Rekomendasi Tiga Tempat Ziarah Makam di Banyumas

Kira-kira ziarah makam kemana saja yang bisa kalian tuju ketika berada di Kabupaten Banyumas. Berikut rekomendasi tempat ziarah makam saat kalian berkesampatan berkunjung ke sini.

Muzaki
Kamis, 22 September 2022 | 13:55 WIB
Rekomendasi Tiga Tempat Ziarah Makam di Banyumas
Ilustrasi Ziarah Makam (Antara)

PURWOKERTO.SUARA.COM – Malam Jum’ta adat disebagian wilayah di Jawa Tengah tidak jauh dengan tradisi ziarah  makam. Ini merupakan salah satu bentuk budaya atau adat istiadat bagi sebagian masyarakat yang mafhum ditemui.

Ziarah makam bisa dilakukan dengan mengunjungi makam wali, para ulama atau bisa juga ke makam keluarga. Lalu bagai mana saat kalian menghabis kan waktu saat berada di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. 

Kira-kira ziarah makam kemana saja yang bisa kalian tuju ketika berada di Kabupaten Banyumas. Berikut rekomendasi tempat ziarah makam saat kalian berkesampatan berkunjung ke sini.

1. Makam Syekh Maqdum Wali

Baca Juga:Memiliki Waktu Terbatas, Begini Cara Kerja TikTok Now

Berada di Desa Karangwelas Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas lokasi makam ini berada di jalur masuk berjarak 500 meter arah utara dari Jalan Raya Karanglewas. Saat menuju  komplek makam kalian bisa melalui jalan lingkar Karang Lewas dengan suasan yang asri.

Di komplek pemakaman Syekh Makhdum terdapat tiga makam lain yang bisa kalian kunjungi. Mulai di sebelah utara terdapat makam Senopati Mangkubumi I, sedangkan dua makam yang ada aulanya masing-masing makam Syekh Makhdum Wali yang berdampingan dengan makam Mangkubumi II.

Syekh Makhdum Wali adalah salah seorang bangsawan dan ulama yang ditunjuk Sultan Demak Raden Patah untuk menyiarkan Islam di wilayah Kadipaten Pasir Luhur (sekarang Banyumas). Kala itu Raden Patah meminta agar siar Islam dilakukan dengan dakwah dengan damai tanpa peperangan.

2. Syeikh al-‘Arif Billah KH Abdul Malik bin Ilyas

Kompleks makam selanjutnya yang bisa jadi jujukan untuk ziarah makam di Kota Purwokerto ialah makam Syeikh al-‘Arif Billah KH Abdul Malik bin Ilyas, masyarakat sekitar akrab dengan menyebut beliau Mbah Malik Purwokerto. 

Baca Juga:Keunggulan Fitur di WhatsApp Web yang Jarang Diketahui

Mbah Malik merupakan guru dari Habib Luthfi bin Yahya asal Pekalongan.  Beliau lahir pada 1881 dan wafat pada 1980. Mbah Malik adalah sosok ulama dari Kedungparuk, Kembaran, Banyumas. Tapi juga sering disebut Kedungparuk, Puwokerto. Sehingga, tak jarang Mbah Malik disebut Mbah Malik Kedungparuk.

Makam Mbah Malik berada di Dusun Kedungparuk, Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Bangunan makamnya berada di cungkup tertutup, persis di belakang masjid diwilayah pedukuhan tidak jauh dari pinggiran Sungai Pelus.

3. Syeikh ‘Abdush Shomad

Makam Keramat Wali Syeikh ‘Abdush Shomad, Berada di Dusun Jombor, Desa Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Bagi kalian yang akan datang ke sini maka persiapkan untuk menuju ke perbukitan yang kondisi jalan menuju kompleks makamnya banyak pohon nagasari raksasa berumur ratusan tahun.

Kompleks makam ini setiap waktu selalu ramai dipadati oleh peziarah baik dari Jawa hingga luar Jawa. Sebab Syeikh ‘Abdush Shomad  berasal dari keluarga Kraton Cirebon. Beliau adalah sosok ulama yang hidup sekitar abad ke-16 ini punya garis keturunan dari Pajajaran dan Pasir Luhur dan merupakan cicit Sunan Gunung Jati.

Syeikh ‘Abdush Shomad sendiri juga merupakan eyang buyut dari Syaikh Abdul Malik bin Muhammad Ilyas. Selain Mbah Malik, Syeikh Abdush Shomad juga menurunkan banyak keturunan yang menjadi obor agama di wilayah Banyumas hingga Indonesia, termasuk yang turut serta berperan merebut, mempertahankan hingga mengisi perjuangan NKRI.

Itulah tiga rekomendasi tempat ziarah makam yang ada di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Selamat berziarah, niatkan semuanya untuk ibadah.* (ANIK AS)

Budaya

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Domu Warandoy tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialaminya pada Sabtu, (01/10).

Metropolitan | 09:50 WIB

Sebagian warganet memaklumi dan menganggapnya sekadar salah berbicara, tetapi banyak warganet lain yang mengecam karena dianggap tidak berempati.

Metropolitan | 22:36 WIB

Menurut ketua RT, saat keluar rumah, Rizky Billar hanya seorang diri.

Gosip | 17:55 WIB

Inul Daratista ikut membuat konten prank KDRT seperti Baim Wong?

Gosip | 17:46 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait pasal 220 KUHP.

Gosip | 17:30 WIB

Menurut Roy Kiyoshi, Rizky Billar tidak tulus mencintai Lesti Kejora.

Gosip | 17:28 WIB

Adik dari Rafathar itu memang dikenal lucu dan menggemaskan!

Gosip | 17:24 WIB
Tampilkan lebih banyak