Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang pernah menjadi lokasi syuting film. Dipilihnya objek-objek wisata itu untuk lokasi syuting diharapkan membawa dampak yang signifikan.

Khoirul Muzaki
Minggu, 26 Juni 2022 | 16:57 WIB
Tak Hanya Gereja Ayam, Tempat-tempat Wisata di Magelang Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film
Pemprovjateng

PURWOKERTO.SAUARA.COM, MAGELANG-Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang pernah menjadi lokasi syuting film. Dipilihnya objek-objek wisata itu untuk lokasi syuting diharapkan membawa dampak yang signifikan. 

Sehingga wisata di Kabupaten Magelang lebih dikenal oleh masyarakat di penjuru Indonesia dan luar negeri.

Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) misalnya yang mengambil lokasi syuting di Gereja Ayam dan Puthuk Setumbu

"Kedua lokasi itu kini banyak dikunjungi wisatawan. Kita berharap kesuksesan yang sama akan terulang,” ujar Direktur Utama Ketep Pass, Mul Budi Santoso yang dihubungi Jumat (24/6/2022).

Baca Juga:Kontroversial, Siapa yang Menamai Candi Asu Magelang?

Tak cuma itu. Tiga judul film yang syuting di Magelang lainnya adalah Mayflies dengan bintang utama Dyon Wiyoko dan Fabby Rastanty. Film ini mengambil lokasi di Dusun cantik Krangean Ngablak, Cerita Kita Cafe dan Eatery, Sunsetfalls Resort Ngablak dan sekitarnya.

Kemudian film Gamophobia, mengambil lokasi di Omah Kembang Ngablak, Negeri Kahyangan Wonolelo Sawangan, Ketep Pass dan sekitarnya. Bintang filmnya Mark Idol dan Marsha Juan.

Film selanjutnya berjudul Kereta, dengan bintang film Agniny Haqua (KKN Di Desa Penari) dan Bio One. Film ini mengambil lokasi syuting di Nalendro Cafe Borobudur, RS Merah Putih, dan sekitarnya.

Selain di lokasi-lokasi tersebut, pengambilan gambar juga ada di Untidar, Candi Mendut, TWC, Kantor Kecamatan Borobudur, dan beberapa lokasi lainnya.

Bodrek, panggilan akrabnya mengungkapkan, sebenarnya syuting film yang akan ditayangkan secara nasional dan luar negeri itu, akan diproduksi di Yogyakarta.

Baca Juga:Minta Doa Rakyat Indonesia, Jokowi Bakal ke Rusia Temui Putin dan Zelensky di Ukraina

“Namun kemudian kami bersama Forum DTW Kabupaten Magelang melakukan komunikasi dengan pihak rumah produksi, dalam hal ini Satria Picture agar produksi dialihkan ke Kabupaten Magelang,” ujar Bodrek, yang juga pegiat wisata di Kabupaten Magelang.

Saat itu, imbuhnya, pihak PH menanyakan apa keunggulan di wilayah Kabupaten Magelang.

Pihaknya memberikan beberapa rekomendasi titik lokasi yang bagus untuk lokasi syuting, ditambah ada magnet Candi Borobudur. 

Terlebih, lanjutnya, Bupati Magelang dan istri, Tanti Zaenal Arifin, sangat mendukung dengan memberikan penginapan gratis kepada kru, sehingga bisa mengurangi biaya produksi PH. 

Demikian juga dengan beberapa objek seperti Omah Kembang dan Cerita Kita, juga memberikan penginapan gratis.

“Mereka menyambut baik dan dengan tangan terbuka, akhirnya memilih Kabupaten Magelang sebagai lokasi syuting,” paparnya.

Diharapkan, dengan penayangan film-film tersebut, akan mengangkat promosi wisata, kuliner dan budaya di wilayah ini. Juga bisa menumbuhkan geliat wisata yang luar biasa.

“Magelang akan semakin dikenal baik dari dalam maupun luar negeri, dan mereka akan berbondong-bondong ke sini,” harap Bodrek.

Lifestyle

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Jika ditotal maka pendapatan keseluruhan gaji pokok ditambah tunjangan yang diterima oleh Ferdy Sambo sekitar Rp 32 hingga 34 juta per bulannya.

News | 21:54 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Sebanyak 982 jiwa di Kota Surakarta (Solo) telah terinfeksi virus HIV/AIDS. Dikutip dari portal resmi Pemkot Surakarta, dari angka itu, 158 orang diantaranya telah meninggal dunia.

News | 20:59 WIB

Tapi kita pengacara berpegang pada kebenaran, pada peraturan UU. Sepanjang yang dijalankan benar, jalan terus,katanya

News | 20:31 WIB

Sebanyak 20 ton gula semut produksi UMKM Purbalingga diekspor ke Malaysia.

News | 20:28 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Seorang karyawan CV Building Matrial Contruction, Desa Banaran, Sambungmacan, Sragen mengalami kecelakaan tragis, Rabu (10/8/2022). Ia ditemukan meninggal di tempat kerja.

News | 19:25 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB
Tampilkan lebih banyak