Jejak Darto Helm, Pelawak yang Meniti Karir dari Grup Ketoprak di Purwokerto

Ini pula yang membuat dirinya mudah diingat dan memiliki ciri khas tersendiri.Lawakannya cerdas tapi tetap menghibur. Berbeda dengan lawakan dan hiburan zaman sekarang yang mengumbar kemesuman dan kecabulan. Darto Helm adalah kebanggan Banyumas, daerah muasalnya.

Khoirul Muzaki
Kamis, 07 Juli 2022 | 07:24 WIB
Jejak Darto Helm, Pelawak yang Meniti Karir dari Grup Ketoprak di Purwokerto
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, Nama Darto Helm cukup popular bagi masyarakat di era 1970-1980 an. Ia pelawak legendaris Indonesia yang tergabung dalam grup lawak Bagyo CS bersama S. Bagio, Diram. dan Sol Saleh.  

Ia tampil dengan rambut tak penuh (botak). Hingga sekilas ia terlihat mengenakan penutup kepala atau menyerupai helm. 

Ini pula yang membuat dirinya mudah diingat dan memiliki ciri khas tersendiri. 

Lawakannya cerdas tapi tetap menghibur. Berbeda dengan lawakan dan hiburan zaman sekarang yang mengumbar kemesuman dan kecabulan. Darto Helm adalah kebanggan Banyumas, tdaerah muasalnya. 

Baca Juga:Isu Akun Calon Peserta Didik pada PPDB Diretas, Ganjar Pranowo Bereaksi

Dikutip dari Purwokertokita.com, tulisan ini merupakan kiriman dari Ade Yulia yang sempat mewawancarai langsung saudara Darto Helm. 

Darto Helm mulai mengenal dunia lawak sejak tahun 1973. Ia lahir dengan nama Sudarto, tahun 1943 di Purwokerto.

Ia lahir dari keluarga seniman. Ayahnya, S Minoto Harjo dan sepuluh bersaudara keluarga itu termasuk Darto Helm merupakan seniman. Tak hanya seni teater, mereka juga jago seni tari.

 “Selepas SMA, Mas Darto bergabung dengan grup wayang orang milik ayahnya yang bernama Sri Surya,” kata Widyono, adik kandung Darto Helm.

Dalam ketoprak, Darto selalu berperan sebagai Bagong dan jarang mendapat peran serius. Darto muda rupanya juga seorang penyanyi pada grup band bernama Bumulung. 

Baca Juga:Jelang Puncak Haji, Jamaah Wafat 22 Orang, sakit 120 Orang

Sayang, kejayaan seni ketoprak meredup semenjak muncul film-film layar lebar yang tak lagi hitam putih. Tahun 1971, Sri Surya bangkrut.

Darto kemiudian mencari peruntungan di Jakarta. Awalnya dia terobsesi ingin menjadi penyanyi. 

Namun nasib berkata lain, di Jakarta, Darto justru kembali menekuni seni ketoprak dalam grup Adiluhung.

Hingga  ia tergabung dalam drama komedi televisi bertajuk Kwartet ANDA, singkatan dari Atmonadi, Nety Herawati, Darto, dan Asfal Fuad.

“Pada era itu, ada grup komedi bernama Kwartet Jaya. Di dalamnya ada Bing Slamet yang menggabungkan nyanyian dengan komedi. Dan mas Darto terinspirasi grup itu,” ujarnya.

Darto yang juga hobi menyanyi termotivasi membentuk grup serupa. Gayung bersambut, Bagyo yang juga berasal dari Banyumas meminta Darto bergabung dalam grup komedinya bernama Bagyo cs.

Awal penyebutan nama Darto Helm berawal dari sini. Dalam sebuah pentas komedinya, Bagyo cs pernah mengangkat tema Helm yang saat itu kontroversial. Kala itu Kapolri mewajibkan semua pengendara memakai helm untuk pertama kalinya. 

Dalam salah satu adegan, Bagyo menegur Darto yang tak sopan karena memakai helm ketika masuk ke rumah. 

Padahal Darto tidak sedang memakai helm. Hanya kepalanya yang setengah pelontos membuatnya sekilas mirip menggunakan helm. 

"Bagyo pun kemudian sadar Darto tak memakainya, ketika memegang kepala Darto,” katanya. 

Mulai semenjak itulah, Darto dikenal sebagai Darto Helm.

Grup Bagyo cs semakin berjaya. Terutama setelah meredupnya Kwartet Jaya sepeninggal Bing Slamet. Karir Darto di industri hiburan tanah air melejit. Hingga mereka beradu akting dalam film yang pertama kali dibintangi Darto, berjudul Buah Bibir. Pada tahun 1978, Darto menjadi pemain utama bertitel Tuyul yang syuting di Australia.

Banyak cara yang lebih elegan untuk membuat penonton tertawa. Bagyo cs memilih tidak mengeksploitasi fisik pemainnya sebagai bahan lawakan. Menurutnya, melawak tak harus eksploitasi fisik,  tapi dengan gaya dan seni lawak yang berkualitas.

Lifestyle

Terkini

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Jika ditotal maka pendapatan keseluruhan gaji pokok ditambah tunjangan yang diterima oleh Ferdy Sambo sekitar Rp 32 hingga 34 juta per bulannya.

News | 21:54 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia.

News | 20:59 WIB

Tapi kita pengacara berpegang pada kebenaran, pada peraturan UU. Sepanjang yang dijalankan benar, jalan terus,katanya

News | 20:31 WIB

Sebanyak 20 ton gula semut produksi UMKM Purbalingga diekspor ke Malaysia.

News | 20:28 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Seorang karyawan CV Building Matrial Contruction, Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen mengalami kecelakaan tragis, Rabu (10/8/2022). Ia ditemukan meninggal di tempat kerja.

News | 19:25 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

News | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak