Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Menurut jadwal, Piala Asia 2023 akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 meningkat, penyelenggaraannya dibatalkan di negara tersebut. Setelah itu, AFC menawarkan negara-negara Asia termasuk Indonesia yang sanggup menggantikan Tiongkok dan melengkapi pers

Khoirul Muzaki
Kamis, 30 Juni 2022 | 08:34 WIB
Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
PSSI

PURWOKERTO.SUARA.COM, JAKARTA - Menurut jadwal, Piala Asia 2023 akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 meningkat, penyelenggaraannya dibatalkan di negara tersebut. Setelah itu, AFC menawarkan negara-negara Asia termasuk Indonesia yang sanggup menggantikan Tiongkok dan melengkapi persayaratan hingga akhir Juni 2022.

Pada akhirnya, PSSI mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kabar baiknya, Pemerintah Indonesia juga mendukung terkait penyelenggaraan tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

‘’Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali  yang telah mendukung rencana ini,” ujarnya.

Baca Juga:Polisi Harus Usut Aktor di Balik Promo Alkohol Muhammad dan Maria

Iriawan menegaskan, semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera pihaknya siapkan. Kemudian akan dikirim secepat mungkin.

Diketahui, saat ini sudah ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. 

Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus. Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Sedangkan Qatar, akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tidak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.

Sebelumnya, Menpora, Zainudin Amali menyebut PSSI akan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menpora menyebut PSSI sudah menyampaikan permohonan dan Pemerintah telah mendukung langkah tersebut.

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah," jelasnya. 

Amali juga menegaskan, Presiden Joko Widodo juga sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah. 

"Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri," pungkasnya. (Arif KF)

Sport

Terkini

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) memasang target akreditasi institusi dan tiga program studi pada tahun 2023.

News | 11:17 WIB

Tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J terus bertambah. Polisi sudah mengumumkan dua tersangka sebelumnya, yaitu Brigadir RR dan Bharada E. Daftar tersangka masih akan bertambah.

News | 10:22 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjadwalkan datang ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022) untuk bertemu Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E) terkait koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

News | 09:51 WIB

Perbuatan TP (51), warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah kelewat batas. Ia tega "menjual" istrinya kepada lelaki hidung belang.

News | 09:43 WIB

Bayi membutuhkan ASI secara ekslusif hingga berusia enam bulan. Ketika sudah menginjak enam hingga sembilan bulan, bayi butuh 70 persen ASI dan sisanya dipenuhi lewat makanan pendamping ASI.

Lifestyle | 09:29 WIB

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Budaya | 07:43 WIB

Sebuah mobil pick up masuk jurang di Pudunan Jalan Werkit di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Senin (8/8/2022).BPD Desa Cibeureum, Asep Rahmat mengatakan, akibat kejadian nahas ini, 7 orang meninggal dunia.

News | 23:26 WIB

Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi diketahui beberapa waktu lalu sudah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisiaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI). Hal tersebut dikarenakan pada Sabtu (6/8/2022) lalu ia resmi didapuk menjadi Ketua Harian Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

News | 23:00 WIB

Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2022) siang. Kedatangan tersebut berkaitan dengan penanganan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat beberapa waktu lalu.

News | 22:50 WIB

"Sejak minggu lalu kami sudah berkoordinasi dengan Timsus Polri terkait dengan Pak Ferdy Sambo. Akan tetapi, perkembangannya sekarang ada di Mako Brimob," kata anggota Komnas HAM RI, Mohammad Choirul Anam

News | 22:43 WIB

Sementara kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri belum ada tersangka yang ditetapkan. Meskipun, klaim dari kuasa hukum laporannya sudah naik ke tahap penyidikan.

News | 22:32 WIB

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut saat ini sudah ada tiga tersangka pembunuhan Brigadir J.

News | 20:31 WIB

Satuan Reserse Kriminal Polres Cilacap berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pembunuhan seorang ART yang terjadi di sebuah rumah di Jalan Jenderal Soedirman, Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

News | 20:30 WIB

Warga Kabupaten Banyumas yang kesehariannya berjualan ponsel melalui online tega menjual paksa istrinya secara sadar kepada lelaki hidung belang. Diduga motifnya untuk kepuasan seksual karena pelaku mengintip saat "main" di kamar rumahnya.

News | 20:08 WIB

Bahkan netizen Guntur Ady Sulistyo mengaku juga memiliki boneka kucing bewarna emas yang mirip dengan kepunyaan dukun tersebut.

News | 19:22 WIB
Tampilkan lebih banyak