Pendaki Gunung Slamet via Purbalingga Meninggal Usai Mengalami Gagal Jantung

Kabar duka menyelimuti jagat pendakian gunung. Seorang pendaki Gunung Slamet (3428 Mdpl) berusia 53 tahun meninggal usai mengalami gagal jantung di atas pos 7, Sabtu (18/6/2022).

Rudal Afgani Dirgantara
Minggu, 19 Juni 2022 | 07:37 WIB
Pendaki Gunung Slamet via Purbalingga Meninggal Usai Mengalami Gagal Jantung
Instagram BPBD Purbalingga

PURWOKERTO.SUARA.COM, PURBALINGGA - Kabar duka menyelimuti jagat pendakian gunung. Seorang pendaki Gunung Slamet (3428 Mdpl) berusia 53 tahun meninggal usai mengalami gagal jantung di atas pos 7, Sabtu (18/6/2022).

Pendaki atas nama Hardiat Hidayatuloh, warga Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat berangkat via pos Bambangan, Purbalingga pada Sabtu pukul 03.00 WIB.

Hardiat berangkat bersama dua orang rekannya dan seorang porter dari Basecamp Bambangan, Purbalingga.

Dalam perjalanan Hardiat mendadak jatuh pingsan di jalur Pos 7 menuju Pos 8. Keadaan korban berubah kritis pada pukul 09.00 WIB.

Prasetyo Setiawan, rekan sependakian korban, kemudian melaporkan kejadian ini ke Basecamp Bambangan untuk meminta pertolongan.

Pukul 10.30 WIB Basecamp Bambangan menerima laporan itu. Selang 30 menit, Basecamp Bambangan mengirim satu regu untuk mengevakuasi korban.

Pukul 12.00 WIB tim SAR gabungan berangkat untuk melanjutkan estafet proses evakuasi.

"Langkah yang kami tempuh berkordinasi dengan Basecamp Bambangan dan Perhutani. Selanjutnya Basecamp Bambangan memberangkatkan satu Tim Evakuasi pertama Pada Pukul 11.00 WIB disusul Tim SAR Gabungan Pukul 12.00 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Umar Faozi melalui rilis BPBD.

Tim SAR Gabungan sampai di lokasi pukul 13.40 WIB. Namun saat Tim SAR hendak memeriksa kondisi korban dan memberikan pertolongan pertama dengan memberikan oksigen korban telah meninggal.

Korban langsung dibawa ke Puskesmas Karangreja untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan Tim Inafis Polres Purbalingga.

"Keterangan dari dokter Puskesmas Karangreja survivor dinyatakan meninggal mengalami gagal jantung," ujarnya

Kini jenazah korban dibawa ke RSUD Goeteng Tarunadibrata Purbalingga untuk disucikan sebelum diserahkan ke pihak keluarga di Kota Cimahi, Jawa Barat .

Proses evakuasi melibatkan sejumlah unsur, antara lain BPBD Purbalingga, Inafis Polres Purbalingga, Perhutani Banyumas Timur, Puskesmas Karangreja, Polsek Karangreja, Koramil Karangreja, SAR Gunung Slamet, SAR Samarantu, PRC, IEA, RPP, dan masyarakat.

News

Terkini

Sumber protein tinggi tak melulu berasal dari daging. Selain biji-bijian memiliki kandungan protein tinggi, beberapa buah juga ada yang mengandung protein tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Lifestyle | 12:29 WIB

Menjelang laga Final Piala AFF U-16 2022 semakin meruncingkan persaingan pemain dalam mengejar predikat pencetak gol terbanyak alias top skor.

Sport | 11:14 WIB

Skuad Garuda Muda Bertekat Persembahkan Kemenangan sebagai Kado HUT Kemerdekaan RI

Sport | 09:38 WIB

kesalahan saat menggunakan kondisioner dapat membuat rambut terasa lengket, berat atau berminyak.

Lifestyle | 08:59 WIB

Menjelang laga final Piala AFF U-16 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, PSSI mengundang semua orangtua pemain untuk menonton di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta, Jumat 12 Agustus 2022.

Sport | 08:12 WIB

Jadwal siaran langsung Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam di final Piala AFF U-16 2022

Sport | 07:34 WIB

Orang tua perlu memastikan agar anak tidak membawa tas berisi banyak buku yang memberatkan sang anak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tulang sang anak.

Lifestyle | 05:41 WIB

Untuk menikmati secangkir kopi pertama cium dulu kopinya. Lalu mencoba kopi dengan srup (diseruput). Caranya lidah tempelkan ke langit-langit lalu hirup kopinya.

Lifestyle | 22:02 WIB

Kasus penembakan Brigadir Nopriansyah Yosua (Brigadir J) sudah menemukan titik terang, setelah Irjen Ferdy Sambo dan ketiga polisi lainnya ditetapkan tersangka oleh Kapolri.

News | 20:36 WIB

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengungkap informasi mengejutkan perihal dugaan motif penembakan terhadap Brigadir J. Menurutnya ada dua motif dalam pembunuhan Brigadir J.

News | 20:26 WIB

Sederet pemain yang membintangi drama If You Wish Upon Me.

Lifestyle | 20:23 WIB

Sinopsis If You Wish Upon Me yang bikin menarik untuk disaksikan

Lifestyle | 20:12 WIB

Namun di Sragen, menjelang Hari Kemerdekaan, justru digelar lomba foto jalan rusak.

News | 20:02 WIB

Buntut Lili Pintauli Siregar yang terseret kasus dugaan gratifikasi tiket MotoGP. Hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu Presiden Joko Widodo dan persetujuan DPR untuk mengisi kekosongan satu kursi pimpinan KPK itu.

News | 19:43 WIB

Sepur Kluthuk Jaladara ini beroperasi menggunakan Lokomotif Uap C1218 buatan Jerman pada tahun 1896. Kemudian, pada 6 Februari 2020, lokomotif tersebut diganti dengan menggunakan Lokomotif Uap D1410 buatan Jerman pada tahun 1921.

Lifestyle | 19:35 WIB
Tampilkan lebih banyak