Unik! Pemilihan Ketua RT di Desa Beji Gunakan Sistem Pemilu

Pemilihan Ketua RT di RT 02 RW 13 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng berlangsung meriah di TK Diponegoro Beji pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Afgan Dirga
Minggu, 07 Agustus 2022 | 15:51 WIB
Unik! Pemilihan Ketua RT di Desa Beji Gunakan Sistem Pemilu
Pemilihan Ketua RT di RT 02 RW 13 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng berlangsung meriah di TK Diponegoro Beji pada Minggu, 7 Agustus 2022. (Istimewa)

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANYUMAS - Posisi Ketua Rukun Tetangga (RT) bukan posisi favorit. Sebab, menjadi Ketua RT berarti full pengabdian, bahkan tak jarang justru mendapat cemoohan entah karena dianggap kuarang adil saat pembagian bantuan sosial atau hal lainnya.

Menjadi Ketua RT juga berarti harus siap menjadi ujung tombak kepentingan Pemerintah Desa dan tak jarang menjadi ujung tombok pada hal-hal tertentu. 

Karena itu tidak mudah mengajak warga menjadi untuk menjadi pengurus atau bahkan Ketua RT. Namun di RT 02 RW 13 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, pemilihan Ketua RT justru berlangsung meriah pada Minggu, 7 Agustus 2022.  

Pada pemilihan Ketua RT yang berlangsung di TK Diponegoro Beji ini, ada enam calon yang ikut pemilihan Ketua RT. Mereka antara lain Ari Suwandi, Rahmat Setiabudi, Kamil Romdhoni, RIzqi Ichtiar, Makmur Assidiq, dan Mufti Setiawan.

Baca Juga:Dalam Pengembangan, Fitur Terbaru WhatsApp Cegah Akun Dihack

Pemilihan Ketua RT di sini dilaksanakan persis layaknya pemilihan umum (pemilu) pejabat publik seperti bupati, gubernur atau presiden. Ada TPS, ada bilik untuk mencoblos calon Ketua RT, dan ada panitia pemungutan suara yang mengenakan pakaian tradisional jawa.

Tak hanya itu, pelaksanaan pemilihan ketua RT di sini juga penuh hiburan dan doorprize untuk warga yang datang ke TPS. Karena unik, pemilihan Ketua RT di RT 02 RW 13 Desa Beji dihadiri Kadus II dan Kepala Desa Bejim dan BPD.
 
"Kok bisa ya sekadar pemilihan RT bisa dikemas apik. Kami sangat mendukung karena ini bisa jadi inspirasi untuk RT-RT yang lain," kata Kepala Desa Beji, Salikun.

Khadirin, Ketua RT lama yang juga panitia menjelaskan, setidaknya ada empat makna dalam pemilihan Ketua RT yang sengaja diselenggarakan secara tidak biasa. Pertama sebagai kebutuhan reorganisasi karena masa bakti kepengurusan lama telah usai.

Kedua sebagai hiburan untuk warga yang bertepatan dengan momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Ketiga sebagai wahana edukasi proses demokrasi yang sesungguhnya, tanpa ada bandar maupun politik uang.

"Keempat sebagai kritikan halus bahwa Pemdes harus meningkatkan perhatian dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan RT. Misalnya ada bengkok untuk kas RT, bukan ketua RT. Sebab selama ini dana operasional dan lainnya full dari iuran warga," kata dia. 

Baca Juga:Pentingnya Rasa Bahagia Bagi Ibu Menyusui, Ini Penjelasannya

Pemilihan Ketua RT ini juga hasil gotong royong warga dan pelaku UMKM di lingkungan Desa Beji. 

News

Terkini

pihaknya bakal menerima sanksi yang akan diberikan Komdis PSSI. Meski sejauh ini, pihaknya belum menerima pemberitahuan sanksi apa yang akan diterima secara resmi.

Sport | 12:12 WIB

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi perhatian pada tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Melalui rekaman video singkat, ia mengucapkan belasungkawa untuk para korban yang meninggal pada tragedi Kanjuruhan.

Sport | 09:35 WIB

manfaat tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui

Lifestyle | 08:47 WIB

Saat anak telah memiliki pikiran yang kritis sejak dini maka anak dapat lebih mudah memahami diri sendiri, mampu memecahkan masalah dan menerima perbedaan

Lifestyle | 08:11 WIB

Doa keselamatan bisa diamalkan sebelum berpergian atau saat melakukan perjalanan. Ada beberapa doa yang dikenal dalam umat Islam

Lifestyle | 08:06 WIB

Unjuk rasa yang dilakukan itu untuk mendukung keputusan penyelenggara kompetisi Liga 1 untuk menghentikan sementara seluruh pertandingan, usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya

Sport | 21:06 WIB

Pemerintah bentuk Neraca Komoditas yang berisi data dan informasi komoditas tertentu

News | 20:59 WIB

Dilansir dari situs resmi FIFA, Infantino selaku Presiden FIFA mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan teman korban dalam insiden tragis itu.

Sport | 20:22 WIB

Bahkan, akun twitter Mesut Ozil, pemain sepakbola top dunia ikut mengomentari peristiwa memilukan ini. Akun Mesut Ozil mengunggah postingan dengan kata-kata sebagai berikut

News | 18:52 WIB

Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Di saat yang sama, Kepala Negara meminta agar Liga 1 dihentikan sementara.

News | 18:11 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Lirik lagu tersebut menggambarkan kerinduan terhadap bulan purnama, sesuai dengan judulnya

Metropolitan | 14:23 WIB

Tertutup rapat, puluhan hingga ratusan orang terjebak saling berdesakan di depan pintu keluar.

Metropolitan | 12:52 WIB

Kontrak rumah yang ditempati Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal dua tahun lagi.

Gosip | 18:50 WIB

Millen kembali menggunggah foto seksi ke media sosial Instagram pribadinya.

Gosip | 18:49 WIB

Kepercayaan publik kepada Baim Wong sudah menipis karena dinilai selalu mengulagi kesalahan yang sama meski sudah meminta maaf.

Gosip | 18:29 WIB

Menurut Inul Daratista, apa yang terjadi pada rumah tangga Lesti Kejora dan Rizky Billar merupakan akibat dari perjodohan warganet.

Gosip | 18:16 WIB

Menurut ketua RT, saat keluar rumah, Rizky Billar hanya seorang diri.

Gosip | 17:55 WIB
Tampilkan lebih banyak