Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Menurut jadwal, Piala Asia 2023 akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 meningkat, penyelenggaraannya dibatalkan di negara tersebut. Setelah itu, AFC menawarkan negara-negara Asia termasuk Indonesia yang sanggup menggantikan Tiongkok dan melengkapi pers

Khoirul Muzaki
Kamis, 30 Juni 2022 | 08:34 WIB
Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
PSSI

PURWOKERTO.SUARA.COM, JAKARTA - Menurut jadwal, Piala Asia 2023 akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni-16 Juli 2023. Akan tetapi, karena kasus Covid-19 meningkat, penyelenggaraannya dibatalkan di negara tersebut. Setelah itu, AFC menawarkan negara-negara Asia termasuk Indonesia yang sanggup menggantikan Tiongkok dan melengkapi persayaratan hingga akhir Juni 2022.

Pada akhirnya, PSSI mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kabar baiknya, Pemerintah Indonesia juga mendukung terkait penyelenggaraan tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. 

‘’Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali  yang telah mendukung rencana ini,” ujarnya.

Baca Juga:Polisi Harus Usut Aktor di Balik Promo Alkohol Muhammad dan Maria

Iriawan menegaskan, semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera pihaknya siapkan. Kemudian akan dikirim secepat mungkin.

Diketahui, saat ini sudah ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. 

Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus. Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Sedangkan Qatar, akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tidak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.

Sebelumnya, Menpora, Zainudin Amali menyebut PSSI akan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menpora menyebut PSSI sudah menyampaikan permohonan dan Pemerintah telah mendukung langkah tersebut.

Baca Juga:Ke Rusia, Jokowi Bawa Pesan Zelensky untuk Putin

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah," jelasnya. 

Amali juga menegaskan, Presiden Joko Widodo juga sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah. 

"Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri," pungkasnya. (Arif KF)

Sport

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Jika ditotal maka pendapatan keseluruhan gaji pokok ditambah tunjangan yang diterima oleh Ferdy Sambo sekitar Rp 32 hingga 34 juta per bulannya.

News | 21:54 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia.

News | 20:59 WIB

Tapi kita pengacara berpegang pada kebenaran, pada peraturan UU. Sepanjang yang dijalankan benar, jalan terus,katanya

News | 20:31 WIB

Sebanyak 20 ton gula semut produksi UMKM Purbalingga diekspor ke Malaysia.

News | 20:28 WIB

Seorang karyawan CV Building Matrial Contruction, Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen mengalami kecelakaan tragis, Rabu (10/8/2022). Ia ditemukan meninggal di tempat kerja.

News | 19:25 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak