Kapan Pengajian Rutin Gus Baha di Bantul Dibuka Lagi? Jawaban Santri, Sami'na Waato'na

Ahmad Bahauddin Nursalim atau biasa dipanggil Gus Baha saat ini merupakan ulama terkenal karena ilmu agamanya yang luas dan mendalam. Meski ia berasal dari Rembang, ia sangat mengenal dan dikenal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Khoirul Muzaki
Jum'at, 01 Juli 2022 | 08:29 WIB
Kapan Pengajian Rutin Gus Baha di Bantul Dibuka Lagi? Jawaban Santri, Sami'na Waato'na
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANTUL - Ahmad Bahauddin Nursalim atau biasa dipanggil Gus Baha saat ini merupakan ulama terkenal karena ilmu agamanya yang luas dan mendalam. Meski ia berasal dari Rembang, ia sangat mengenal dan dikenal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Bahkan, Gus Baha memiliki pondok pesantren Izzati Nuril Quran yang berada di daerah Bedukan, Pleret, Pleret, Bantul, DIY. Sebelum pandemi Covid-19 merebak, ia sering mengadakan pengajian rutin sebulan sekali di pondok tersebut.

Seorang Santri Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran, Arwani mengatakan semenjak Covid-19, Gus Baha belum mengadakan pengajian yang dihadiri untuk publik. 

"Semenjak pandemi memang libur. Untuk sementara pengajian di sini untuk intern saja. Kami ya ikut perintah beliau, sebagai santri kan sami'na wa ato'na," ujarnya saat ditemui oleh Purwokerto.suara.com di Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran, Senin (27/06/2022).

Baca Juga:Presiden Baru Filipina Ferdinand Marcos Dilantik Gantikan Duterte

Ia melanjutkan, terkait pengajian tentang Tafsir Al-Qur'an, saat ini dilanjutkan di Pondok Pesantren Narukan di Rembang. Akan tetapi, ia memperkirakan kataman Al-Qur'annya akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran. 

"Mungkin di sini (Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran) dilakukan kataman. Mungkin juga bisa sebelum kataman. Ya kita gak tau pastinya, soalnya cuma ngira-ngira," jelas Arwani. 

Ia mengungkapkan, Senin (20/06/2022) lalu Gus Baha menyempatkan ke Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran. Hal itu dikarenakan ada beberapa acara di DIY. 

"Kemarin kan ada acara di tiga tempat, di Krapyak, UII, dan Ngrukem. Ke sini malam Senin sampai Senin habis maghrib. Di sini (pondok) hanya bertemu para panitia dan santri-santri saja," kata Arwani.

Ia menerangkan, ketika Gus Baha ada acara di wilayah DIY, pasti datang ke Pondok Pesantren Izzati Nuril Quran. Akan tetapi, untuk saat ini memang belum mengadakan pengajian umum dan hanya untuk pihak intern pondok. (Arif KF)

News

Terkini

Pemkab Cilacap memamerkan sejumlah tosan aji atau pusaka tradisional dalam Jelajah Budaya dan Pameran Kepurbakalaan Tahun 2022 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Sabtu 6 Agustus 2022 hingga Minggu 7 Agustus 2022. Tosan aji yang dipamerkan berupa keris dan mata tombak dari abad pertengahan.

Budaya | 14:09 WIB

Setelah mantan Kadiv Propam Ferdi Sambo dimasukan ke dalam ruang khusus di Mako Brimob, pada Sabtu lalu (6/8), satu persatu fakta kembali muncul. Yang mana dugaan persekongkolan untuk merusak tempat kejadian perkara (TKP) kembali menyeruak.

News | 10:47 WIB

Festival Film Purbalingga (FFP) yang ke-16 resmi dibuka di pelataran Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Sabtu malam 6 Agustus 2022.

Budaya | 10:41 WIB

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi gagal menjenguk suaminya di Markas Korps Brimob Polri, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022).Tangisnya pecah saat memberikan keterangan kepada awak media usai gagal menemui suaminya.

News | 10:00 WIB

Dari balik tahanan, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menuliskan sebuah surat yang ditujukan untuk keluarga Brigadir J, korban tewas dalam insiden berdarah di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo.

News | 09:19 WIB

ia mengakui kliennya terlihat mengalami tekanan kejiwaan. Ia seperti menanggung beban mental yang berat. Karena itu, agar bisa berkomunikasi lebih terbuka, pihaknya berusaha membuat tenang dulu Bharada E dan membuatnya senyaman mungkin.

News | 08:03 WIB

Tim gabungan terus melakukan upaya pencarian orang hilang pascabanjir yang melanda Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada terdapat empat orang masih dinyatakan hilang.

News | 08:01 WIB

Menjamu Brighton & Hove Albion pada pekan perdana Liga Premier Inggris musim 2022/23, Manchester United (MU) dikandaskan 2-1 di kandang sendiri, Old Trafford pada Minggu malam WIB.

Sport | 07:55 WIB

Pemain baru Manchester City, Erling Haaland memborong dua gol Manchester City saat menggilas West Ham United 2-0 di London Stadium, London saat mengawali Liga Premier Inggris musim 2022/23 pada Senin dini hari WIB.

Sport | 07:42 WIB

tersangka Bharada E justru mengaku tidak mengetahui adanya peristiwa pelecehan seksual terhadap majikannya itu.

News | 07:29 WIB

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob. Setelah kejadian itu, Putri Candrawathi, istri Sambo sempat menyambangi Markas Korps Brimob di Delapa Dua Depok, Jawa Barat, Minggu (7/8/2022) malam.

News | 22:17 WIB

Panen Apa Hari Ini (PARI) Menggelar Pameran bertema 'Menjelajahi kelompok tani Jogja X Fukuda'. Hal tersebut untuk memperkenalkan sumber pangan dan praktik pertanian antar kedua wilayah

News | 21:48 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menerangkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye promosi untuk membangkitkan pariwisata di tanah air

News | 21:42 WIB

Proses lanjutan penyelidikan penyerang di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Jember terus berlanjut. Rumah-rumah dan sejumlah kendaraan warga yang dibakar ternyata melibatkan warga Banyuwangi

News | 21:35 WIB

Tim U-16 Indonesia memastikan tiket ke semifinal setelah pada laga terakhir Grup A Piala AFF di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam 06 Agustus 2022 dangan menundukkan Vietnam 2-1

Sport | 21:34 WIB
Tampilkan lebih banyak