Habis Citilink Terbitlah Wings Air, Ini Jurus Bupati Purbalingga Biar Bandara JB Soedirman Laris Manis

Maskapai penerbangan Wings Air, anak perusahaan Lion Air Group, mendarat perdana di Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jumat 5 Agustus 2022.

Afgan Dirga
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 16:46 WIB
Habis Citilink Terbitlah Wings Air, Ini Jurus Bupati Purbalingga Biar Bandara JB Soedirman Laris Manis
Bupati Purbalingga melabaikan tangan saat melepas keberangkatan pesawat Wings Air yang per hari ini melayani penerbangan Bandara JB Soedirman-Pondok Cabe, Jumat 5 Agustus 2022. (Afgan Dirga)

PURWOKERTO.SUARA.COM, PURBALINGGA - Optimisme itu sempat mengembang ketika Citilink, maskapai penerbangan di bawah Garuda Indonesia, mendarat untuk kali pertama di Bandara JB Soedirman Purbalingga tahun lalu. Bandara Soedirman akan menjadi gerbang udara, pintu keluar dan masuk Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

Namun optimisme itu perlahan redup seiring sepinya peminat transportasi jalur udara. Resesi akibat pandemi Covid-19, polemik di internal Garuda, dan tarik ulur pengelolaan Bandara Halim Perdana Kusuma antara Lion Air dengan Angkasa Pura II menjadi sederet faktor yang membuat penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman Purbalingga sepi hingga sempat berhenti beroperasi.

Hari ini, Jumat 5 Agustus 2022, optimisme itu seakan mekar kembali setelah layu untuk sekian purnama. Hari ini giliran Wings Air, anak perusahaan Lion Air Group, yang mendarat perdana di Bandara JB Soedirman Purbalingga.

Bukan dari Bandara Halim, Wings Air akan melayani penerbangan dari Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan ke Bandara JB Soedirman Purbalingga. Penerbangan tersedia setiap hari Jumat.

Baca Juga:Dua Pasien Tewas Akibat Kebakaran Rumah Sakit Jiwa di Solo

Untuk jadwal penerbangan Wings Air dari Pondok Cabe menuju Purbalingga dengan nomor penerbangan IW-1710, pesawat berangkat setiap hari Jumat pukul 08.20 dan tiba di tujuan pukul 09.30 WIB.

Jadwal penerbangan dari Purbalingga ke Pondok Cabe dengan nomor penerbangan IW-1711 pesawat terbang setiap hari Jumat pukul 09.50 WIB dan tiba pukul 11.00 WIB.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, tersenyum gembira menyambut pembukaan kembali penerbangan ke Bandara JB Soedirman Purbalingga. Ia bahkan rela dibuat menunggu demi menyambut babak baru Bandara JB Soedirman Purbalingga.

Untuk menjaga keberangsungan bandara, Tiwi, begitu ia biasa disapa, sudah menyiapkan empat jurus jitu. Jurus pertama adalah kolaborasi antar pemerintah kabupaten di bidang pariwisata.

Purbalingga, Pemalang dan Banyumas telah sepakat membangun jalur transportasi yang menghubungkan tiga objek wisata di tiga kabupaten. Jalan itu ialah jalan penghubung tujuan wisata Baturraden, D'Las Serang, dan wisata alam di Pemalang.

Baca Juga:Tewas Terlilit Jaring Ikan Sendiri, Warga Kebumen Ditemukan di Dasar Sungai Luk Ulo

Kolaborasi ini bertujuan memikat wisatawan dari berbagai daerah melalui paket wisata terintegrasi. Kolaborasi diharapkan memperbesar daya tarik wisata bagi pelancong luar daerah. 

Jurus kedua yaitu menggelar event bertaraf nasional yang mampu menarik minat wisatawan nasional bahkan internasional. 

Jurus ketiga dengan menginstruksikan para pejabat di setiap kantor dinas agar menggunakan pesawat ketika dinas ke luar kota. Untuk memastikan instruksi dijalankan, Tiwi telah mengalokasikan anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah untuk perjalanan dinas menggunakan pesawat.

Jurus keempat adalah mendorong sektor swasta untuk turut meramaikan penerbangan dari dan ke Purbalingga. Ini terutama untuk kalangan pebisnis yang membutuhkan mobilitas yang cepat dan sat set.

Tiwi optimistis, keberadaan bandara JB Soedirman bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan yang meliputi Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Banjarnegara. Begitu besar harapan Tiwi, hingga ia melepas keberangkatan pesawat Wings Air. Ia melabaikan tangan tanda perpisahan. Berpisah untuk bertemu kembali, bukan perpisahan untuk selamanya.

News

Terkini

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

News | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak