Jejak Darto Helm, Pelawak yang Meniti Karir dari Grup Ketoprak di Purwokerto

Ini pula yang membuat dirinya mudah diingat dan memiliki ciri khas tersendiri.Lawakannya cerdas tapi tetap menghibur. Berbeda dengan lawakan dan hiburan zaman sekarang yang mengumbar kemesuman dan kecabulan. Darto Helm adalah kebanggan Banyumas, daerah muasalnya.

Khoirul Muzaki
Kamis, 07 Juli 2022 | 07:24 WIB
Jejak Darto Helm, Pelawak yang Meniti Karir dari Grup Ketoprak di Purwokerto
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, Nama Darto Helm cukup popular bagi masyarakat di era 1970-1980 an. Ia pelawak legendaris Indonesia yang tergabung dalam grup lawak Bagyo CS bersama S. Bagio, Diram. dan Sol Saleh.  

Ia tampil dengan rambut tak penuh (botak). Hingga sekilas ia terlihat mengenakan penutup kepala atau menyerupai helm. 

Ini pula yang membuat dirinya mudah diingat dan memiliki ciri khas tersendiri. 

Lawakannya cerdas tapi tetap menghibur. Berbeda dengan lawakan dan hiburan zaman sekarang yang mengumbar kemesuman dan kecabulan. Darto Helm adalah kebanggan Banyumas, tdaerah muasalnya. 

Baca Juga:Isu Akun Calon Peserta Didik pada PPDB Diretas, Ganjar Pranowo Bereaksi

Dikutip dari Purwokertokita.com, tulisan ini merupakan kiriman dari Ade Yulia yang sempat mewawancarai langsung saudara Darto Helm. 

Darto Helm mulai mengenal dunia lawak sejak tahun 1973. Ia lahir dengan nama Sudarto, tahun 1943 di Purwokerto.

Ia lahir dari keluarga seniman. Ayahnya, S Minoto Harjo dan sepuluh bersaudara keluarga itu termasuk Darto Helm merupakan seniman. Tak hanya seni teater, mereka juga jago seni tari.

 “Selepas SMA, Mas Darto bergabung dengan grup wayang orang milik ayahnya yang bernama Sri Surya,” kata Widyono, adik kandung Darto Helm.

Dalam ketoprak, Darto selalu berperan sebagai Bagong dan jarang mendapat peran serius. Darto muda rupanya juga seorang penyanyi pada grup band bernama Bumulung. 

Baca Juga:Jelang Puncak Haji, Jamaah Wafat 22 Orang, sakit 120 Orang

Sayang, kejayaan seni ketoprak meredup semenjak muncul film-film layar lebar yang tak lagi hitam putih. Tahun 1971, Sri Surya bangkrut.

Darto kemiudian mencari peruntungan di Jakarta. Awalnya dia terobsesi ingin menjadi penyanyi. 

Namun nasib berkata lain, di Jakarta, Darto justru kembali menekuni seni ketoprak dalam grup Adiluhung.

Hingga  ia tergabung dalam drama komedi televisi bertajuk Kwartet ANDA, singkatan dari Atmonadi, Nety Herawati, Darto, dan Asfal Fuad.

“Pada era itu, ada grup komedi bernama Kwartet Jaya. Di dalamnya ada Bing Slamet yang menggabungkan nyanyian dengan komedi. Dan mas Darto terinspirasi grup itu,” ujarnya.

Darto yang juga hobi menyanyi termotivasi membentuk grup serupa. Gayung bersambut, Bagyo yang juga berasal dari Banyumas meminta Darto bergabung dalam grup komedinya bernama Bagyo cs.

Awal penyebutan nama Darto Helm berawal dari sini. Dalam sebuah pentas komedinya, Bagyo cs pernah mengangkat tema Helm yang saat itu kontroversial. Kala itu Kapolri mewajibkan semua pengendara memakai helm untuk pertama kalinya. 

Dalam salah satu adegan, Bagyo menegur Darto yang tak sopan karena memakai helm ketika masuk ke rumah. 

Padahal Darto tidak sedang memakai helm. Hanya kepalanya yang setengah pelontos membuatnya sekilas mirip menggunakan helm. 

