Spesifikasi New Honda ADV160, Fitur Canggih dan Bertenaga

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160. Tak hanya punya wajah baru, sepeda motor itu juga lebih bertenaga dengan mesin baru, semakin nyaman dengan jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur high tech seperti HSTC (Honda

Khoirul Muzaki
Minggu, 03 Juli 2022 | 21:29 WIB
Spesifikasi New Honda ADV160, Fitur Canggih dan Bertenaga
AHM

PURWOKERTO.SUARA.COM, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160. Tak hanya punya wajah baru, sepeda motor itu  juga lebih bertenaga dengan mesin baru, semakin nyaman dengan jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur high tech seperti HSTC (Honda Selectable Torque Control).

New Honda ADV160 mempertahankan identitasnya sebagai skutik besar penjelajah jalanan terbaik yang tangguh, membanggakan, dan kaya akan fitur canggih. Ini seakan menjawab kebutuhan masyarakat yang mempunyai aktivitas tinggi dan suka bereksplorasi melintasi berbagai kondisi jalan setiap hari.

Berbekal desain tough and robust yang proporsional, New Honda ADV160 semakin sesuai dengan karakter pengendara yang aktif. Skutik ini semakin bertenaga melalui mesin baru 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus) yang menyuguhkan performa responsif dalam berkendara harian maupun saat mengeksplorasi pengalaman baru. Fitur dan sentuhan teknologi tinggi yang disematkan pun mengukuhkan New Honda ADV160 sebagai teman berkendara terbaik untuk aktualisasi diri.

President Director AHM Keiichi Yasuda menegaskan,  New Honda ADV160 hadir sebagai jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan.  Pembaharuan yang disematkan semakin memberikan kebanggaan dalam berkendara, baik melalui desain urban explorer yang tangguh dan kokoh, performa responsif mesin baru, kenyamanan yang meningkat, hingga penyematan fitur-fitur canggih.

Baca Juga:Awalnya Ketawa-tawa Usai Tutup Plat Motor dengan Bra dan Celana Dalam, Emak-emak di Lamongan Lemes di Depan Polisi

”Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV160 semakin menghadirkan pengalaman berkendara berbeda, baik digunakan untuk menjelajah dengan kegembiraan atau juga penggunaan harian. Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan,” ujar Yasuda.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan kontur dan kondisi jalanan di Indonesia yang beragam menjadi poin tersendiri untuk kesenangan berkendara bagi pengendara yang gemar menjelajah. AHM berusaha menemani konsumen agar dapat menikmati kondisi beragam jalan yang ada di Indonesia dengan  jaringan layanan yang masif hingga pelosok negeri. 

”New Honda ADV160 kini hadir semakin tangguh, bertenaga, dan juga nyaman untuk dikendarai. Skutik ini pilihan tepat bagi pecinta skutik besar yang tangguh dan kokoh. Kami juga mendukung kegiatan mereka dalam memenuhi kesenangan dan mengeksplorasi lokasi baru dengan kesiapan jaringan bengkel resmi (AHASS) yang tersebar, untuk menambah kenyamanan dan kesenangan berkendara,” ujar Loman.

Sentuhan Desain Baru

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas.

Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.

Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Two step adjustabe windshield-nya membuat aerodinamika semakin baik. Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

Semakin Bertenaga dan Kaya Fitur

New Honda ADV160 didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru tersebut mampu mendukung gaya berkendara pengguna dengan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW @8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 NM @6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Demi kemudahan berkendara, panel meter full digitalnya berdesain baru, memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Pengguna kini bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Pada sisi keamanan, New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, New Honda ADV160 akan semakin membuat pengendaranya merasa aman dan nyaman. Khusus tipe ABS ini, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Selain itu, fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe, ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar. Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Lifestyle

Terkini

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) memasang target akreditasi institusi dan tiga program studi pada tahun 2023.

News | 11:17 WIB

Tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J terus bertambah. Polisi sudah mengumumkan dua tersangka sebelumnya, yaitu Brigadir RR dan Bharada E. Daftar tersangka masih akan bertambah.

News | 10:22 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjadwalkan datang ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022) untuk bertemu Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E) terkait koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

News | 09:51 WIB

Perbuatan TP (51), warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah kelewat batas. Ia tega "menjual" istrinya kepada lelaki hidung belang.

News | 09:43 WIB

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Budaya | 07:43 WIB

Sebuah mobil pick up masuk jurang di Pudunan Jalan Werkit di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Senin (8/8/2022).BPD Desa Cibeureum, Asep Rahmat mengatakan, akibat kejadian nahas ini, 7 orang meninggal dunia.

News | 23:26 WIB

Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi diketahui beberapa waktu lalu sudah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisiaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI). Hal tersebut dikarenakan pada Sabtu (6/8/2022) lalu ia resmi didapuk menjadi Ketua Harian Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

News | 23:00 WIB

Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2022) siang. Kedatangan tersebut berkaitan dengan penanganan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat beberapa waktu lalu.

News | 22:50 WIB

"Sejak minggu lalu kami sudah berkoordinasi dengan Timsus Polri terkait dengan Pak Ferdy Sambo. Akan tetapi, perkembangannya sekarang ada di Mako Brimob," kata anggota Komnas HAM RI, Mohammad Choirul Anam

News | 22:43 WIB

Sementara kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri belum ada tersangka yang ditetapkan. Meskipun, klaim dari kuasa hukum laporannya sudah naik ke tahap penyidikan.

News | 22:32 WIB

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut saat ini sudah ada tiga tersangka pembunuhan Brigadir J.

News | 20:31 WIB

Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pembunuhan seorang ART yang terjadi di sebuah rumah di Jalan Jenderal Soedirman, Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

News | 20:30 WIB

Warga Kabupaten Banyumas yang kesehariannya berjualan ponsel melalui online tega menjual paksa istrinya secara sadar kepada lelaki hidung belang. Diduga motifnya untuk kepuasan seksual karena pelaku mengintip saat "main" di kamar rumahnya.

News | 20:08 WIB

Bahkan netizen Guntur Ady Sulistyo mengaku juga memiliki boneka kucing bewarna emas yang mirip dengan kepunyaan dukun tersebut.

News | 19:22 WIB

Tampak dukun itu meletakkan foto Pesulap Merah di atas tumpukan kembang bewarna merah dan putih (sesajen). Di sekitarnya juga penuh barang-barang perdukunan, yakni jimat, batu akik, keris, dan dupa.

News | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak