Bupati Borong 15 Lukisan Jenderal Soedirman Karya Pelukis Purbalingga

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Afgan Dirga
Selasa, 09 Agustus 2022 | 07:43 WIB
Bupati Borong 15 Lukisan Jenderal Soedirman Karya Pelukis Purbalingga
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (pemkab purbalingga)

PURWOKERTO.SUARA.COM, PURBALINGGA - Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Program Melukis Soedirman menghadirkan 15 foto Jenderal Soedirman dalam sejumlah momen penting pasca-kemerdekaan. Mulai dari momen pelantikan Jenderal Soedirman dilantik menjadi pemimpin tertinggi Tentara Republik Indonesia hingga masa gerilya.

Melukis Soedirman dilaksanakan di Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman, Minggu 7 Agustus 2022. Program melukis bersama tersebut menjadi bagian dari Festival Film Purbalingga (FFP) 2022 sekaligu Semarak HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ada sekitar 60 foto yang terkumpul dari berbagai sumber. Namun, akhirnya dikurasi menjadi 15 foto untuk dilukis oleh para pelukis. “Kami pilih materinya berdasarkan momen, sumber informasi serta kualitas foto,” jelas Bangkit Wismo, tim kurasi foto.

Baca Juga:Kronologi Mobil Pick Up Masuk Jurang di Cibeureum Ciamis, 7 Orang Tewas

Program Melukis Soedirman dirancang menjadi ruang berekspresi para pelukis serta ruang apresiasi dari masyarakat. Akan tetapi juga sebagai program yang dikemas sebagai atraksi budaya dan pariwisata.

“Jadi, para pelukis tidak hanya menampilkan kreativitasnya, akan tetapi juga dituntut untuk bisa berinteraksi dengan pengunjung yang bertanya,” imbuh Bangkit.

Bambang Basuki senang bisa mengekspresikan rasa bangganya terhadap Jenderal Soedirman dalam sebuah lukisan. “Bangga sekali,” kata Bambang Basuki.

Sementara Suratno menyebut program Melukis Soedirman membantu pelukis untuk menuangkan ide sekaligus ruang silaturahmi sesama pelukis di Purbalingga.

“Acara ini menarik sekali. Ternyata di Purbalingga banyak pelukis yang berbakat,” kata salah satu pengunjung, Chomsatun.

Baca Juga:Perjalanan Politik TGB Zainul Majdi, Ahli Tafsir Qur'an yang Kini Jadi Ketua Harian Perindo

Direktur CLC Purbalingga sekaligus Penasehat FFP 2022, Bowo Leksono menjelaskan, para pelukis nantinya akan menyelesaikan lukisannya di rumah masing-masing. Setelah benar-benar selesai, hasil karya dari Melukis Soedirman akan dipamerkan di sejumlah titik.

“Rencananya, akan ada pameran di empat titik, pada bulan September. Tiga di wilayah kecamatan dan satu lagi di Bioskop Misbar Purbalingga,” jelas Bowo Leksono.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melihat proses kreatif Melukis Soedirman. Bupati Tiwi tampak senang dengan upaya para pelukis di Purbalingga untuk menggelorakan semangat Purbalingga Bumi Soedirman.

“Nanti saya jamin, OPD dan BUMD di Kabupaten Purbalingga akan membeli semua lukisan karya Melukis Soedirman ini,” kata Bupati Tiwi.

Budaya

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, pihaknya akan segera menyidangkan kasus ini. Sanksi berat menanti untuk Arema FC yang menjadi tuan rumah pertandingan maut itu.

News | 10:49 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

"Kebetulan aku tidak mengambil gaji aku," kata Prilly Latuconsina di akun YouTube Cumicumi.

News | 08:50 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Kabar duka kembali datang dari laut selatan di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah sebelumnya dua orang nelayan hanyut di laut selatan, kini seorang anak dilaporkan hanyut terseret arus laut di Pantai Sodong, Minggu 2 Oktober 2022.

News | 06:20 WIB

Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana menuliskan pernyataan resmi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 di akun Instagram @juragan_99.

News | 21:58 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak pernah sepi dari pembicaraan kalau sudah masuk media sosial. Baru-baru ini Ganjar mengunggah foto sensasional; foto di bawah baliho Puan Maharani, petinggi PDI Perjuangan yang belakangan gencar menyerang Ganjar.

News | 21:35 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Domu Warandoy tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialaminya pada Sabtu, (01/10).

Metropolitan | 09:50 WIB

Sebagian warganet memaklumi dan menganggapnya sekadar salah berbicara, tetapi banyak warganet lain yang mengecam karena dianggap tidak berempati.

Metropolitan | 22:36 WIB

Inul Daratista ikut membuat konten prank KDRT seperti Baim Wong?

Gosip | 17:46 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait pasal 220 KUHP.

Gosip | 17:30 WIB

Menurut Roy Kiyoshi, Rizky Billar tidak tulus mencintai Lesti Kejora.

Gosip | 17:28 WIB

Adik dari Rafathar itu memang dikenal lucu dan menggemaskan!

Gosip | 17:24 WIB

Baim Wong dilaporkan meski sudah minta maaf terkait konten prank kasus KDRT.

Gosip | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak