Rekomendasi 4 Lokasi Favorit Mountain Bike, Trek Menantang dengan Pemandangan Menawan

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Muzaki
Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Rekomendasi 4 Lokasi Favorit Mountain Bike, Trek Menantang dengan Pemandangan Menawan
Trek Mountain Bike di Tangerang (istimewa)

PURWOKERTO.SUARA.COM - Salah Satu kegiatan olahraga yang bisa sekaligus menikmati pemandangan alam dan yang cukup banyak peminatnya di Indonesia adalah mountain bike

Mountain bike banyak peminatnya karena selain dikenal menantang, juga menyenangkan. 

Para penikmat mountain bike biasanya mengunjungi perbukitan yang penuh dengan rintangan sehingga memacu adrenalin. 

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Baca Juga:20 Ton Gula Kelapa Purbalingga Diekspor ke Malaysia, Nilainya Setengah Miliar

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar lokasi favorit untuk berolahraga mountain bike di Indonesia:

1. Wonogondang (Yogyakarta)

Lokasi favorit pertama pecinta mountain bike di Indonesia adalah Wonogondang, Sleman, DI. Yogyakarta. 

Wonogondang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, dan dikenal dengan trek mountain bike yang unik karena sebagian terbentuk dari proses alami. 

Selain menantang dan memiliki pemandangan indah, trek Wonogondang sudah sering digunakan sebagai venue kejuaraan nasional maupun internasional. Salah satunya sebagai tempat kejuaraan ASEAN MTB Cup Seri II 2015.

Baca Juga:Karyawan Pabrik di Sragen Meninggal Tersangkut Mesin Konveyor

2. Sidomukti (Semarang)

Lokasi mountain bike di Indonesia berikutnya yang tidak kalah menantang adalah Sidomukti, Semarang, Jawa Tengah. Meskioun panjang lintasan tidak terlalu panjang, yakni hanya sekitar 1,5 kilometer, tetapi lintasan mountain bike di sini termasuk trek dengan obstacle yang sangat menantang.

Beberapa trek yang menantang bisa memacu adrenalin di antaranya berupa jembatan, speed jump, rock garden, double jump, dan banyak lagi. Trek Sidomukti ini sudah pernah menjadi venue Kejuaraan Nasional 76 Indonesian Downhill 2016.

3. Cihuni (Tangerang)

Di daerah Banten khususnya Tangerang satu lokasi mountain bike yang menarik untum dikunjungi, yaitu trek Cihuni. Diketahui, setiap trek bersepeda di lokasi imi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Contohnya, trek Cihuni Hill Park 1 yang terletak di sebuah bukit di Desa Cijantra atau familier dikenal dengan Gunung Batu. Meski jalurnya tergolong tidak terlalu panjang, namun bersepeda di Cihuni cukup menguras energi, karena treknya berliku dan penuh tanjakan serta turunan bersambung.

Meski demikian, udara sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata dapat menyegarkan tubuh sekaligus menghilangkan rasa lelah.

4. Cikole (Bandung)

Lokasi favorit keemoat atau yang terakhir  untuk mountain bike di Indonesia adalah Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Trek Cikole masih sering menjadi incaran para pecinta sepeda gunung karena memiliki jalur yang cukup menantang.

Trek Cikole memiliki dua jalur sepeda favorit. Pertama adalah trek Downhill Mountain (DM) yang dilengkapi berbagai rintangan. Kedua, trek 'All Mountain' (AM) yang didominasi tanah dan bebatuan kecil sepanjang 16,5 kilometer.

Trek cikole membentang di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dan melewati area hutan pinus Cikole. Trek mountain bike di Cikole sudah pernah digunakan pada ajang PON 2015 dan menjadi trek Teras CAF 1st Series 2021 pada tanggal 2-3 Oktober tahun lalu.

Itulah empat lokasi favorit olahraga mountain bike di Indonesia. Jika Anda pecinta olahraga menantang itu, trek-trek tersebut perlu dicoba. (Arif KF)

Lifestyle

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

Unjuk rasa yang dilakukan itu untuk mendukung keputusan penyelenggara kompetisi Liga 1 untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan, usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya

Sport | 21:06 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Dilansir dari situs resmi FIFA, Infantino selaku Presiden FIFA mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban dalam insiden tragis itu.

Sport | 20:22 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Domu Warandoy tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialaminya pada Sabtu, (01/10).

Metropolitan | 09:50 WIB

Sebagian warganet memaklumi dan menganggapnya sekadar salah berbicara, tetapi banyak warganet lain yang mengecam karena dianggap tidak berempati.

Metropolitan | 22:36 WIB

Menurut ketua RT, saat keluar rumah, Rizky Billar hanya seorang diri.

Gosip | 17:55 WIB

Inul Daratista ikut membuat konten prank KDRT seperti Baim Wong?

Gosip | 17:46 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait pasal 220 KUHP.

Gosip | 17:30 WIB

Menurut Roy Kiyoshi, Rizky Billar tidak tulus mencintai Lesti Kejora.

Gosip | 17:28 WIB

Adik dari Rafathar itu memang dikenal lucu dan menggemaskan!

Gosip | 17:24 WIB
Tampilkan lebih banyak