Cantiknya Gadis Dayak Menari di Kaltim Exhibition Yogyakarta

Pembukaan Kaltim Exhibition diselenggrakan di area Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kompleks Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Sabtu (02/07) malam. Hadir pada acara tersebut Gubernur Kaltim H. Isran Noor. Seremonial pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong yang dilakukan Sekretaris Daerah DIY bersa

Khoirul Muzaki
Minggu, 03 Juli 2022 | 19:11 WIB
Cantiknya Gadis Dayak Menari di Kaltim Exhibition Yogyakarta
Cantiknya Gadis Dayak Menari di Kaltim Exhibition Yogyakarta

PURWOKERTO.SUARA.COM, YOGYAKARTA - Pembukaan Kaltim Exhibition diselenggrakan di area Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kompleks Benteng Vredeburg, Kota Yogyakarta, Sabtu (02/07) malam. Hadir pada acara tersebut Gubernur Kaltim H. Isran Noor. Seremonial pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong yang dilakukan Sekretaris Daerah DIY bersama Gubernur Kaltim dan perwakilan beberapa duta besar. 

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji meneranglan, pihaknya menyambut baik gelaran Kalimantan Timur (Kaltim) Exhibition di DIY yang diselenggarakan Badan Penghubung Daerah Provinsi Kaltim. Menurutnya, hal ini merupakan langkah awal yang baik untuk meningkatkan geliat pariwisata di Provinsi Kaltim. 

"Sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta banyak disinggahi oleh pelajar maupun pendatang multi etnis, termasuk dari Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga, tepat kiranya apabila pameran digelar di lokasi yang memiliki market yang beragam. Oleh karenanya, agenda Kaltim Exhibition ini diharapkan dapat menginisiasi provinsi lain untuk juga melakukan promosi wisata," ujar Aji di Benteng Vredeburg. 

Ia menambahkan, pameran ini menunjukkan adanya keseriusan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mempromosikan daerahnya dan mengundang ketertarikan masyarakat untuk berwisata. 

Baca Juga:PSIS Semarang Lolos ke Semifinal Piala Presiden 2022 Usai Sisihkan Bhayangkara FC Lewat Adu Pinalti

“Apalagi Bapak Presiden sudah mencanangkan bahwa Ibu Kota Negara akan ada di Kalimantan Timur. Sehingga tepat kiranya bila promosi terus dilakukan. Salah satunya dengan Tourism Information Center yang ada di sana,” ungkap Aji.

Ia berharap, DIY dan Kaltim semakin dapat mempererat hubungan kekerabatan. Seperti halnya kerja sama di bidang pendidikan yang sudah lama terjalin. Menurutnya, banyak pelajar dan mahasiswa asal Kaltim yang menimba ilmu di Jogja. Itu terbukti dengan banyaknya asrama mahasiswa Kaltim yang banyak terdapat di Jogja. 

“Belum lagi biasanya siswa Kaltim itu uang sakunya ternyata lebih banyak, peringkat nomor dua setelah DKI Jakarta,” jelas Aji. 

Sementara itu, Gubernur Kaltim H. Isran Noor, menyampaikan syukurnya karena kegiatan Kaltim Exhibition dapat kembali digelar secara offline. 

“Kita dua tahun stagnasi Covid-19. Sekarang kita bisa kembali lagi kumpul di sini, kita mulai lagi kegiatan meskipun melalui ini kita juga diberikan gambaran bahwa bangsa ini tengah menghadapi masalah besar seperti energi, pangan, atau masalah lain di beberapa kawasan,” ujarnya.

Baca Juga:Insipratif, Isa Ansori Selamatkan 78 Mata Air hingga 3 Desa Bebas Kekeringan

Ia menambahkan, Jogja dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Kaltim Exhibition karena sarat dengan budayanya. Ia meneruskan, Jogja itu sebuah daerah yang terkenal dengan budayanya, terkenal dengan keseniannya, dan merupakan pusat pendidikan, ada banyak perguruan tinggi. 

"Hubungan kekerabatan antara Jogja dengan Kaltim sudah erat sejak dulu. Banyak pejabat Kaltim yang dulu sekolah di sini, bahkan salah satu Perguruan Tinggi ada di sana salah satu pendirinya dan dosen-dosennya berasal dr Jogja," terang Isran. 

Is berharap, kegiatan ini dapat memperkuat silaturahmi yang telah lama terjalin. Menurutnya, setiap daerah punya keunggulan dan kelebihan masing-masing. Setiap ada budaya, setiap daerah punya keunggulan.

Selain itu, pihaknya akan terus mempererat kerja sama melalui memorandum of understanding (Mou) yang telah ada. 

“Selama ini kami, antara Gubernur DIY dan Kaltim, sudah ada MoU. Misal di bidang pendidikan, kami ada pertukaran mahasiswa ke UGM atau pun kampus swasta. Kita juga berikan beasiswa-beasiswa. Itu salah satu bentuk kerja sama antara gubernur dengan gubernur,” pungkas Isran.

Agenda pembukaan ini turut dimeriahkan oleh atraksi budaya dari perwakilan asrama mahasiswa Kaltim dan Grup Dagelan Jogja. Kaltim Exhibition sendiri akan berlangsung hingga di lokasi yang sama hingga Minggu (10/07). 

Berbagai stand pameran yang menampilkan produk-produk UMKM asal Kaltim dapat disaksikan secara gratis untuk umum. Adapun selain di DIY, Kaltim Exhibition 2022 digelar sejumlah instansi di Kaltim. Beberapa di antaranya ialah Dinas Pariwisata Kaltim dan Disperindagkop Kaltim. (Arif KF)

Budaya

Terkini

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Jika ditotal maka pendapatan keseluruhan gaji pokok ditambah tunjangan yang diterima oleh Ferdy Sambo sekitar Rp 32 hingga 34 juta per bulannya.

News | 21:54 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia.

News | 20:59 WIB

Tapi kita pengacara berpegang pada kebenaran, pada peraturan UU. Sepanjang yang dijalankan benar, jalan terus,katanya

News | 20:31 WIB

Sebanyak 20 ton gula semut produksi UMKM Purbalingga diekspor ke Malaysia.

News | 20:28 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Seorang karyawan CV Building Matrial Contruction, Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen mengalami kecelakaan tragis, Rabu (10/8/2022). Ia ditemukan meninggal di tempat kerja.

News | 19:25 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB
Tampilkan lebih banyak