Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara

namun dalam Liga Santri ini, tidak hanya melantunkan nyanyian penyemangat, para santri ini juga melantunkan baik sholawat, nadhom alfiyah dan lagu yalal wathon diiringi tabuhan drumband.

Khoirul Muzaki
Minggu, 26 Juni 2022 | 18:27 WIB
Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara
Tak Sembarang Suporter, Nadhom Alfiah Menggema di Tribun Liga Santri Banjarnegara

PURWOKERTO.SUARA.COM, BANJARNEGARA-Dukungan suporter menjadi motivasi pemain sepak bola yang berjuang keras di lapangan. Suara sorak dan yel-yel suporter menjadi energi baru bagi pemain di rumput hijau. 

Namun ada yang berbeda dari laga pembuka Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tingkat Kodim 0704 Banjarnegara di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Senin (20/6/2022) lalu.

Seperti umumnya suporter, para suporter yang berasal dari kalangan pesantren ini tak pernah berhenti memberikan dukungan pada para pemain dari balik tribun penonton. 

Namun dalam Liga Santri ini,  tidak hanya melantunkan nyanyian penyemangat, para santri ini juga melantunkan baik sholawat, nadhom alfiyah dan lagu yalal wathon diiringi  tabuhan drumband.

Baca Juga:Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film

Hal tersebut terjadi saat pertandingan sepak bola antara Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin vs Pondok Pesantren Darunnajah. 

Nadhom Alfiyah merupakan kitab ilmu alat bagi kalangan santri untuk memudahkan  membaca kitab gundul. Tentu saja ini menjadi perhatian para penonton yang hadir dari kalangan masyarakat umum.

Alunan nadhom Alfiyah yang mencapai lebih dari 1.000 bait ini dinyanyikan secara bersamaan layaknya para suporter memberikan nyanyian untuk para pemain.

“Kami salut pada suporter dari kalangan santri, beberapa nyanyian lagu penyemangat yang mereka nyanyikan juga sangat luar biasa,” kata Panpel Liga Santri Kodim 0704 Banjarnegara Setyo Eko Nugroho.

Adapun beberapa lagu yang diteriakkan pada suporter santri dalam Liga Santri ini di antaranya lagu perjuangan Yalal Wathon, Nadhom Alfiyah, serta beberapa bait sholawat, serta syair khas kaum sarungan.

Baca Juga:Kontroversial, Siapa yang Menamai Candi Asu Magelang?

Amir Faizal, suporter dari Tangho FC ini mengaku sengaja melantunkan baik sholawat dan nadhom Alfiyah untuk mendukung dan menambah semangat pemain yang berada di lapangan. 

Tak hanya itu. Lantunan bait ini juga menjadi bagian dari upaya para santri untuk tetap menjaga hafalan nadhom yang menjadi bagian pembelajaran di pesantren

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak