Masjid Tertua di Indonesia Ada di Banyumas, Dibangun Saat Masa Kerajaan Singasari

Salah satu masjid tertua di Indonesia adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam. Masjid tersebut biasa disebut warga sekitar dengan masjid Saka Tunggal

Muzaki
Sabtu, 17 September 2022 | 15:58 WIB
Masjid Tertua di Indonesia Ada di Banyumas, Dibangun Saat Masa Kerajaan Singasari
Masjid Saka Tunggal Baitussalam di Banyumas tampak luar (Instagram @faktaonline)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Salah satu masjid tertua di Indonesia adalah Masjid Saka Tunggal Baitussalam. Masjid tersebut biasa disebut warga sekitar dengan masjid Saka Tunggal.

Masjid Saka Tunggal Baitussalam berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah. Bangunannya berada di tengah suasana pedesaan Jawa yang kental. 

Dikutip dari duniamasjid.islamic.center.com, Masjid Saka Tunggal berukuran 12 x 18 meter. Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di pulau Jawa yang dibangun jauh sebelum era Wali Sembilan (Wali Songo). 

Para Wali Songo hidup sekitar abad 15-16 M. Sedangkan masjid ini didirikan tahun 1288 M, 2 abad sebelum Wali Songo. Hal tersebut menjadikan Masjid Saka Tunggal Baitussalam sebagai Masjid Tertua di Indonesia.

Baca Juga:Aljabar Strategic: Banyak Keuntungan Jika Ada Calon Presiden yang Menjadikan Jokowi sebagai Cawapresnya

Bukti masjid ini dibangun pada tahun 1288 Masehi, yakni karena tahun tersebut tertulis di prasasti yang terpahat di saka masjid itu. Jadi, masjid tersebut lebih tua dari kerajaan Majapahit yang berdiri tahun 1294 Masehi, dan berdiri ketika masa kerajaan Singasari

Sejarah Masjid Saka tunggal tidak lepas terkait dengan Tokoh penyebar Islam di Cikakak, bernama Mbah Mustolih yang hidup dalam Kesultanan Mataram Kuno. Hal tersebut yang menyebabkan unsur Kejawen masih cukup melekat di masjid tersebut. 

Dalam dakwah Islam yang dilakukan, Mbah Mustolih menjadikan wilayah Cikakak sebagai pusat dengan ditandai pembangunan masjid dengan tiang tunggal tersebut. Mbah Mustolih dimakamkan dekat dengan masjid Saka Tunggal. 

Sebagaimana tertera dalam papan keterangan di sekitar masjid, tertulis bahwa Masjid Saka Tunggal Baitussalam yang terletak di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas tersebut merupakan Benda atau Situs Cagar Budaya dengan nomor 11-02/Bas/51/TB/04 dan dilindungi undang undang RI No. 5 tahun 1992 dan PP nomor 10 tahun 1993. (Arif KF

Baca Juga:Ingin Nonton Film Gratis? Ini Daftar Layanan Streaming Film Sub Indonesia

Budaya

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Ruben Onsu mengaku sempat berkirim pesan dengan Lesti Kejora sampai berita soal KDRT heboh dan diceritakan oleh istri Rizky Billar tersebut.

Gosip | 19:03 WIB

Kontrak rumah yang ditempati Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal dua tahun lagi.

Gosip | 18:50 WIB

Millen kembali menggunggah foto seksi ke media sosial Instagram pribadinya.

Gosip | 18:49 WIB

Kepercayaan publik kepada Baim Wong sudah menipis karena dinilai selalu mengulagi kesalahan yang sama meski sudah meminta maaf.

Gosip | 18:29 WIB

Menurut Inul Daratista, apa yang terjadi pada rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar merupakan akibat dari perjodohan warganet.

Gosip | 18:16 WIB
Tampilkan lebih banyak