Momen Ridwan Kamil Nangis Arsiteki Pembangunan Masjid Ajlin Palestina yang Dihancurkan Israel

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat termasuk yang punya andil cukup besar dalam proses pembangunan masjid Syekh Ajlin.

Khoirul Muzaki
Sabtu, 18 Juni 2022 | 09:16 WIB
Momen Ridwan Kamil Nangis Arsiteki Pembangunan Masjid Ajlin Palestina yang Dihancurkan Israel
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, Penderitaan masyarakat Gaza Palestina tak kunjung berakhir. Pemerintah zionis Israel terus membombardir wilayah Palestina hingga banyak nyawa umat Islam melayang. 

Banyak infrastruktur hancur karena serangan bom yang membabibuta. Di antaranya Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina. Salah satu masjid kebanggaan umat Islam di Palestina itu hancur berkeping-keping oleh serangan Israel. 

Umat muslim di daerah itu harus berduka karena tak lagi memiliki masjid yang nyaman untuk beribadah. 

Beruntung kepedihan umat Islam Palestina itu ikut dirasakan umat Islam di Indonesia. Warga Indonesia gotong royong membantu proses pembangunan kembali masjid itu dengan cara berdonasi. 

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat termasuk yang punya andil cukup besar dalam proses pembangunan masjid Syekh Ajlin. 

Ia bahkan yang merancang langsung desain bangunan masjid Ajlin yang didanai masyarakat muslim Indonesia itu.  Ridwan Kamil berhasil meyakinkan warga Gaza dengan desain masjid yang lain dari biasa. 
Desain masjid karya Ridwan Kamil di Gaza terlihat megah berbentuk silinder. 

Umat Islam Palestina menyambut  kepedulian warga seiman dari Indonesia untuk meringankan beban mereka. 

Ridwan diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan pada upacara peletakan baru pertama pembangunan Masjid Syekh Ajlin Palestina, beberapa tahun lalu. 

Ridwan tak kuasa menahan harus saat menyampaikan pidatonya kala itu. 

"Upacara penting pembangunan kembali masjid yang dihancurkan tahun 2014 lalu oleh pemerintah Israel. Tapi dengan semangat dan jihad kita, " katanya dalam Bahasa Inggris

Sampai di kalimat terakhir itu, Ridwan tak mampu melanjutkan pidato. Matanya merah sembab. Lidahnya tertahan. Suaranya bergetar. Ia menangis seperti ikut merasakan penderitaan saudara muslim Palestina yang masjidnya dihancurkan. 

Ridwan berhenti sejenak untuk mengelola emosinya. Hingga Ridwan bisa melanjutkan pidatonya dengan suara yang masih bergetar. 

Ia menyatakan komitmennya, jika ada yang menghancurkan satu masjid milik umat Islam, pihaknya akan membangun 1000 lebih masjid yang baru. 

Ia seakan ingin menunjukkan umat Islam tak gentar menghadapi segala bentuk penindasan, dan akan selalu bangkit atas izin Allah. 

"Jika ada yang menghancurkan 1 masjid, kita akan membangun 1000 kebih masjid,"katanya

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak