Namanya Unik, Sejarah Desa Cawet Pemalang Bermula dari Tokoh Legenda Ini

Dalam bahasa sehari-hari, cawet adalah istilah lain dari celana dalam. Di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Cawet menjadi nama sebuah desa.

Khoirul Muzaki
Selasa, 28 Juni 2022 | 22:27 WIB
Namanya Unik, Sejarah Desa Cawet Pemalang Bermula dari Tokoh Legenda Ini
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, PEMALANG- Apa yang terbesit di pikiran anda ketika mendengar kata Cawet? 

Dalam bahasa sehari-hari, cawet adalah istilah lain dari celana dalam. Di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Cawet menjadi nama sebuah desa. Memasuki desa di Kecamatan Watukumpul, anda akan melihat banyak plang fasilitas umum yang mencantumkan nama Desa Cawet

Nama desa yang unik itu pun sempat viral diberitakan. Publik tentu penasaran mengapa desa itu dinamai Cawet sehingga membuat sebagian orang geli ketika mendengarnya. 

Nama itu sudah ada sejak zaman dahulu. Pemberian nama Cawet sendiri memiliki akar sejarah yang panjang. 

Baca Juga:Nyore Spesial Hari Anak Nasional: Harapan dan cita-cita Generasi Penerus Bangsa

Kepala Desa Cawet Taufik Saleh mengatakan, ada beberapa versi yang menyebut sejarha penamaan Desa Cawet. Versi pertama, nama Cawet diambil dari nama tokoh yang “babat alas” desa tersebut. Tokoh legenda kakak beradik itu bernama Cawing dan Tali. 

Versi lainnya menyebut nama Cawet diambil dari sejarah Mbah Cawing Tali yang beraktivitas bertani menggunakan celana pendek yang diikat tali. Namun demikian, penulusuran sejarah penamaan desa Cawet menurut dia belum tuntas dan belum diketahui kesahihan ceritanya. 

“Nilai histori belum terkuak pasti. Secara peninggalan juga belum ada yang membuktikan soal sejarah nama itu. Sejarahnya terputus,”katanya saat diwawancarai channel Anak Desa Indonesia

Versi lainnya, menurutnya, dari cerita yang berkembang , nama Desa Cawet diambil dari nama Sunda “Cai Awet”. Nama Sunda itu disingkat menjadi Cawet. Dalam bahasa Indonesia, cai berarti air, awet berarti abadi. 

Mungkin, katanya, dengan mengambil dari nama itu, diharapkan desa Cawet tidak pernah akan kekurangan air. 

Baca Juga:Produksi Jam Tangan Handmade dari Limbah Kayu, Pemuda Purbalingga Raup Puluhan Juta Sebulan

Ia mengakui Desa Cawet termasuk desa  terpencil di Kabupaten Pemalang. Desa itu memiliki luas 5800 hektar dengan tiga dukuh, atau 24 RT dan 3 RW. Ada beberapa potensi unggulan desa itu, di antaranya kerajinan bambu. 

News

Terkini

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB

Kemarin ada 25 personel yang kami periksa, dan saat ini bertambah menjadi 31 personel.

News | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak