Enam Orang Tewas Diterjang Banjir dan Tanah Longsor di Seram Bagian Barat

Sebanyak enam warga tewas diterjang banjir dan longsor di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada Selasa 5 Juli pukul 03.00 WIT.

Rudal Afgani Dirgantara
Kamis, 07 Juli 2022 | 17:05 WIB
Enam Orang Tewas Diterjang Banjir dan Tanah Longsor di Seram Bagian Barat
Humas BNPB.

PURWOKERTO.SUARA.COM, JAKARTA - Sebanyak enam warga tewas diterjang banjir dan longsor di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada Selasa 5 Juli pukul 03.00 WIT. Sebelumnya, tiga korban sempat dinyatakan hilang, tetapi kemudian ditemukan dengan kondisi meninggal dunia. 

Banjir usai hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan luapan air sungai, hingga menyebabkan longsor di Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Banjir  menyeret enam warga setempat.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat mencatat selain menelan enam korban jiwa, banjir dan longsor mengakibatkan satu unit rumah rusak berat dan jalan penghubung antar desa tertimbun tanah dan material longsor. Selain itu, sebanyak enam warga mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam siaran tertulis pada Kamis (7/7/2022).

Ia menerangkan, upaya pencarian korban yang sebelumnya hilang, melibatkan petugas BPBD dan TNI Polri hingga relawan masyarakat setempat. Petugas juga mengimbau agar masyarakat setempat untuk sementara tidak beraktivitas di lokasi kejadian untuk menghindari kembali jatuhnya korban jiwa.

Baca Juga:Cegah Penyebaran PMK Jelang Iduladha, Pasar Hewan Purbalingga Disemprot Disinfektan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman websitenya merilis peringatan dini potensi cuaca buruk di wilayah Maluku untuk Kamis 7 Juli 2022 hingga Sabtu 9 Juli 2022. BMKG menyebut adanya potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di wilayah Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan, Kepualuan Aru, Kepualauan Tanimbar, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur. 

"Dengan adanya peringatan dini yang dikelurkan BMKG tersebut, BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung maupun tanah longsor," ujarnya. 

Menurutnya, salah satu upaya kewaspadaan dapat dilakukan dengan memantau dan membersihkan material yang dapat menghambat aliran sungai secara berkala. Hal ini setidaknya mengurangi potensi kerusakan lebih besar akibat banjir. (Arif KF)

News

Terkini

Banyuwangi memang kota musisi, beragam genre musik tumbuh di Bumi Blambangan Banyuwangi. Terbaru penyanyi cilik asal Srono Banyuwangi, Farel Prayoga sukses menggoyang seisi Istana Merdeka pada Peringatan HUT RI Ke-77, Rabu 17 Agustus 20222.

Lifestyle | 21:56 WIB

FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023 Indonesia tepat pada HUT ke-77 RI, Rabu 17 Agustus 2022. Peluncuran dilakukan sembilan bulan sebelum bintang-bintang lapangan beraksi memperebutkan gelar juara.

Sport | 21:27 WIB

PT Pertamina (Persero) memusatkan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Donan komplek Head Office PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Rabu (17/8/2022). Upacara bendera melibatkan siswa-siswi SLB Cilacap sebagai pengibar bendera, tim paduan suara.

News | 20:16 WIB

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan dihadiri Ustas Abu Bakar Ba'asyir, Rabu (17/8/2022).

News | 19:35 WIB

Kritik keras terhadap lagu itu juga disampaikan ulama PBNU KH. Ahmad Muwafiq atau akrab disapa Gus Muwafiq. Ia tak terima tokoh yang menurunkan ulama-ulama besar dan raja di Jawa itu diparodikan menjadi lagu dangdut.

News | 18:02 WIB

Pada pelaksanaan Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Negara, Rabu, 17 Agustus 2022, Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga berhasil menghibur seluruh peserta upacara dan undangan yang hadir.

Lifestyle | 17:23 WIB

Jokowi juga menanyakan kepada Farel tentang sekolahnya. Tak luput, Orang nomor satu di Indonesia itu memberikan pesan kepada Farel.

News | 17:02 WIB

Senin kemarin (15/8), seorang warga binaan atau narapidana perkara tindak pidana narkotika telah melarikan diri dari Lapas Kelas II B Lhoksukon, Aceh Utara.

News | 16:53 WIB

Farel Prayoga, bocah asal Banyuwangi yang viral di Tik Tok berkat lagu "Ojo Dibandingke" sukses membuat para pejabat istana bergoyang di acara resmi Upaca HUT RI ke-77, Rabu 17 Agustus 2022.

News | 14:50 WIB

Tim Nasional (Timnas) U-16 bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022).

Sport | 12:51 WIB

Kementerian Agama (Kemenag) RI menargetkan seluruh guru madrasah mendapatkan pelatihan Kurikulum Merdeka. Akan tetapi, penerapan kurikulum baru tersebut dianggap masih percontohan.

News | 12:44 WIB

Peristiwa kebakaran indekos di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, DKI Jakarta mengakibatkan enam orang tewas dan tiga orang mengalami luka bakar, pada Rabu (17/8/2022).

News | 12:41 WIB

Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengajak seluruh elemen bangsa untuk semakin merapatkan persatuan agar menjadi lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

News | 08:45 WIB

Salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk menulis di akun Twitternya, dirinya akan membeli klub Manchester United. Hal tersebut ia sampaikan setelah dirinya menegaskan dukungannya pada Partai Republik dan Demokrat di Amerika Serikat (AS).

News | 08:40 WIB

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menyatakan terjadi keanehan setelah Brigadir J meninggal. Uang Rp 200 juta mengalir dari rekening Brigadir J ke rekening tersangka pembunuhan berencana tiga hari setelah kematian Brigadir J.

News | 01:02 WIB
Tampilkan lebih banyak