Indonesia Jumpa Vietnam di Final Piala AFF U-16, Taklukan Myanmar 6-5 Lewat Adu Pinalti

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Afgan Dirga
Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:25 WIB
Indonesia Jumpa Vietnam di Final Piala AFF U-16, Taklukan Myanmar 6-5 Lewat Adu Pinalti
Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final. (pssi)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Penentuan pemenang laga dilakukan melalui adu pinalti. Timnas Indonesia menuntaskan pinalti dengan skor 5-4. Dengan demikian skor akhir 6-5.

Coach Bima Sakti telah menyiapkan eksekutor pinalti mengantisipasi jika laga berakhir seri. Mereka yang disipkan dan ditunjuk sebagai algojo antara lain Iqbal, Kaka, Figo, Andrika, dan Riski. Semua sukses menyarangkan gol ke gawang Myanmar.

Baca Juga:Indonesia vs Myanmar Seri 1-1, Hasil Piala AFF U-16

Di babak final, Vietnam telah menunggu. Vietnam lolos ke final usai menaklukan Thailand 2-0 melalui gol Nguyen Cong Phuong menit 29 dan Nguyen Trong Tuan menit 82.

Perjalanan Timnas U-16

Tertinggal di babak pertama bukan pengalaman pertama. Ketika menghadapi Vietnam pada penyisihan babak grup, Timnas mampu comeback dan membalik keadaan menjadi kemenangan 2-1.

Dari pengalaman ini, mental Timnas tampaklebih kuat menghadapi tekanan. Mentalitas ini yang dibutuhkan untuk membalik keadaan pada semifinal ini. Sebab, ini menjadi laga hidup mati bagi Timnas.

Tim U-16 memastikan diri lolos dari fase grup setelah tiga kemenangan dan memimpin Grup A. selama perjalanan Garuda Asia di gelaran Piala AFF U-16, Filipina dihajar 2-0, sementara Singapura dihancurkan dengan skor telah 9-0, yang terakhir adalah comeback istimewa 2-1 saat melawan Vietnam, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8).

Baca Juga:Rincian Gaji dan Tunjangan Jenderal Polri, Berapa Gaji Ferdy Sambo?

Vietnam mendapat penalti lebih dahulu pada menit ke-40. Le Dinh Long Vu dilanggar Rizdjar Nurviat dari belakang di kotak terlarang. Kapten Nguyen Cong Phuong bisa mengeksekusi penalti mejadi gol, dengan mengecoh kiper Andika Fathir.

Pada menit ke-52, gol penyama kedudukan akhirnya lahir. Berawal dari tusukan Narendra Tegar di sisi kiri, umpan bisa dilepaskan, dan diteruskan dengan tandukan Arkhan Kaka Putra Purwanto. Gol, Indonesia vs Vietnam kini 1-1.

Tak lama berselang, Indonesia bisa membalikkan keadaan. Pada menit ke-55, giliran Nabil Asyura bisa menuntaskan umpan terobosan dengan sepakan, yang gagal dibendung Pham Dinh Hai. Skor menjadi 2-1.

“Begitu turun minum, di ruang ganti saya sampaikan, bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berjuang membela bangsa dan negara,” kata Bima Sakti.

“Tampil lebih maksimal lagi, manfaatkan peluang, dan kurangi kesalahan. Alhamdulillah kami bisa mencetak gol di awal-awal (babak kedua),” sambungnya.

Sport

Terkini

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Bahkan, akun twitter Mesut Ozil, pemain sepakbola top dunia ikut mengomentari peristiwa memilukan ini. Akun Mesut Ozil mengunggah postingan dengan kata-kata sebagai berikut

News | 18:52 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Ruben Onsu mengaku sempat berkirim pesan dengan Lesti Kejora sampai berita soal KDRT heboh dan diceritakan oleh istri Rizky Billar tersebut.

Gosip | 19:03 WIB

Kontrak rumah yang ditempati Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal dua tahun lagi.

Gosip | 18:50 WIB

Millen kembali menggunggah foto seksi ke media sosial Instagram pribadinya.

Gosip | 18:49 WIB

Kepercayaan publik kepada Baim Wong sudah menipis karena dinilai selalu mengulagi kesalahan yang sama meski sudah meminta maaf.

Gosip | 18:29 WIB

Menurut Inul Daratista, apa yang terjadi pada rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar merupakan akibat dari perjodohan warganet.

Gosip | 18:16 WIB
Tampilkan lebih banyak