Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan di Babarsari Sleman

Pada Senin (4/7/2022) terjadi lagi kerusuhan antara kelompok NTT dan Papua di Babarsari, Depok, Sleman, DIY. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta pihak polisi menindak tegas pelaku-pelaku kekerasan dalam kerusuhan di Babarsari yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Khoirul Muzaki
Selasa, 05 Juli 2022 | 07:33 WIB
Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan di Babarsari Sleman
Sri Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan di Babarsari Sleman

PURWOKERTO.SUARA.COM, YOGYAKARTA - Pada Senin (4/7/2022) terjadi lagi kerusuhan  antara kelompok NTT dan Papua di Babarsari, Depok, Sleman, DIY. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta pihak polisi menindak tegas pelaku-pelaku kekerasan dalam kerusuhan di Babarsari yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

"Karena melanggar hukum ya harus diproses dengan baik. Saya tidak mau di jogja ini ajang kekerasan fisik jadi kebiasaan," ujar Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin siang yang dikutip dari Suara.com.

Menurut Sri Sultan HB X, dirinya sebenarnya sudah pernah beberapa waktu lalu berdialog dengan kelompok-kelompok yang berselisih  tersebut di Depok, Sleman. Dalam dialog tersebut mereka berjanji untuk berubah karena kedatangan ke DIY sebenarnya untuk belajar.

"Kalau saya ya kenapa harus terjadi kekerasan, dalam arti kekerasan fisik," ujarnya.

Baca Juga:Polemik Gaji Fantastis Petinggi ACT, Terungkap 13,7 Persen Donasi untuk Operasional termasuk Fasilitas Pegawai

Sri Sultan pada waktu itu, sudah mengimbau kepada kelompok yang berselisih untuk tidak melakukan kekerasan. Akan tetapi, tetap saja kekerasan fisik yang mengakibatkan korban terjadi saat ini.

Karenanya Sultan berharap Polda DIY tidak hanya melerai kelompok-kelompok yang berselisih. Namun karena ada pelanggaran hukum maka para pelaku harus diproses hukum.

Sri Sultan mengaku senang jika diminta lagi untuk memediasi. Akan tetapi, ia tidak mau hanya melakukan mediasi saja, tetapi proses hukum tetap harus dilakukan bagi pelaku kekerasan.

Menurutnya, penegakan hukum wajib dilakukan bagi pelaku kekerasan. Karena jika tidak dilakukan, maka mereka akan terus berani melakukan tindakan-tindakan kekerasan.

"Kita harus keras pada orang-orang seperti itu (pelaku kekerasan fisik) karena kita sudah beberapa kali memfasilitasi mereka, tidak hanya kabupaten Slleman. Kita juga sudah terjun ke sana, baik NTT, Papua, sudah bertemu mereka," pungkas Sri Sultan HB X. (Arif KF)

Baca Juga:Program Kartu Prakerja Gelombang 35 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya!

News

Terkini

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

News | 11:33 WIB

Tampil memukau sepanjang gelaran piala AFF U-16, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengungkap proses yang dijalani skuat Garuda Muda mulai dari diantar ke rumah ibadah hingga memajang foto orangtua di ruang ganti.

Sport | 10:01 WIB
Tampilkan lebih banyak