Kisah Pariyo, Pengayuh Becak Asal Kutowinangun yang Dinobatkan Jadi Local Heroes Sat Lantas Polres Kebumen

Pariyo, kakek 70 tahun asal Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah, mungkin hanya seorang pengayuh becak. Namun pekerjaannya sebagai pengayuh becak tak menghalanginya berbuat lebih hingga ia diganjar sebagai tokoh local heroes oleh Satlantas Polres Kebumen, Kamis 7 Juli 2022.

Rudal Afgani Dirgantara
Kamis, 07 Juli 2022 | 17:39 WIB
Kisah Pariyo, Pengayuh Becak Asal Kutowinangun yang Dinobatkan Jadi Local Heroes Sat Lantas Polres Kebumen
Polres Kebumen

PURWOKERTO.SUARA.COM, KEBUMEN - Pariyo, kakek 70 tahun asal Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah, mungkin hanya seorang pengayuh becak. Namun pekerjaannya sebagai pengayuh becak tak menghalanginya berbuat lebih hingga ia diganjar sebagai tokoh local heroes oleh Satlantas Polres Kebumen, Kamis 7 Juli 2022.

Pariyo menerima penghargaan sebagai Local Heroes dari Sat Lantas Polres Kebumen karena dedikasinya ikut membantu kelancaran berlalulintas dan menjaga situasi Kamtibmas di desanya.

Sambil menunggu penumpang, ia kerap membantu mengatur arus lalu lintas di lokasi sekitar ia mangkal. Ia pun tak sungkan membantu orang yang membutuhkan bantuan.

Tak banyak yang punya perhatian atas kebaikan hati Pariyo. Sampai tiba waktunya Pariyo diundang secara langsung ke Sat Lantas dan mendapatkan penghargaan dari Kasat Lantas, AKP Tejo Suwono di hadapan personel, Kamis 7 Juli 2022.

Baca Juga:Enam Orang Tewas Diterjang Banjir dan Tanah Longsor di Seram Bagian Barat

Penghargaan diberikan karena dedikasinya ikut berperan dalam memciptakan "Kamseltibcarlantas" di lingkungannya serta tingginya jiwa sosial kepada sesama meski usia tak lagi muda.

"Informasi yang kami peroleh, Pak Pariyo ini suka membantu mengatur lalu-lintas, suka menyebrangkan anak-anak sekolah. Kalau malam sering keliling kampung aktif ronda di lingkungannya. Padahal beliau sudah tidak muda lagi," kata Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha. 

Nama Pariyo di desa tempat tinggalnya sangat familiar di telinga warga. Sosok ringan tangan itu sering dimintai bantuan oleh tetangganya. 

Tak banyak mengharapkan imbalan, Pariyo dalam hatinya hanya ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono dalam sambutannya mengaku sangat terketuk dengan kisah Pak Pariyo sehingga reward dari Sat Lantas sangat perlu sekali diberikan untuk memotivasi lainnya. 

Baca Juga:Cegah Penyebaran PMK Jelang Iduladha, Pasar Hewan Purbalingga Disemprot Disinfektan

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Pariyo atas dedikasinya. Semoga apa yang kita berikan ini bisa menjadi semangat tersendiri bagi bapak dan keluarga, serta menjadi motivasi untuk lainnya," Kata AKP Tejo. 

Selain mendapatkan piagam penghargaan, Pariyo juga mendapatkan bantuan berupa sembako dan jas hujan dari Polres Kebumen. 

Pariyo tidak pernah menyangka dirinya akan dipilih Sat Lantas Kebumen dalam penghargaan Tokoh Local Heroes, karena menurutnya apa yang dilakukannya sudah sepatutnya dilakukan semua orang sebagai makhluk sosial.

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak