Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang pernah menjadi lokasi syuting film. Dipilihnya objek-objek wisata itu untuk lokasi syuting diharapkan membawa dampak yang signifikan.

Khoirul Muzaki
Minggu, 26 Juni 2022 | 16:57 WIB
Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film
Pemprovjateng

PURWOKERTO.SAUARA.COM, MAGELANG-Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang pernah menjadi lokasi syuting film. Dipilihnya objek-objek wisata itu untuk lokasi syuting diharapkan membawa dampak yang signifikan. 

Sehingga wisata di Kabupaten Magelang lebih dikenal oleh masyarakat di penjuru Indonesia dan luar negeri.

Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) misalnya yang mengambil lokasi syuting di Gereja Ayam dan Puthuk Setumbu

"Kedua lokasi itu kini banyak dikunjungi wisatawan. Kita berharap kesuksesan yang sama akan terulang,” ujar Direktur Utama Ketep Pass, Mul Budi Santoso yang dihubungi Jumat (24/6/2022).

Baca Juga:Kontroversial, Siapa yang Menamai Candi Asu Magelang?

Tak cuma itu. Tiga judul film yang syuting di Magelang lainnya adalah Mayflies dengan bintang utama Dyon Wiyoko dan Fabby Rastanty. Film ini mengambil lokasi di Dusun cantik Krangean Ngablak, Cerita Kita Cafe dan Eatery, Sunsetfalls Resort Ngablak dan sekitarnya.

Kemudian film Gamophobia, mengambil lokasi di Omah Kembang Ngablak, Negeri Kahyangan Wonolelo Sawangan, Ketep Pass dan sekitarnya. Bintang filmnya Mark Idol dan Marsha Juan.

Film selanjutnya berjudul Kereta, dengan bintang film Agniny Haqua (KKN Di Desa Penari) dan Bio One. Film ini mengambil lokasi syuting di Nalendro Cafe Borobudur, RS Merah Putih, dan sekitarnya.

Selain di lokasi-lokasi tersebut, pengambilan gambar juga ada di Untidar, Candi Mendut, TWC, Kantor Kecamatan Borobudur, dan beberapa lokasi lainnya.

Bodrek, panggilan akrabnya mengungkapkan, sebenarnya syuting film yang akan ditayangkan secara nasional dan luar negeri itu, akan diproduksi di Yogyakarta.

Baca Juga:Minta Doa Rakyat Indonesia, Jokowi Bakal ke Rusia Temui Putin dan Zelensky di Ukraina

“Namun kemudian kami bersama Forum DTW Kabupaten Magelang melakukan komunikasi dengan pihak rumah produksi, dalam hal ini Satria Picture agar produksi dialihkan ke Kabupaten Magelang,” ujar Bodrek, yang juga pegiat wisata di Kabupaten Magelang.

Saat itu, imbuhnya, pihak PH menanyakan apa keunggulan di wilayah Kabupaten Magelang.

Pihaknya memberikan beberapa rekomendasi titik lokasi yang bagus untuk lokasi syuting, ditambah ada magnet Candi Borobudur. 

Terlebih, lanjutnya, Bupati Magelang dan istri, Tanti Zaenal Arifin, sangat mendukung dengan memberikan penginapan gratis kepada kru, sehingga bisa mengurangi biaya produksi PH. 

Demikian juga dengan beberapa objek seperti Omah Kembang dan Cerita Kita, juga memberikan penginapan gratis.

“Mereka menyambut baik dan dengan tangan terbuka, akhirnya memilih Kabupaten Magelang sebagai lokasi syuting,” paparnya.

Diharapkan, dengan penayangan film-film tersebut, akan mengangkat promosi wisata, kuliner dan budaya di wilayah ini. Juga bisa menumbuhkan geliat wisata yang luar biasa.

“Magelang akan semakin dikenal baik dari dalam maupun luar negeri, dan mereka akan berbondong-bondong ke sini,” harap Bodrek.

Lifestyle

Terkini

Menjelang laga Final Piala AFF U-16 2022 semakin meruncingkan persaingan pemain dalam mengejar predikat pencetak gol terbanyak alias top skor.

Sport | 11:14 WIB

Skuad Garuda Muda Bertekat Persembahkan Kemenangan sebagai Kado HUT Kemerdekaan RI

Sport | 09:38 WIB

Menjelang laga final Piala AFF U-16 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, PSSI mengundang semua orangtua pemain untuk menonton di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta, Jumat 12 Agustus 2022.

Sport | 08:12 WIB

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri dan penyidik Timsus mengungkap hasil pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo perihal motif dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Kamis 11 Agustus 2022. Sambo menjalani pemeriksaan dari pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB.

News | 07:48 WIB

Jadwal siaran langsung Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam di final Piala AFF U-16 2022

Sport | 07:34 WIB

MA ditetapkan sebagai tersangka dalam kapasitasnya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum tahun 2010. Penetapan tersangka MA berdasarkan hasil pengembangan pemeriksaan dari pelaku yang sudah dihukum sebelumnya.

News | 23:00 WIB

sempat ada mobil Toyota Innova berpelat G. Plat G mengindikasikan mobil itu terdaftar di Kepolisian daerah Brebes, Pemalang, Batang, Tegal atau Pekalongan.

News | 22:31 WIB

Motif Irjen Pol Ferdy Sambo melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat terungkap. Berdasar hasil penyidikan awal, Ferdy Sambo mengaku berang karena istrinya dilecehkan di Magelang, Jawa Tengah.

News | 21:21 WIB

Joko Widodo Presiden mengatakan, belum ada kebutuhan mendesak untuk menugaskan perwira aktif TNI di kementerian/lembaga.

News | 20:38 WIB

Kasus penembakan Brigadir Nopriansyah Yosua (Brigadir J) sudah menemukan titik terang, setelah Irjen Ferdy Sambo dan ketiga polisi lainnya ditetapkan tersangka oleh Kapolri.

News | 20:36 WIB

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengungkap informasi mengejutkan perihal dugaan motif penembakan terhadap Brigadir J. Menurutnya ada dua motif dalam pembunuhan Brigadir J.

News | 20:26 WIB

Namun di Sragen, menjelang Hari Kemerdekaan, justru digelar lomba foto jalan rusak.

News | 20:02 WIB

Buntut Lili Pintauli Siregar yang terseret kasus dugaan gratifikasi tiket MotoGP. Hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu Presiden Joko Widodo dan persetujuan DPR untuk mengisi kekosongan satu kursi pimpinan KPK itu.

News | 19:43 WIB

Sepur Kluthuk Jaladara ini beroperasi menggunakan Lokomotif Uap C1218 buatan Jerman pada tahun 1896. Kemudian, pada 6 Februari 2020, lokomotif tersebut diganti dengan menggunakan Lokomotif Uap D1410 buatan Jerman pada tahun 1921.

Lifestyle | 19:35 WIB

Turnamen Piala Presiden Esports 2022 resmi digelar. Kegiatan tersebut ditandai dengan acara pembukaan atau kick off dengan tema "Beyonderful" yang diadakan di The Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

News | 19:25 WIB
Tampilkan lebih banyak