982 Warga Solo Terinfeksi HIV/AIDS, Sebagian Remaja Akibat Pengaruh Medsos

Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia.

Muzaki
Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:59 WIB
982 Warga Solo Terinfeksi HIV/AIDS, Sebagian Remaja Akibat Pengaruh Medsos
hiv aids

PURWOKERTO.SUARA.COM, SURAKARTA- Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia. 

Jumlah kasus terinfeksi HIV/AIDS ini terhitung sejak tahun 2005 silam. Bahkan baru-baru ini,  telah ditemukan HIV/AIDS menginfeksi sejumlah remaja di Kota Solo. Penularan tersebut disebabkan oleh dampak negatif media sosial yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas, sehingga terjadilah penularan. 

 Untuk mencegah penularan HIV/AIDS di kalangan remaja di Kota Solo, KPA Solo menggandeng pramuka di sekolah-sekolah untuk bekerja sama dalam melakukan pencegahan HIV/AIDS. 

Beberapa agenda akan digelar, seperti melakukan sosialisasi atau seminar edukasi mengenai pencegahan HIV/AIDS yang melibatkan perwakilan pramuka dari masing-masing kecamatan. 

Baca Juga:20 Ton Gula Kelapa Purbalingga Diekspor ke Malaysia, Nilainya Setengah Miliar

Selain itu, Pemkot Solo juga rutin melakukan VCT terhadap para pekerja hiburan malam, demi menekan dan mencegah penularan HIV/AIDS di Kota Solo

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sebuah Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh semakin melemah dan rentan terserang penyakit. HIV yang tidak segera ditangani dengan cepat, akan berkembang menjadi AIDS. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sebuah kondisi dimana HIV sudah pada tahap stadium akhir. 

Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh seseorang tersebut sudah tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. 

Gejala dari HIV/AIDS berbeda-beda dari setiap stadium nya. Pada stadium pertama, gejala HIV awal masih tidak terasa. Pada fase ini disebut sebagai HIV asimtomatik. Fase ini belum masuk kategori AIDS karena belum menunjukkan gejala. Apabila ada gejala, yang biasanya terjadi adalah pembengkakan kelenjar getah bening di beberapa bagian tubuh seperti ketiak, leher, dan lipatan paha. Penderita Orang Dalam HIV AIDS (ODHA) pada fase ini masih terlihat sehat dan normal. 

Pada stadium kedua, daya tahan tubuh ODHA pada fase ini mulai menurun. Beberapa gejala juga mulai bermunculan, seperti penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, infeksi saluran pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis, radang telinga dan radang tenggorokan, infeksi jamur pada kuku dan jari-jari, herpes zoster yang timbul kulit berisi air dan terjadi berulang kali selama lima tahun, gatal pada kulit, dermatitis, radang mulut, dan stomatitis (sariawan di ujung bibir).

Baca Juga:Gak Salah Bareskrim Tunjuk Bang Gondrong Jadi Pengacara Bharada E, Berani Hadapi Tekanan

Terdapat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan masyarakat bisa terkena atau tertular HIV/AIDS. Di Indonesia, penyebaran HIV/AIDS paling banyak disebabkan melalui hubungan seks bebas. Juga bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Seseorang yang telah terinfeksi HIV/AIDS bisa berpotensi menularkannya kepada orang lain. Bahkan sejak beberapa minggu setelah terinfeksi. Semua orang bisa berisiko terinfeksi HIV/AIDS. 

Seseorang yang telah terinfeksi dan terdiagnosis HIV harus segera mendapatkan pengobatan berupa Antiretroviral (ARV) yang bekerja untuk mencegah virus HIV ini menggandakan diri sel CD4. Pengobatan ini juga dapat digunakan untuk hamil dalam mencegah penularan HIV ke janin. 

News

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Unjuk rasa yang dilakukan itu untuk mendukung keputusan penyelenggara kompetisi Liga 1 untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan, usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya

Sport | 21:06 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Dilansir dari situs resmi FIFA, Infantino selaku Presiden FIFA mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban dalam insiden tragis itu.

Sport | 20:22 WIB

Bahkan, akun twitter Mesut Ozil, pemain sepakbola top dunia ikut mengomentari peristiwa memilukan ini. Akun Mesut Ozil mengunggah postingan dengan kata-kata sebagai berikut

News | 18:52 WIB

Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Di saat yang sama, Kepala Negara meminta agar Liga 1 dihentikan sementara.

News | 18:11 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Ruben Onsu mengaku sempat berkirim pesan dengan Lesti Kejora sampai berita soal KDRT heboh dan diceritakan oleh istri Rizky Billar tersebut.

Gosip | 19:03 WIB

Kontrak rumah yang ditempati Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal dua tahun lagi.

Gosip | 18:50 WIB

Millen kembali menggunggah foto seksi ke media sosial Instagram pribadinya.

Gosip | 18:49 WIB

Kepercayaan publik kepada Baim Wong sudah menipis karena dinilai selalu mengulagi kesalahan yang sama meski sudah meminta maaf.

Gosip | 18:29 WIB

Menurut Inul Daratista, apa yang terjadi pada rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar merupakan akibat dari perjodohan warganet.

Gosip | 18:16 WIB
Tampilkan lebih banyak