Manfaat Bercerita Sebelum Tidur Bagi Anak

Selain dapat meningkatkan IQ buah hati, bercerita sebelum tidru dapat mempertajam daya ingat, meningkatkan kreativitas dan merangsang imajinasi anak.

Khoirul Muzaki
Selasa, 05 Juli 2022 | 15:50 WIB
Manfaat Bercerita Sebelum Tidur Bagi Anak
canva

PURWOKERTO.SUARA.COM Membacakan cerita untuk balita setiap menjelang tidur ternyata memiliki banyak manfaat. Selain menjadi kegiatan yang menyenangkan, bercerita menjelang tidur ternyata dapat menstimulasi perkembangan otak anak.

Selain dapat meningkatkan IQ buah hati, bercerita sebelum tidru dapat mempertajam daya ingat, meningkatkan kreativitas dan merangsang imajinasi anak.

Mendengar orang tua bercerita, tentu akan membayangkan dan memainkan imajinasi dari alur yang ia dengar. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak balita.

Dengan mendengarkan cerita, si kecil juga akan mendengar banyak kosa kata. Kosa kata yang ia dengar akan terekam dalam ingatan dan menambah koleksinya. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan verbal terutama untuk balita.

Kebiasaan ini juga dapat menjadi cara untuk mengenalkan anak dengan buku dan membaca. Anak akan lebih senang dengan membaca karena sedari kecil dia sudah terbiasa diajak mendengarkan cerita.

Kemampuan motorik juga akan berkembang dengan pesat. Dia mungkin akan mempraktikan kegiatan sesuai dengan apa yang diceritakan atau dibacakan. Konsentrasi juga akan lebih baik dengan seringnya dibacakan buku dan diajak becerita.

Selain itu, membacakan cerita akan mempererat kedekatan orang tua dengan anak. Ikatan antara orang tua dan anak semakin kuat. (iruma cezza).

Lifestyle

Terkini

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob. Setelah kejadian itu, Putri Candrawathi, istri Sambo sempat menyambangi Markas Korps Brimob di Delapa Dua Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022) malam.

News | 22:17 WIB

Panen Apa Hari Ini (PARI) Menggelar Pameran bertema 'Menjelajahi kelompok tani Jogja X Fukuda'. Hal tersebut untuk memperkenalkan sumber pangan dan praktik pertanian antar kedua wilayah

News | 21:48 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menerangkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye promosi untuk membangkitkan pariwisata di tanah air

News | 21:42 WIB

Proses lanjutan penyelidikan penyerang di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember terus berlanjut. Rumah-rumah dan sejumlah kendaraan warga yang dibakar ternyata melibatkan warga Banyuwangi

News | 21:35 WIB

Tim U-16 Indonesia memastikan tiket ke semifinal setelah pada laga terakhir Grup A Piala AFF di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam 06 Agustus 2022 dangan menundukkan Vietnam 2-1

Sport | 21:34 WIB

-Pengacara Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Deolipa Yumara menyebut kliennya bukan pelaku tunggal dalam dalam perkara ini.

News | 21:23 WIB

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi optimis penerbangan akan kembali ramai usai Pandemi Covid-19 mereda dan didukung adanya sejumlah

News | 20:39 WIB

Seorang Asisten Rumah Tangga ditemukan tak bernyawa di rumah tempatnya bekerjadi Jl Jendral Sudirman,Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Minggu, 7 Agustus 2022 pukul 05.40 WIB.

News | 20:11 WIB

Pemilihan Ketua RT di RT 02 RW 13 Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng berlangsung meriah di TK Diponegoro Beji pada Minggu, 7 Agustus 2022.

News | 15:51 WIB

Isus menemukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Irjen Pol Ferdy Sambo atas penanganan TKP penembakan Brigadir J di ruma dinas Kadiv Propam Polri. Sambo kini ditempatkan di Mako Brimob.

News | 07:30 WIB

Sebelumnya, sejumlah anggota Brimob Polri berseragam loreng dikabarkan berada di Mabes Polri dan meninggalkan lokasi sore tadi, Sabtu (6/8/2022).

News | 23:12 WIB

Perkembangan kasus tewasnya Brigadir J memasuki babak baru. Irjen Pol Ferdy Sambo akhirnya ditahan malam ini. Sayangnya wartawan setelah kejadian itu tidak bisa mengakses rumah Ferdy Sambo untuk meliput kondisi terkini.

News | 22:39 WIB

erkembangan kasus tewasnya Brigadir J terus berlanjut. Terbaru, Irjen Ferdy Sambo Ditahan malam ini.erkembangan kasus tewasnya Brigadir J terus berlanjut. Terbaru, Irjen Ferdy Sambo Ditahan malam ini.

News | 22:31 WIB

Polri berhasil mengamankan satu orang tersangka di balik aksi pembakaran rumah di Desa Mulyorejo, Jember. Tersangka adalah J, (55) warga Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi yang saat ini sedang diperiksa.

News | 22:19 WIB

kuasa hukum Bharada E Andreas Nahot Silitonga dan rekan belakangan justru mengundurkan diri.

News | 21:30 WIB
Tampilkan lebih banyak