Gagahnya Wringin Lawang, Diduga Gapura Kerajaan Majapahit yang Hilang

Di wilayah Wringin Lawang, Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur terdapat peninggalan kerajaan Majapahit yang masih berdiri kokoh. Bangunan ini bukanlah candi pada umumnya, namun sebuah gapura besar.

Khoirul Muzaki
Senin, 04 Juli 2022 | 14:12 WIB
Gagahnya Wringin Lawang, Diduga Gapura Kerajaan Majapahit yang Hilang
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, MOJOKERTO- Di wilayah Wringin Lawang, Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur terdapat peninggalan kerajaan Majapahit yang masih berdiri kokoh. Bangunan ini bukanlah candi pada umumnya, namun sebuah gapura besar. 

Dikutip dari berbagai sumber, masyarakat lebih mengenal bangunan tersebut dengan nama Gapura Wringin Lawang. Gapura tersebut diduga berfungsi sebagai pintu gerbang masuk pada istana atau bangunan besar pada masa kerajaan Majapahit. 

Gapura Wringin Lawang ini termasuk peninggalan kerajaan Majapahit pada masa abad ke 14. Diperkirakan bangunan tersebut didirikan pada abad ke-14. 

Gerbang ini lazim disebut bergaya candi bentar atau tipe gerbang terbelah. Mayoritas sejarawan sepakat bahwa gapura ini adalah pintu masuk menuju kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. Gerbang ada yang menduga menjadi pintu masuk ke kediaman Mahapatih Gajah Mada.

Baca Juga:KSPN Labuhan Bajo Siap Diresmikan, Salah Satu Tujuh Keajaiban Alam Dunia

Situs Trowulan Gapura Wringin Lawang di Bali mendapat sebutan Candi Bentar "Apit Lawang". Saat ini banyak diterapkan pada desain ruang publik dan pemerintahan.

Di Bali, Gapura ini melambangkan dua unsur berbeda yang ada di Bhuwana Agung yang harus ada untuk saling melengkapi satu dengan lain "Rwa Bhineda". Adanya siang dan malam, laki-laki dan perempuan, baik dan buruk, ataupun suka dan duka.

Gapura ini menjadi bagian pemisah antara Jaba Pisan (Nista Mandala) lambang Bhur Loka dengan Jaba Tengah (Madya Mandala) lambang Bwah Loka, yang terakhir (Utama Mandala) lambang Swah Loka, merujuk struktur bangunan Pura dalam konsep Tri Mandala. (Arif KF)

Budaya

Terkini

Istri Brigjen Pol Hendra Kurniawan, Seali Syah tidak terima suaminya, Brigjen Hendra Kurniawan karirnya hancur gara-gara skenario palsu Irjen Pol Ferdy Sambo.Ia pun meminta Irjen Ferdy Sambo agar bersikap gentle terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 07:35 WIB

Performa Manchester United jeblok saat menghadapi Brenford Minggu (14/8/2022).MU kalah dengan cara sangat tragis. MU dibantai habis oleh Brentford dengan skor telak 4-0.

Sport | 06:57 WIB

Presiden menyebut, saat ini Indonesia telah memberikan jumlah subsidi yang cukup besar menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

News | 23:00 WIB

Era motor listrik yang makin dekat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) logam di wilayah Kabupaten Purbalingga. Namun era itu sekaligus melahirkan peluang baru industri motor listrik yang menjanjikan. Yogi Prastowo, seorang pemuda asal Desa Gembong Purbalingga

Lifestyle | 22:40 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membuka lowongan untuk 6.179 Pendamping Proses Produk Halal (Pendamping PPH). Proses rekrutmen ini dilakukan secara online melalui laman ptsp.halal.go.idmulai 15-31 Agustus 2022.

News | 22:09 WIB

Organisasi ikatan alumni dan penerima beasiswa pendidikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dinamakan Mata Garuda optimistis mampu menjadi organisasi yang progresif dan berkontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia.

News | 21:55 WIB

Diketahui melalui Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu telah mengeluarkan 43 kali guguran lava.

News | 21:05 WIB

Banjir bandang yang terjadi di Desa Kadongdong-Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Garut, Jawa Barat akibat luapan sungai tak sampai menerjang kawasan permukiman warga.

News | 20:58 WIB

pengungkapan skenario palsu geng Ferdy Sambo ini menjadi momentum untuk membongkar skenario palsu lain yang mungkin dilakukan oknum polisi pada peristiwa lain sebelumnya.

News | 20:48 WIB

Nicholas Saputra kembali menampilkan kepiawaiannya dalam berakting lewat film Sayap Sayap Patah. Beradu peran dengan Ariel Tatum, Nicholas Saputra berperan sebagai anggota Densus 88

Lifestyle | 19:10 WIB

Ia pun memastikan pihaknya sedang memeriksa semua penyidik yang bertanggung jawab atas dua laporan tersebut..

News | 18:49 WIB

Izinkan saya bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah saya perbuat

News | 18:17 WIB

Persib Bandung meraih kemenangan perdana pada pekan ke-4 BRI Liga 1 di Stadion Glora Bandung Lautan Api, Bandung pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Persib meraih kemenangan 2-1 atas tamunya PSIS Semarang.

Sport | 17:57 WIB

Cara yang dapat dilakukan untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor

Lifestyle | 17:11 WIB

Lionel Messi saat di Barcelona selalu masuk nominasi pemenang Ballon d'Or, tetapi 2022 ini masuk 30 besar nominasi pun tidak. Hal tersebut dianggap karena jebloknya performa pemain Timnas Argentina itu di musim pertama bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Sport | 15:14 WIB
Tampilkan lebih banyak