Menahan Dingin di Candi Arjuna Dieng, Wisatawan Sedih Embun Es Ingkar Datang

Kabar kemunculan embun es Dieng ini rupanya memantik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Dieng.

Khoirul Muzaki
Sabtu, 02 Juli 2022 | 19:27 WIB
Menahan Dingin di Candi Arjuna Dieng, Wisatawan Sedih Embun Es Ingkar Datang
Menahan Dingin di Candi Arjuna Dieng, Wisatawan Sedih Embun Es Ingkar Datang

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANJARNEGARA- Fenomena embun es Dieng sempat menyelimuti  wilayah komplek Candi Arjuna Dieng  pada Kamis pagi (30/6/2022) lalu. Dedaunan dan rerumputan hijau seketika memutih karena tertutup embun es. Pemandangan ini mirip salju di negeri empat musim.

Kepala UPTD Dieng Dinas Pariwisata Banjarnegara Sri Utami mengatakan, fenomena langka yang terjadi pagi itu bertepatan dengan libur sekolah.

Dieng akhir-akhir ini juga mulai ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan masa libur sekolah. Sejumlah wisatawan pun beruntung karena bisa menyaksikan fenomena langka itu di Candi Arjuna.

"Betul, kemarin cuaca cerah," katanya

Baca Juga:Jadwal Konser Westlife di Indonesia dan Harga Tiket

Kabar kemunculan embun es Dieng ini rupanya memantik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Dieng.

Terlebih aktivitas wisata saat ini tidak lagi sudah dilonggarkan. Selain memang bertepatan dengan masa libur sekolah.

Mereka berbondong-bondong ke Dieng dengan harapan bisa menyaksikan embun es.  Sayang fenomena embun es memang tidak bisa dipastikan kapan kemunculannya.

Hari-hari berikutnya setelah embun es turun, sampai hari ini, Sabtu,  (2/7/2022), fenomena itu tidak terlihat kembali.

Padahal, sejumlah wisatawan sejak pagi buta sudah menunggui kehadiran embun es di komplek candi Arjuna. Mereka rela berjibaku dengan dinginnya hawa Dieng di pagi hari untuk sekadar bisa menyaksikan fenomena langka itu.

Baca Juga:Fakta-fakta Alat Vital Pria Cilacap Terjepit Cincin, Rumah Sakit Angkat Tangan hingga Minta Bantuan Damkar

Alhasil, banyak wisatawan yang harus "gigit jari" karena embun es yang ditunggu tidak datang.

Uut mengatakan, banyak wisatawan yang sengaja menginap di Dieng agar bisa menyaksikan bun upas. Biasanya, mereka akan datang ke komplek candi di pagi buta atau setelah fajar. Sebab embun es hanya bisa disaksikan pada pagi sebelum terik. Karena candi belum dibuka, mereka biasanya berkmpul di lapangan komplek candi yang terbuka setiap waktu.

Saat matahari mulai terik, sekitar pukul 07.00 Wib ke atas, embun es mulai mencair hingga berangsur lenyap dari permukaan dedaunan.

“Banyak yang kecele,”katanya

Embun es adalah fenomena langka yang hanya terjadi di wilayah ketinggian tertentu, misal Dieng. Embun es terbentuk  ketika suhu mencapai titik beku, biasanya di bawah 0 derajat celcius.

News

Terkini

tampak seorang karyawati Alfamart yang berdiri diapit konsumen serta kuasa hukumnya. Karyawati itu justru mengklarifikasi serta meminta maaf atas video yang beredar.

News | 14:43 WIB

Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (TAMPAK) hari Senin (15/8/2022) melaporkan upaya suap dalam pusaran penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ke Komisi Pemberantasan korupsi (KPK).

News | 13:35 WIB

Seorang perempuan melahirkan bayi hasil hubungan di luar nikah. Karena malu, ia lantas membuang bayi tak berdosa itu.

News | 12:00 WIB

Antonio Conte dan Thomas Tuchel terlibat perkelahian usai laga derbi London antara Chelsea vs Tottenham Hotspur di Stanford Bridge Stadium, Minggu 14 Agustus 2022. Akibat keributan ini, kedua pelatih dusir keluar lapangan setelah mendapat kartu merah dari wasit.

Sport | 11:33 WIB

Penyanyi asal Indonesia, Monica Nike Adiba menjadi juara pertama Karaoke World Championship (KWC) 2022 yang diselenggarakan di Arnes, Norwegia pada 813 Agustus 2022.

Lifestyle | 10:33 WIB

Napoleon Bonaparte juga mencuri perhatian karena parasnya yang rupawan. Meski sudah berumur dan sudah tumbuh keriput, Napoleon masih terlihat tampan.Nettizen pun kian dibuat kagum dengan ketampanan Napoleon Bonaparte saat masih muda. Beredar di media sosial foto-foto napoleon Bonaparte saat muda

News | 09:39 WIB

Sebelum ditangkap tim KPK, Kamis (11/8/2022), Bupati Pemalang ternyata diduga menemui seseorang di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

News | 08:10 WIB

Sebutan itu juga dapat menegaskan bahwa dia bukan orang sembarangan. Sehingga bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

News | 07:38 WIB

Di tengah gempuran pandemi Covid 19, sektor pertanian Indonesia terbukti tangguh da bisa bertahan menopang kebutuhan masyarakat yang terancam krisis. Bukan hanya itu, Indonesia bahkan berhasil swasembada beras di tengah masa sulit pandemi. I

News | 06:50 WIB

Dalam acara wisuda itu, tampak wisudawati beragama Hindu, Ni Ketut Mayoni. Ia berhasil meraih gelar magister pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

News | 22:21 WIB

Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mengaku terjebak pada skenario palsu peristiwa penembakan Brigadir Yoshua (J) di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo.

News | 22:06 WIB

SU, warga Desa Kebunromo Kecamatan Ngrampal dinyatakan hilang usai meloncat dari atas jembatan Sapen Sungai Bengawan Solo Desa Kedungupit Kecamatan Sragen, Sabtu (14/8/2022).

News | 21:18 WIB

sebuah mobil karnaval terbakar di acara Jakarnaval yang diselenggarakan di Jakarta International E-prix Circuit atau JIEC Ancol, Jakarta Utara.

News | 20:50 WIB

Saat ini pihak Kepolisian Sektor Sawah Besar tengah mengusut kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh seorang oknum guru terhadap siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Jakarta Pusat.

News | 20:39 WIB

PURWOKERTO.SUARA.COM- Tepat pada 10 Agustus 2022, Bharada E atau Bharada Eliezer tersangka kasus penembakan Brigadir J mengganti kuasa hukumnya, Deolipa Yumara.

News | 19:44 WIB
Tampilkan lebih banyak