Pemkot Yogyakarta akan Mengadakan Macapat Senja di Malioboro

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta akan menggelar aksi kreatif inovatif dalam mengemas pertunjukan Macapat. Acara yang dinamakan Macapat Senja Malioboro tersebut akan berlangsung Selasa, 28 Juni 2022 pukul 15.30 17.30 WIB bertempat di Teras Malioboro 2 sisi barat.

Rudal Afgani Dirgantara
Senin, 27 Juni 2022 | 10:08 WIB
Pemkot Yogyakarta akan Mengadakan Macapat Senja di Malioboro
Pemkot Yogyakarta

PURWOKERTO.SUARA.COM, YOGYAKARTA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta akan menggelar aksi kreatif inovatif dalam mengemas pertunjukan Macapat. Acara yang dinamakan Macapat Senja Malioboro tersebut akan berlangsung Selasa, 28 Juni 2022 pukul 15.30 – 17.30 WIB bertempat di Teras Malioboro 2 sisi barat. 

Macapat Senja Malioboro dikemas dalam format kekinian dan menampilkan seniman muda pelestari budaya. Acara ini sengaja digelar untuk mempertahankan eksistensi tembang Macapat di kalangan generasi muda.

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Ismawati Retno, SIP, MA, menjelaskan bahwa event gelar Macapat Senja Malioboro ini menjadi benteng untuk mengimbangi akulturasi budaya, di tengah gempuran budaya modern. 

“Ini merupakan upaya filterisasi dari budaya asing. Tembang macapat memiliki tantangan besar dari arus modernisasi. Keseharian di masa kecil saya, macapat masih sering ditembangkan oleh orang dewasa maupun anak-anak di malam hari. Terkadang ditembangkan oleh orang tua untuk anaknya menjelang tidur. Namun saat ini sudah jarang terjadi dan terancam memudar,” jelasnya di Yogyakarta.

Baca Juga:Uniknya Jam Kayu di Purbalingga, Omset Rp 30 Juta

Ia meneramgkan, Macapat Senja Malioboro memiliki arti untuk menghidupkan kebiasaan menggunakan budaya lokal sekaligus mendekatkan masyarakat dengan seni tradisi. 

Hal itu karena pementasan macapat klasik dan kontemporer dikemas lebih segar, sesuai dengan selera kawula muda. Sebanyak 50 (limapuluh) orang pelaku seni yang terlibat adalah generasi muda. Mereka akan menampilkan macapat challenge dan macapat free style, tanpa meninggalkan aturan metrum berupa guru lagu, guru gatra, dan guru wilangan pada tembang macapat. 

Akan hadir sebagai narasumber talkshow macapat Muhammad Bagus Febriyanto,  S.S., M.Hum. (Komunitas Jagongan Naskah / Dosen UIN Sunan Kalijaga) dan Rudy Wiratama, S.IP., M.A. (Dosen Prodi Sastra Jawa UGM), digawangi oleh moderator Gundhi, S.Sos.

Seniman macapat yang terlibat adalah kelompok anak muda jawara macapat dan seniman macapat muda tamansiswa. Pelaku seni Macapat Challenge: Danang Fitrianto (Marto Paidi), Maria Ratna Anggraini Santoso, Sri Yuwaningtyas Sukma Putri, Anggraini Puspita Imani, Rahmat Edhy Purnomo dan Rizki Nur Hakiki. Macapat Free Style oleh kelompok Mantradisi, pimpinan Paksi Raras Alit. Acara akan dipandu oleh MC : Ferian Fembriansyah. 

Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta, Drs. Dwi Hana Cahya Sumpena menjelaskan, agenda ini memiliki tujuan untuk melestarikan sastra lokal dalam tembang macapat kepada kalangan muda.

Baca Juga:Kreatif! Warga Purbalingga Produksi Pengawet Makanan dari Serabut Kelapa

"Acara ini sekaligus menghidupkan kembali tradisi bermacapat dalam keseharian masyarakat, guna membendung masuknya budaya modern yang kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya Jawa," ujarnya. (Arif KF)

Budaya

Terkini

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menyatakan terjadi keanehan setelah Brigadir J meninggal. Uang Rp 200 juta mengalir dari rekening Brigadir J ke rekening tersangka pembunuhan berencana tiga hari setelah kematian Brigadir J.

News | 01:02 WIB

Maskapai penerbangan Wings Air menghentikan penerbangan dari Bandara Pondok Cabe Tangerang Selatan - Bandara JB Soedirman Purbalingga setelah diresmikan tanggal 5 Agustus 2022.

News | 23:29 WIB

Pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer ke daerah mencapai Rp 811, 7 T di tahun 2023

Lifestyle | 22:08 WIB

Program spesial ini berlaku hingga tanggal 31 Agustus 2022 di 233 jaringan bengkel resmi Honda / Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas.

News | 22:04 WIB

Konsumsi makanan bernutrisi dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi kram menstruasi.

Lifestyle | 19:54 WIB

YouTube telah merilis fitur terbaru yaitu monetisasi Super Chat dan Super Stickers di Indonesia

Lifestyle | 19:36 WIB

Orang tua perlu mengenal, memahami, dan melakukan pola asuh di era digital atau digital parenting.

Lifestyle | 19:28 WIB

Aksi geng motor di Kabupaten Banyumas pada Minggu dinihari 14 Agustus 2020 memicu keresahan masyarakat. Bagaimana tidak, mereka konvoi keliling kota dengan menenteng senjata tajam, merobohkan motor di parkiran dan menyalakan roket petasan di Alun-alun Purwokerto.

News | 19:13 WIB

Aksi geng motor di Kabupaten Banyumas pada Minggu dinihari 14 Agustus 2020 memicu keresahan masyarakat. Bgaimana tidak, mereka menenteng senjata tajam keliling kota dan menyalakan roket kembang api di Alun-alun Purwokerto.

News | 19:02 WIB

Murid SD N 2 Ciarus, Desa Randegan, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas terpaksa harus belajar di luar ruangan karena kondisi bangunan yang sudah hampir roboh.

News | 15:01 WIB

Komedian Dodit Mulyanto mengeluarkan lagu terbaru berjudul Sehidup Semati Sama Kamu. Lagu tersebut diciptalan oleh CongQ, Mas Bruno dan Dodit Mulyanto

Lifestyle | 10:53 WIB

Kasat Resnarkoba Polres Karawang AKP ENM ditangkap Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri karena kasus peredaran narkoba.

News | 10:46 WIB

Ferdy Sambo dan keluarganya tampak beraktivitas di sebuah gereja bersama seorang pendeta dengan wajah ceria. Keluarga itu tampak sederhana, baik sikap maupun penampilannya.

News | 09:40 WIB

Tampang artis Napoleon Bonaparte menunjukkan ia pernah menjadi idola di eranya dulu

Lifestyle | 09:05 WIB

Untuk diketahui, LPSK akhirnya menolak permohonan perlindungan dari Putri Candrawathi, istri Irjen Pol Ferdy Sambo. Penolakan permohonan itu berdasarkan berbagai pertimbangan.

News | 08:52 WIB
Tampilkan lebih banyak