Konsep Seribu Bulan Sabit di Tengah Danau, Indahnya Masjid Agung Purwokerto Karya Ridwan Kamil

Di Kabupaten Banyumas, ternyata juga terdapat jejak karya Ridwan Kamil. Masjid Agung Purwokerto di Jl Dr Ir Soekarno Purwokerto yang digadang sebagai masjid terbesar di Banyumas didesain langsung oleh Ridwan Kamil.

Khoirul Muzaki
Rabu, 15 Juni 2022 | 22:16 WIB
Konsep Seribu Bulan Sabit di Tengah Danau, Indahnya Masjid Agung Purwokerto Karya Ridwan Kamil
ist

PURWOKERTO.SUARA.COM, Sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih menjadi bahan perbincangan. Setelah musibah melanda keluarganya, yakni putranya Emmeril Khan yang tewas tenggelam di sungai Aare Swiss, Ridwan Kamil mendesain masjid baru bernama Al Mumtadz.  Masjid dengan desain unik itu diambil dari nama anaknya yang juga akan dimakamkan di komplek masjid tersebut. 

Ternyata, itu buka satu-satunya karya arsitektur Ridwan Kamil. Wajar saja, selain menjabat Kepala Daerah, Ridwan Kamil ternyata arsitek handal yang jasanya sering dipakai untuk mendesain bangunan-bangunan besar, termasuk masjid. 

Puluhan masjid beraksitektur unik di berbagai daerah hingga mancanegara adalah hasil imajinasinya. 

Di Kabupaten Banyumas, ternyata juga terdapat jejak karya Ridwan Kamil. Masjid Agung Purwokerto di Jl Dr Ir Soekarno Purwokerto yang digadang sebagai masjid terbesar di Banyumas didesain langsung oleh Ridwan Kamil. 

Masjid yang rencananya bisa menampung hingga 3.000 jamaah itu memiliki bentuk unik dengan konsep 1.000 bulan sabit. Sesuai konsepnya, bentuk bangunan tempat ibadah itu mirip bulan sabit yang berjajar dengan jumlah sangat banyak. 

Masjid Agung Purwokerto bahkan digadang akan menjadi ikon baru Kabupaten Banyumas.

“Ini bagus sekali, arsitekturnya bagus banget karena dibuat oleh pak Ridwan Kamil. Hari ini Kang Emil ndak hadir, diwakili Kang Uu (Uu Ruzhanul Ulum), Pak Wagub Jabar yang hari ini hadir secara langsung,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat grounbreaking Masjid Agung Purwokerto, beberapa waktu lalu

Masjid Agung Purwokerto dibangun di kawasan strategis. Di tempat itu pula nantinya akan dibangun gedung DPRD Banyumas. Menurut Ganjar, pembangunan masjid ini akan menjadi landscape yang menarik bagi Purwokerto dan Banyumas.

Tak hanya fisik, Ganjar berharap Masjid Agung Purwokerto bisa menjadikan mental dan spiritual masyarakatnya lebih baik.

“Semoga masjid ini makmur, berkah dan tentu bisa mengarahkan pada nilai-nilai modernasi beragama. Pengalaman Banyumas sudah bagus sekali soal kerukunan antarumat beragama, tinggal melanjutkan saja,”katanya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, pembangunan Masjid Agung Purwokerto menghabiskan anggaran Rp125 miliar. Pembangunan nantinya dilakukan secara bertahap menyesuaikan anggaran.

“Tidak harus selesai dalam waktu cepat, yang penting selesai,” katanya.

Selain bangunan masjid, di lokasi itu juga akan dibangun danau seluas enam hektare. Danau tersebut untuk mempercantik masjid sekaligus sebagai tempat penampungan air atau kolam retensi, agar mencegah banjir di kawasan itu.

“Semoga nantinya masjid ini bermanfaat untuk masyarakat, dan bisa menjadikan Purwokerto lebih terkenal karena adanya masjid yang indah ini,”katanya

News

Terkini

Untuk mencetak lengger yang profesional dan bermertabat, Kabupaten Wonosobo menggelar Wisuda Lengger. Tahun ini, tahapan Wisuda Lengger angkatan ke-3 Rakanan Suro Giyanti 2022 telah dimulai.

Budaya | 12:08 WIB

hatsApp sedang membangun cara baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan aplikasi.

Lifestyle | 11:39 WIB

Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk lolos ke final Piala AFF U-16, Rabu 10 Agustus 2022 di Maguwoharjo Stadium. Melawan Myanmar yang menerapkan strategi parkir bus di lini belakang, Tinmas kesulitan mencetak gol bahkan tertinggal 1-0 di babak pertama.

Sport | 22:55 WIB

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Sport | 22:25 WIB

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Sport | 21:57 WIB

Timnas Indonesia tertinggal 1-0 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43.

Sport | 21:43 WIB

Belum lama ini boy grup NCT Dream membatalkan jadwal konser mereka, yang rencananya diadakan akhir juli lalu harus dibatalkan karena dua anggota nya positif Covid-19 dan harus menjalankan isolasi mandiri.

Lifestyle | 21:14 WIB

Di satu sisi, selain trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Lifestyle | 21:07 WIB

Ribuan Bobotoh berunjuk rasa di Graha Persib pada Rabu (10/8/2022) Siang. Viking Persib Club mendara, ada sekitar 5.000 orang yang hadir dalam aksi tersebut.

Sport | 19:35 WIB

Saat ini pengguna WhatsApp dapat menghapus pesan yang sudah dikirim meskipun durasinya mencapai dua hari setelah pesan itu dikirim.

Lifestyle | 19:09 WIB

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna tak bisa lagi merekam (screenshot) sebuah pesan sekali lihat atau View Once

Lifestyle | 18:54 WIB

Fitur baru di WhatsApp terkait privasi pengguna memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp diam-diam, tanpa ketahuan.

Lifestyle | 18:44 WIB

Deolipa Yumara, kuasa hukum Bharada RE mendadak mencuri perhatian. Bukan hanya cara penyampaiannya yang melegakan publik, namun juga penampilannya yang nyentrik.

News | 17:28 WIB

Terkait penyalahgunaan senjata api ini, tindakan Ferdy Sambo dalam kejadian itu bertolak belakang dengan pernyataannya saat menjabat Kadiv Propam Polri.

News | 12:52 WIB

Celebes Canyon menawarkan keindahan berupa bebatuan sungai dengan bentuk sangat indah yang dapat dijadikan tempat swafoto bersama teman ataupun keluarga.

Lifestyle | 11:40 WIB
Tampilkan lebih banyak