuan Bajo Pecahkan Rekor Muri
Konser 1000 Sasando di Labuan Bajo, NTT, pada Rabu (28/9/2022). Pecahkan Rekor MURI. (Foto: Antara News.)

PURWOKERTO.SUARA.COM, LABUAN BAJO - Pemerintah Provinsi NTT bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dekranasda NTT menyelenggarakan "Konser Suara 1000 Sasando" yang bertajuk "Magical Sound of Sasando for The World" di Waterfront City Labuan Bajo, 28 September 2022 malam. Hal tersebut untuk melestarikan musik tradisional Sasando asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Dikutip dari Antara News, Konser Suara 1000 Sasando tersebut berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak di Indonesia.
 
Penghargaan terdebut diberikan langsung oleh perwakilan MURI kepada Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT yang diterima oleh Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrison Laiskodat. Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu mewakili masyarakat Pulau Rote NTT, asal musik sasando.
 
Alat musik tradisional khas NTT tersebut merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang telah digunakan sejak abad ke-7. Oleh karena itu, sudah sewajarnya sebagai generasi penerus untuk melestarikannya. 

Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, Gubernur NTT Viktor Laiskodat menerangkan, tidak ada sasando di dunia, selain dari Pulau Rote NTT. 

“Seperti artinya sasandu yaitu bergetar atau berbunyi maka musik sasando juga harus digetarkan ke seluruh dunia, Magical Sound of Sasando for The World”, ujar Laiskodat.
 
Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota OASE KIM. Acara yang diselenggarakan secara hybrid di Waterfront Marina Labuan Bajo dan melalui zoom serta youtube ini juga dihadiri oleh ribuan masyarakat di NTT serta perwakilan para duta besar di seluruh dunia serta duta besar negara-negara sahabat melalui zoom.
 
"1000 pemain sasando yang sudah berlatih selama kurang lebih dua bulan tersebut merupakan para pelajar NTT asal Kupang dan Labuan Bajo," ujar Music Director acara Konser 1000 Sasando, Izhu Nisroni. 
 
Diketahui, konser Suara 1000 ini juga dimeriahkan musisi-musisi ternama tanah air seperti Gerry Gany X Factor, Conrad Good Vibration, Inez Dona, Rizal Masai, Roli Lede, Izhu Nisnoni & Friends, dan J&D Project Band. (Arif KF)

Baca Juga:Niatnya Mau Dijual, Granat Meledak Lukai Tukang Rongsok di Jakarta

Budaya

Terkini

Setelah beberapa tahun ditunda dalam penayangan di layar bioskop akhirnya sekuel Film Avatar. Avatar: The Way of Water yang bakal tayang di Indonesia pada 16 Desember 2022

Lifestyle | 21:44 WIB

Pasca penangkapan Bupati Bangkalan Ra Latif Imron oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mohni Wakil Bupati Bangkalan pada Kamis (08/12/2022) resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan.

News | 21:20 WIB

UMK Kebumen ditetapkan sebesar Rp 2.035.890,04

News | 21:08 WIB

jalur alternatif Jakarta-Bandung yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di malam tahun baru 2023 mendatang.

Lifestyle | 20:39 WIB

Penipuan modus baru kini marak terjadi di kalangan masyarakat. Berkedok sebagai kurir paket yang mengirim pemberitahuan melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.

Lifestyle | 19:54 WIB

Harga tiket Piala Dunia 2022 untuk pertandingan perempat final antara Inggris kontra Prancis dijual hingga Rp 95,1 juta atau sekira 5000 poundsterling. Harga tersebut mengalami kenaikan 28 kali lipat dari harga normal.

Lifestyle | 19:48 WIB

Sat Resnarkoba Polres Kebumen menangkap seorang pemuda berinisial SN (35) warga, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten, Sabtu 3 Desember 2022.

News | 19:30 WIB

Berikut resep jagung bakar yang bisa menjadi referensi saat merayakan malam pergantian tahun.

Lifestyle | 18:30 WIB

Bupati Bangkalan diduga menerima gratifikasi dari proses lelang jabatan.

News | 18:17 WIB

Berikut ini mitos Gunung Semeru yang jarang diketahui banyak orang

Lifestyle | 18:13 WIB

Kota Jakarta menempati posisi ke-10 sebagai kota dengan polusi udara tinggi di dunia selama 2021.

Metropolitan | 19:44 WIB

"Pelaku seorang laki-laki tak dikenal awalnya numpang ke toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brankas ke kasir."

Metropolitan | 18:27 WIB

Viralnya video tak senonoh tersebut telah membuat warga Ngawi resah.

Metropolitan | 17:34 WIB

"Setelah berhasil dibujuk, akhirnya dia mau untuk dievakuasi sekitar setengah jam kemudian."

Metropolitan | 16:38 WIB

"Korban diajak masuk kamar dan terjadilah peristiwa pencabulan."

Metropolitan | 14:53 WIB

Wedding Impossible drama romantis yang diadaptasi dari webtoon populer.

Gosip | 03:00 WIB

Sinetron Ikatan Cinta malam ini Kamis, 8 Desember 2022 mungkin akan menceritakan kondisi Mama Sarah yang mulai sadar dan semakin membaik.

Gosip | 00:00 WIB

Celine Dion didiagnosis siff person syndrome hingga membuatnya membatalkan konsernya di 2023.

Gosip | 23:10 WIB

Julian Jacob sebelumnya berpacaran dengan Brisia Jodie, sahabat calon istrinya sekarang.

Gosip | 22:01 WIB

Prihatin dengan nasib Nora Alexandra, warganet kecam kebiasaan Jerinx SID.

Gosip | 21:40 WIB
Tampilkan lebih banyak