Tahun 2023 Nilai Dana Transfer ke Daerah Rp 811,7 Triliun, Ini Peruntukannya

Pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer ke daerah mencapai Rp 811, 7 T di tahun 2023

Muzaki
Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:08 WIB
Tahun 2023 Nilai Dana Transfer ke Daerah Rp 811,7 Triliun, Ini Peruntukannya
presiden Jokowi dan istri

PURWOKERTO.SUARA.COM, Pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer ke daerah mencapai Rp 811, 7 T di tahun 2023. Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 di depan anggota DPR RI, Selasa (16/8/2022) yang juga diikuti secara virtual oleh pemerintah daerah. 

Presiden mengatakan, anggaran tersebut dimaksudkan untuk sinergi fiskal antara pemerintah pusat dan daerah. Hal itu juga dimaksudkan untuk implementasi Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah guna mewujudkan beberapa variabel.

“Kami menganggarkan Rp 811,7 T dana transfer ke daerah untuk mewujudkan beberapa faktor,” katanya.

Faktor yang dimaksudkan Presiden diantaranya sektor prioritas, stimulasi dari pajak, menciptakan iklim investasi yang baik dan peningkatan layanan publik dasar.  

Baca Juga:Kram Perut dan Nyeri Saat Haid? Konsumsi Makanan Ini Untuk Mengatasi

Anggaran tersebut dialokasikan untuk beberapa pos seperti Dana bagi hasil sebesar Rp 136,3 T, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 396 T, Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 182, 9 T, Dana Otonomi Khusus sebesar Rp 17,2 T, Dana Keistimewaan Yogyakarta sebesar Rp 1,3 T, Dana Desa sebesar Rp 70 T dan Insentif Fiskal sebesar Rp 8 T.

“Anggaran belanja di tahun 2023 direncanakan sebesar Rp 3.041,7 T. Anggaran kesehatan kami alokasikan Rp 169,8 T yang masih difokuskan pada penanganan pandemi,” ujarnya.

Inflasi Indonesia di tahun 2023 diproyeksikan di angka 3 persen, minyak mentah dunia diproyeksi seharga 90 USD per barrel. Presiden juga menegaskan postur APBN 2023 memperhatikan kemungkinan yang tidak terduga. “Kita juga memperhatikan segala kemungkinan yang tidak terduga sehingga kita lebih siap,”katanya.

Lifestyle

Terkini

Penampilan apik Timnas Indonesia saat melawan Curacao menuai banyak pujian. Timnas dinilai lebih matang dan solid bahkan ketika menghadapi lawan yang levelnya lebih tinggi

Sport | 17:39 WIB

Lingkar Kajian Banyumas (LKB) FISIP Unsoed berkolaborasi dengan Navigator Research Strategic menggelar Rilis Hasil Penelitian dan Diskusi Publik Evaluasi Penanganan Kemiskinan di Kabupaten Banyumas (Studi Kasus Kecamatan Cilongok), Kamis 22 September 2022 di Aula Kantor Kecamatan Cilongok.

News | 17:23 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang pemberani, tak takut berkata jujur, serta tak dapat dikendalikan siapapun.

News | 17:09 WIB

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller, berhasil memenangi balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, pada Minggu, 25 Sepetember 2022. Sedangkan kawan setimnya, Pecco Bagnaia gagal finis di lap terakhir.

Sport | 17:05 WIB

Perpag Kebumen meminta HGB PT Semen Gombong tak diperpanjang

News | 16:47 WIB

Penyihir wanita asal Rusia, Zhanna Kushnir memberikan pengakuan mengejutkan. Perempuan berambut panjang itu mengungkapkan sulitnya menyihir seorang pemeluk Islam (muslim).

News | 12:28 WIB

Federation Internationale de Football Association (FIFA) meminta rumput di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jatim, memiliki kualitas standar sepak bola internasional menjelang Piala Dunia U-20 pada 2023.

Sport | 10:44 WIB

Nelayan di Kabupaten Cilacap menghilang di laut pada Sabtu, 24 September 2022. Kini Tim Basarnas Cilacap masih mencari nelayan yang hilang itu.

News | 10:10 WIB

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan skenario khusus untuk kehadiran seluruh kepala negara anggota G-20, termasuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

News | 22:36 WIB

Pemerintah RI akan menghentikan siaran TV analog (switch off) yang mulai berlangsung pada 30 April 2022 di berbagai daerah. Nantinya penghentian siaran TV analog ini akan dilakukan di seluruh Indonesia paling lambat pada 2 November 2022 mendatang.

News | 22:27 WIB

"Kita dukung untuk terus melanjutkan program Provinsi DKI Jakarta yang lebih baik lagi," ujar Riza.

Metropolitan | 13:42 WIB

"Kalau orang tersenyum saya juga ikut senang," kata Letnan Dua (Letda) Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto, perwira pertama keturunan etnis Tionghoa yang pilih jadi dokter militer.

Metropolitan | 12:57 WIB

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019, harta kekayaan Hendi meningkat drastis setelah menjabat sebagai wali kota.

Metropolitan | 12:01 WIB

Hendrar Prihadi ramai menjadi perbincangan setelah namanya disebut oleh Sekjen PDIP, sebagai salah satu yang memiliki potensi diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Metropolitan | 11:42 WIB

'Beredar video viral, dengan narasi modus seseorang pura-pura ditabrak/ketabrak lalu mengajak ribut korban, dan pelaku berusaha untuk merampas tas milik korban.'

Metropolitan | 09:33 WIB

Chika Jessica mengungkapkan keinginan ibunya yang sedang sakit ginjal kronis untuk melihatnya menikah, tetapi ia juga tidak sanggup hidup tanpa ibunya.

Gosip | 17:00 WIB

Kepada calon ibu mertua, Raffi Ahmad mengaku belum punya uang karena bayaran syuting belum cair.

Gosip | 16:28 WIB

Mpok Atiek menangis menceritakan pengalamannya menyentuh Kabah yang nyaris pingsan karena kesulitan bernapas akibat terhimpit banyak manusia.

Gosip | 16:05 WIB

Bagi Jennifer Jill, Ajun Perwira yang harus bisa beradaptasi dengannya.

Gosip | 15:22 WIB

Chika Jessica tak kuat menahan air matanya ketika menceritakan kondisi sang ibunda yang sedang sakit ginjal kronis sampai cuci darah setiap minggu.

Gosip | 15:08 WIB
Tampilkan lebih banyak