Kenali Dampak Buruk Begadang, Tingkatkan Risiko Gangguan Mental

Efek yang paling sering terjadi setelah begadang adalah mengantuk dan lebih sering menguap atau merasa lelah. Yang jika dibiarkan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan serius.

Muzaki
Kamis, 22 September 2022 | 19:06 WIB
Kenali Dampak Buruk Begadang, Tingkatkan Risiko Gangguan Mental
ilustrasi begadang (pixabay)

PURWOKERTO.SUARA.COM- Pasti setiap orang pernah melakukan kegiatan yang satu ini, bahkan ada yang setiap hari. Yups, Begadang. Banyak alasan yang dikatakan bagi orang yang terbiasa begadang.

Ada yang mengerjakan tugas, nonton drama yang berepisode-episode, bahkan karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk begadang. 

Efek yang paling sering terjadi setelah begadang adalah mengantuk dan lebih sering menguap atau merasa lelah. Yang jika dibiarkan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan serius.

Nah ini yang sering diabaikan, karena sudah terbiasa untuk begadang, banyak orang yang melupakan fakta bahwa mereka butuh waktu tidur yang cukup.

Baca Juga:Ganjar Pranowo Dukung Penuh Program Eksnapiter Masuk ke Sekolah-sekolah

Untuk usia dewasa pada umumnya memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam perhari. Kemudian, untuk usia anak-anak, mereka memerlukan waktu tidur selama 10-13 per harinya.

Jika waktu tidur itu tidak terpenuhi karena terbiasa untuk begadang, maka akan muncul masalah kesehatan yang serius dan sangat berpengaruh kepada kondisi fisik dan psikologis. 

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat begadang yang wajib kalian tau, yaitu:

1. Meningkatnya berat badan
Menurut penelitian yang telah dilakukan, orang yang kurang tidur atau sering begadang lebih mudah untuk mengalami kenaikan berat badan, jika dibandingkan dengan orang yang waktu tidurnya tercukupi. Dapat disimpulkan bahwa begadang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada banyak hal yang bisa dijadikan alasan kenapa begadang dapat meningkatkan risiko obesitas pada seseorang. Salah alasannya adalah begadang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Baca Juga:Ingin Menaikan Berat Badan dengan Benar? Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Karena kurang tidur maka tubuh kalian cepat merasa lapar, alhasil pola makan yang dapat dijaga akan sulit untuk dikontrol.

2.Jadi Pelupa
Salah satu efek buruk dari begadang adalah menurunnya ingatan kita atau jadi pelupa. Hal ini terjadi karena saat kalian tidur, jaringan yang ada pada otak akan mengalami regenerasi. Regenerasi inilah yang membuat otak kalian tetap sehat dan fungsi kerja otak dapat terjaga dan penting untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta kemampuan untuk berpikir.

Tapi, yang akan terjadi jika kalian sering begadang maka menurunnya tingkat regenerasi otak. Sehingga, fungsi kerja otak terganggu yang dapat menyebabkan kalian mudah mengantuk, sering melupakan sesuatu dan sulit untuk berkonsentrasi.

3.Dapat meningkatkan risiko gangguan mental
Orang yang sering begadang biasanya beralasan sedang mengalami insomnia atau gangguan tidur. Alhasil, efek panjang dari insomnia ini bisa meningkatkan risiko gangguan mental seperti stress yang terus menerus atau depresi dan gangguan cemas. 

4.Menurunnya sistem imun pada tubuh
Perlu kalian waspadai bagi kalian yang senang melakukan begadang, karena dengan hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun kita loh. Apalagi bagi kalian yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam perhari, maka kalian akan lebih rentan untuk terinfeksi virus atau bakteri yang ada di sekeliling kita.

5.Menurunnya keinginan untuk berhubungan seksual
Efek buruk yang terjadi karena sering begadang selanjutnya adalah menurunnya keinginan untuk berhubungan seksual. Ketika kalian sering begadang, efek umum yang terjadi adalah mudah lelah, mengantuk,  kekurangan energi dan mudah stres. Hal ini lah yang menyebabkan keinginan untuk berhubungan seksual jadi menurun. (citra safitra)

Lifestyle

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

Unjuk rasa yang dilakukan itu untuk mendukung keputusan penyelenggara kompetisi Liga 1 untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan, usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya

Sport | 21:06 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Dilansir dari situs resmi FIFA, Infantino selaku Presiden FIFA mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban dalam insiden tragis itu.

Sport | 20:22 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Domu Warandoy tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialaminya pada Sabtu, (01/10).

Metropolitan | 09:50 WIB

Kepercayaan publik kepada Baim Wong sudah menipis karena dinilai selalu mengulagi kesalahan yang sama meski sudah meminta maaf.

Gosip | 18:29 WIB

Menurut Inul Daratista, apa yang terjadi pada rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar merupakan akibat dari perjodohan warganet.

Gosip | 18:16 WIB

Menurut ketua RT, saat keluar rumah, Rizky Billar hanya seorang diri.

Gosip | 17:55 WIB

Inul Daratista ikut membuat konten prank KDRT seperti Baim Wong?

Gosip | 17:46 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait pasal 220 KUHP.

Gosip | 17:30 WIB
Tampilkan lebih banyak