Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara

namun dalam Liga Santri ini, tidak hanya melantunkan nyanyian penyemangat, para santri ini juga melantunkan baik sholawat, nadhom alfiyah dan lagu yalal wathon diiringi tabuhan drumband.

Khoirul Muzaki
Minggu, 26 Juni 2022 | 18:27 WIB
Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara
Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANJARNEGARA-Dukungan suporter menjadi motivasi pemain sepak bola yang berjuang keras di lapangan. Suara sorak dan yel-yel suporter menjadi energi baru bagi pemain di rumput hijau. 

Namun ada yang berbeda dari laga pembuka Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tingkat Kodim 0704 Banjarnegara di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Senin (20/6/2022) lalu.

Seperti umumnya suporter, para suporter yang berasal dari kalangan pesantren ini tak pernah berhenti memberikan dukungan pada para pemain dari balik tribun penonton. 

Namun dalam Liga Santri ini,  tidak hanya melantunkan nyanyian penyemangat, para santri ini juga melantunkan baik sholawat, nadhom alfiyah dan lagu yalal wathon diiringi  tabuhan drumband.

Baca Juga:Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film

Hal tersebut terjadi saat pertandingan sepak bola antara Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin vs Pondok Pesantren Darunnajah. 

Nadhom Alfiyah merupakan kitab ilmu alat bagi kalangan santri untuk memudahkan  membaca kitab gundul. Tentu saja ini menjadi perhatian para penonton yang hadir dari kalangan masyarakat umum.

Alunan nadhom Alfiyah yang mencapai lebih dari 1.000 bait ini dinyanyikan secara bersamaan layaknya para suporter memberikan nyanyian untuk para pemain.

“Kami salut pada suporter dari kalangan santri, beberapa nyanyian lagu penyemangat yang mereka nyanyikan juga sangat luar biasa,” kata Panpel Liga Santri Kodim 0704 Banjarnegara Setyo Eko Nugroho.

Adapun beberapa lagu yang diteriakkan pada suporter santri dalam Liga Santri ini di antaranya lagu perjuangan Yalal Wathon, Nadhom Alfiyah, serta beberapa bait sholawat, serta syair khas kaum sarungan.

Baca Juga:Kontroversial, Siapa yang Menamai Candi Asu Magelang?

Amir Faizal, suporter dari Tangho FC ini mengaku sengaja melantunkan baik sholawat dan nadhom Alfiyah untuk mendukung dan menambah semangat pemain yang berada di lapangan. 

Tak hanya itu. Lantunan bait ini juga menjadi bagian dari upaya para santri untuk tetap menjaga hafalan nadhom yang menjadi bagian pembelajaran di pesantren

News

Terkini

Idol grup besutan YG Entertainment, Blackpink umumkan jadwal tour dunianya pada Senin malam (8/8) melalui akun media sosial resmi di @blackpinkofficial .

Lifestyle | 22:08 WIB

T Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda ST125 Dax yang berkarakter ikonik, unik, dan simple dengan sentuhan modern pada teknologi terkini

Lifestyle | 21:54 WIB

Sementera di kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan,polisi memasang garis polisi, menyusul kedatangan sejumlah personel Korps Brimob dan Divisi Propam Polri ke lokasi, Selasa (9/8/2022). Maksud kedatangan para personel tersebut ke kediaman Sambo belum diketahui p

News | 17:23 WIB

Pemain asal Indonesia, Witan Sulaeman resmi bergabung dengan klub kasta teratas Liga Slovakia, AS Trencin dengan status bebas transfer. Sebelumnya, ia diputus kontrak oleh klub Polandia Lechia Gdansk.

News | 15:12 WIB

Banjir bandang menghantam ibu kota Korea Selatan, Seoul pada Senin malam (8/8). Banjir terjadi setelah hujan lebat mengujam ibu kota Korsel sejak siang hari waktu setempat.

News | 14:59 WIB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali menegaskan kepada Polri untuk pengusutan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J harus sampai tuntas. Sehingga citra dan kepercayaan yang melekat pada Polri tidak rusak di hadapan khalayak publik.

News | 14:49 WIB

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) memasang target akreditasi institusi dan tiga program studi pada tahun 2023.

News | 11:17 WIB

Tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J terus bertambah. Polisi sudah mengumumkan dua tersangka sebelumnya, yaitu Brigadir RR dan Bharada E. Daftar tersangka masih akan bertambah.

News | 10:22 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjadwalkan datang ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022) untuk bertemu Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E) terkait koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

News | 09:51 WIB

Perbuatan TP (51), warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah kelewat batas. Ia tega "menjual" istrinya kepada lelaki hidung belang.

News | 09:43 WIB

Bayi membutuhkan ASI secara ekslusif hingga berusia enam bulan. Ketika sudah menginjak enam hingga sembilan bulan, bayi butuh 70 persen ASI dan sisanya dipenuhi lewat makanan pendamping ASI.

Lifestyle | 09:29 WIB

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Budaya | 07:43 WIB

Sebuah mobil pick up masuk jurang di Pudunan Jalan Werkit di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Senin (8/8/2022).BPD Desa Cibeureum, Asep Rahmat mengatakan, akibat kejadian nahas ini, 7 orang meninggal dunia.

News | 23:26 WIB

Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi diketahui beberapa waktu lalu sudah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisiaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI). Hal tersebut dikarenakan pada Sabtu (6/8/2022) lalu ia resmi didapuk menjadi Ketua Harian Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

News | 23:00 WIB

Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2022) siang. Kedatangan tersebut berkaitan dengan penanganan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J atau Nopryansah Yosua Hutabarat beberapa waktu lalu.

News | 22:50 WIB
Tampilkan lebih banyak