"Bagyo pun kemudian sadar Darto tak memakainya, ketika memegang kepala Darto,” katanya. 

Mulai semenjak itulah, Darto dikenal sebagai Darto Helm.

Grup Bagyo cs semakin berjaya. Terutama setelah meredupnya Kwartet Jaya sepeninggal Bing Slamet. Karir Darto di industri hiburan tanah air melejit. Hingga mereka beradu akting dalam film yang pertama kali dibintangi Darto, berjudul Buah Bibir. Pada tahun 1978, Darto menjadi pemain utama bertitel Tuyul yang syuting di Australia.

Banyak cara yang lebih elegan untuk membuat penonton tertawa. Bagyo cs memilih tidak mengeksploitasi fisik pemainnya sebagai bahan lawakan. Menurutnya, melawak tak harus eksploitasi fisik,  tapi dengan gaya dan seni lawak yang berkualitas.

Lifestyle

Terkini

Ronny Berty Talpesy, penasihat hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, mengatakan ia dan kliennya siap menghadapi gugatan yang dilayangkan pengacara Deolipa Yumara.

News | 21:53 WIB

FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023 Indonesia tepat pada HUT ke-77 RI, Rabu 17 Agustus 2022. Peluncuran dilakukan sembilan bulan sebelum bintang-bintang lapangan beraksi memperebutkan gelar juara.

Sport | 21:27 WIB

Pejuang kemerdekaan Republik Indonesia pernah bermarkas di Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, tepatnya di rumah H. Kusmawireja. Rumah yang berada di antara kebun rindang di Dusun IV RT. 18 RW. 08 Desa Karangcegak itu nampak asri di kaki Gunung Slamet.

News | 21:00 WIB

Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan korban yang sebelumnya tenggelam di Sungai Parid Desa Ujungmanik Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

News | 20:41 WIB

Tak parani tak tuturi sing apik. Nek ora gelem.. tapuki lambene,(aku hampiri nanti aku nasehati yang baik. Kalau gak mau, tapuk mulutnya)

News | 20:19 WIB

PT Pertamina (Persero) memusatkan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Donan komplek Head Office PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Rabu (17/8/2022). Upacara bendera melibatkan siswa-siswi SLB Cilacap sebagai pengibar bendera, tim paduan suara.

News | 20:16 WIB

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan dihadiri Ustas Abu Bakar Ba'asyir, Rabu (17/8/2022).

News | 19:35 WIB

Kritik keras terhadap lagu itu juga disampaikan ulama PBNU KH. Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq. Ia tak terima tokoh yang menurunkan ulama-ulama besar dan raja di Jawa itu diparodikan menjadi lagu dangdut.

News | 18:02 WIB

Jokowi juga menanyakan kepada Farel tentang sekolahnya. Tak luput, Orang nomor satu di Indonesia itu memberikan pesan kepada Farel.

News | 17:02 WIB

Senin kemarin (15/8), seorang warga binaan atau narapidana perkara tindak pidana narkotika telah melarikan diri dari Lapas Kelas II B Lhoksukon, Aceh Utara.

News | 16:53 WIB

Farel Prayoga, bocah asal Banyuwangi yang viral di Tik Tok berkat lagu "Ojo Dibandingke" sukses membuat para pejabat istana bergoyang di acara resmi Upaca HUT RI ke-77, Rabu 17 Agustus 2022.

News | 14:50 WIB

Tim Nasional (Timnas) U-16 bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022).

Sport | 12:51 WIB

Kementerian Agama (Kemenag) RI menargetkan seluruh guru madrasah mendapatkan pelatihan Kurikulum Merdeka. Akan tetapi, penerapan kurikulum baru tersebut dianggap masih percontohan.

News | 12:44 WIB

Peristiwa kebakaran indekos di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, DKI Jakarta mengakibatkan enam orang tewas dan tiga orang mengalami luka bakar, pada Rabu (17/8/2022).

News | 12:41 WIB

Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk semakin merapatkan persatuan agar menjadi lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

News | 08:45 WIB
Tampilkan lebih banyak