Menteri PUPR Minta Proyek Tol Japek II Ruas Sadang-Kutanegara Selesai Desember 2022

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II selatan secara bertahap.

Muzaki
Kamis, 22 September 2022 | 21:58 WIB
Menteri PUPR Minta Proyek Tol Japek II Ruas Sadang-Kutanegara Selesai Desember 2022
Menteri Basuki Hadimuljono telakukan peninjauan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II (Kementerian PUPR)

PURWPKERTO.SUARA.COM- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II selatan secara bertahap.

Hal itu diungkapkan Basuki saat meninjau secara langsung progres pembangunan Jalan Tol Japek II selatan yang menghubungkan Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di Jawa Barat, pada Selasa, 20 September 2022 lalu.

Dirinya meminta BUJT melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, yang terbagi menjadi tiga seksi. Yaitu seksi 1 Jati Asih-Setu sepanjang 9,3 km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24, 85 km dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 KM.

Basuki mengungkapkan bahwa dirinya menginstruksikan BUJT untuk menyelesaikan ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 9 km pada Desember 2022.

Baca Juga:Viral Jenazah tak Ada Warga Mengantar sampai Perangkat Desa Turun Tangan, Faktanya Memilukan

“Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang-Kutanegar 9 km pada 9 Desember untuk mendukung arus libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen,,” jelas Basuki.

Basuki juga mengharapkan agar proyek ini bisa selesai seluruhnya tahun 2024 nanti.

“Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. untuk lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024,” jelas Basuki.

Sementeara itu, Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II merupakan proyek strategis nasional yang dibangun melalui dana APBN/APBD, BUMN dan Swasta yang bekerja sama dengan BUJT PT.Jasa Marga dan PT. Wiranusantara Bumi selaku pelaksana konstruksi.

Jalan tol ini akan membentang sepanjang 64 meter dengan biaya investasi sebesar Rp14,69 triliun rupiah dengan masa konsensi 35 tahun.

Baca Juga:Enam Tips Menghilangkan Kantung Mata

Kemudian, secara konstruksi jalan tol Japek II ini akan memiliki tujuh buah gerbang tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.

Pembangunan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, dan pariwisata yang di sepanjang jalan tol tersebut, serta menjadi jalur atau rute alternatif yang digunakan masyarakat saat berpergian dari Jakarta-Bandung atau sebaliknya. (citra safitra)

News

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Unjuk rasa yang dilakukan itu untuk mendukung keputusan penyelenggara kompetisi Liga 1 untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan, usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya

Sport | 21:06 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Dilansir dari situs resmi FIFA, Infantino selaku Presiden FIFA mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban dalam insiden tragis itu.

Sport | 20:22 WIB

Bahkan, akun twitter Mesut Ozil, pemain sepakbola top dunia ikut mengomentari peristiwa memilukan ini. Akun Mesut Ozil mengunggah postingan dengan kata-kata sebagai berikut

News | 18:52 WIB

Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Di saat yang sama, Kepala Negara meminta agar Liga 1 dihentikan sementara.

News | 18:11 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Domu Warandoy tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialaminya pada Sabtu, (01/10).

Metropolitan | 09:50 WIB

Menurut ketua RT, saat keluar rumah, Rizky Billar hanya seorang diri.

Gosip | 17:55 WIB

Inul Daratista ikut membuat konten prank KDRT seperti Baim Wong?

Gosip | 17:46 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait pasal 220 KUHP.

Gosip | 17:30 WIB

Menurut Roy Kiyoshi, Rizky Billar tidak tulus mencintai Lesti Kejora.

Gosip | 17:28 WIB

Adik dari Rafathar itu memang dikenal lucu dan menggemaskan!

Gosip | 17:24 WIB
Tampilkan lebih banyak