Malu-maluin, Ada Copet di Acara Pengajian Habib Syech dan KH Anwar Zahid di Sragen

Di Kabupaten Sragen, dua pengajian akbar yang menghadirkan dai kondang harus ternodai aksi pencurian oleh komplotan penjahat.

Khoirul Muzaki
Senin, 20 Juni 2022 | 11:33 WIB
Malu-maluin, Ada Copet di Acara Pengajian Habib Syech dan KH Anwar Zahid di Sragen
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, SRAGEN-Acara pengajian mestinya menjadi sarana beribadah dan mendekatkan diri kepada Ilahi. Tetapi apa jadinya jika kegiatan suci itu justru dimanfaatkan oknum untuk mencari mangsa atau sasaran pencurian. 

Kerumunan di pengajian ternyata menjadi kesempatan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. 

Di Kabupaten Sragen, dua pengajian akbar yang menghadirkan dai kondang harus ternodai aksi pencurian oleh komplotan penjahat. 

Yakni saat pengajian Kemukus Bersalawat yang dihadiri Habib Syech Assegaf, (24/5/2022) lalu dalam rangka peringatan HUT Sragen ke 276, serta terbaru pengajian akbar yang menghadirkan dai kondang asal Jawa Timur KH. Anwar Zahid saat peresmian  Madrasah Diniyyah di Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Kamis (16/6/2022). 

Beruntung di pengajian kedua, aksi mereka ketahuan hingga ditangkap oleh polisi. 

Mulanya polisi mendapati laporan hilangnya barang berharga jamaah saat pengajian. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi mencurigai seorang pria dan wanita yang pergerakannya mencurigakan. 

Setelah diamankan dan digeledah, polisi mendapati 8 HP berbagai merek dari tangan mereka. Polisi melakukan interogasi hingga mendapati informasi ada teman mereka yang lain turut beraksi sama. 


Kasi Humas Polres Sragen AKP Suwarso mengatakan, polisi kemudian mengamankan 2 terduga pelaku lainnya.  Dari mereka, polisi kembali mendapati barang bukti sebuah HP yang disimpan di dalam tas selempang. 

Mereka berbagi peran dalam melancarkan aksinya.  SR(54), warga Kecamatan Karangtengah, Demak, KS(63) warga Kecamatan Pedurungan Semarang, berperan sebagai eksekutor. 

Sementara PR (59) warga Kecamatan Tanon, Sragen yang ternyata residivis kasus sama berperan pula sebagai eskekutor. 

Sedangkan SP (50), berperan mengumpulkan barang curian dari kelompok pertama dan kedua. 

Belakangan diketahui, mereka sebelumnya 
berhasil mencuri sejumlah barang berharga jamaah pada Pengajian Akbar kegiatan hari jadi Sragen bertajuk Kemukus Bersalawat yang dihadiri Habib Syech Assegaf.

News

Terkini

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menerima putusan Federasi Sepakbola ASEAN atau ASEAN Football Federation (AFF) perihal hasil penyelidikan dugaan kecurangan laga Vietnam vs Thailand pada Piala AFF U-19.

Sport | 08:51 WIB

Idol grup besutan YG Entertainment, Blackpink umumkan jadwal tour dunianya pada Senin malam (8/8) melalui akun media sosial resmi di @blackpinkofficial .

Lifestyle | 22:08 WIB

T Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda ST125 Dax yang berkarakter ikonik, unik, dan simple dengan sentuhan modern pada teknologi terkini

Lifestyle | 21:54 WIB

Selasa petang pukul 6.35 WIB, 9 Agustus 2022, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo umumkan tersangka baru dalam insiden kematian Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Pol. Ferdy Sambo.

News | 19:59 WIB

Bareskrim Polri akhirnya menetakan Irjen Pol Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J di rumah dinasnya, Selasa (9/8/2022).

News | 19:38 WIB

Sementera di kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan,polisi memasang garis polisi, menyusul kedatangan sejumlah personel Korps Brimob dan Divisi Propam Polri ke lokasi, Selasa (9/8/2022). Maksud kedatangan para personel tersebut ke kediaman Sambo belum diketahui p

News | 17:23 WIB

Pemain asal Indonesia, Witan Sulaeman resmi bergabung dengan klub kasta teratas Liga Slovakia, AS Trencin dengan status bebas transfer. Sebelumnya, ia diputus kontrak oleh klub Polandia Lechia Gdansk.

News | 15:12 WIB

Banjir bandang menghantam ibu kota Korea Selatan, Seoul pada Senin malam (8/8). Banjir terjadi setelah hujan lebat mengujam ibu kota Korsel sejak siang hari waktu setempat.

News | 14:59 WIB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kembali menegaskan kepada Polri untuk pengusutan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J harus sampai tuntas. Sehingga citra dan kepercayaan yang melekat pada Polri tidak rusak di hadapan khalayak publik.

News | 14:49 WIB

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP) memasang target akreditasi institusi dan tiga program studi pada tahun 2023.

News | 11:17 WIB

Tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J terus bertambah. Polisi sudah mengumumkan dua tersangka sebelumnya, yaitu Brigadir RR dan Bharada E. Daftar tersangka masih akan bertambah.

News | 10:22 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjadwalkan datang ke Bareskrim Polri pada Selasa (9/8/2022) untuk bertemu Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E) terkait koordinasi terkait dengan justice collaborator (JC).

News | 09:51 WIB

Perbuatan TP (51), warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sudah kelewat batas. Ia tega "menjual" istrinya kepada lelaki hidung belang.

News | 09:43 WIB

Bayi membutuhkan ASI secara ekslusif hingga berusia enam bulan. Ketika sudah menginjak enam hingga sembilan bulan, bayi butuh 70 persen ASI dan sisanya dipenuhi lewat makanan pendamping ASI.

Lifestyle | 09:29 WIB

Sebanyak 15 pelukis dari Kabupaten Purbalingga menunjukan kreativitasnya dalam melukis Panglima Besar Jenderal Soedirman di program Melukis Soedirman 2022.

Budaya | 07:43 WIB
Tampilkan lebih banyak